Info Populer 2022

9 Fungsi Usus Halus Pada Badan Manusia

9 Fungsi Usus Halus Pada Badan Manusia
9 Fungsi Usus Halus Pada Badan Manusia

Rumus.co.id – Sebelumnya kita sudah membahas mengenai fungsi tulang paha dan tulang atas pada badan manusia. Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai fungsi usus halus pada badan manusia. Simak klarifikasi berikut ini.


Fungsi Usus Halus


Usus halus yakni usus yang bertugas sebagai absorpsi nutrisi-nutrisi makanan. Makanan yang masuk dari lisan banyak sekali nutrisi-nutrisi nah kiprah usus halus yakni menyerap semua nutrisi tersebut yang nantinya akan di manfaatkan oleh tubuh.


Nutrisi tersebut akan segera diserap oleh tubuh. Misalnya nutrisi tersebut sanggup dipakai sebagai tenaga atau energi, pertmubuhan, vitamin, dan pemeliharaan jaringan tubuh.


Usus halus mempunyai kiprah yang sangat penting dalam proses pencernaan manusia. Jika tidak ada usus halus maka kuliner tidak akan diserap nutrisinya. Sehingga kuliner tersebut seolah-olah tidak mengandung apapun alasannya yakni tidak ada absorpsi nutrisi-nutrisnya.


 Sebelumnya kita sudah membahas mengenai  9 Fungsi Usus Halus Pada Tubuh Manusia


Berikut ini yakni fungsi usus halus pada badan insan antara lain:


1.      Menyerap nutrisi


Seperti yang di jelaskan di atas, bahwa kiprah utama dari usus halus yakni menyerap nutrisi pada kuliner yang masuk ke mulut. Peran penting usus halus dalam hal ini memastikan bahwa nutrisi tersebut sanggup di serap badan dengan baik.


2.      Menghaluskan makanan


Selain menyerap nutrisi usus halus juga berfungsi sebagai penghalus makanan. Terkadang kuliner yang masuk kedalam lisan tidak semuanya berbentuk halus alasannya yakni di kunyah didalam mulut. Ada juga kuliner yang tidak halus. Di dalam usus halus ini kuliner akan di perhalus kembali.


3.      Menghasilkan Zat


Selain menghaluskan kuliner fungsi usus halus yakni menghasilkan zat. Didalam usus halus ada usus duabelas jari mempunyai dua susukan utama yaitu susukan empedu dan susukan pancreas.


4.      Proses Kimiawi di Jejenum


Proses di dalam usus halus terjadinya proses kimiawi dari banyak sekali enzim. Enzim peptidase mengubah polipeptida menjadi asam amino, enzim sukrase mengubah sukrosa menjadi glukosa dan fluktosa, enzim lactase mengubah laktosa menjadi glukosa dan masih banyak enzim lainnya.


5.      Penyerapan Zat didalam Tubuh


Selain menyerap nutrisi usus halus juga menyerap zat di dalam tubuh. Tahapan usus halus pertama zat kuliner menyerupai air, mineral, glukosa, vitamin dan asam amino dibawa ke hati menuju ke jantung dan seluruh tubuh. Kedua semua vitamin yang masuk dibawa oleh darah selanjutnya masuk ke dalam seluruh peredaran darah.


6.      Membusukan makanan


Salah satu fungsi usus halus yakni membusukan makanan. Semua kuliner akan dibusukkan dengan bakteri-bakteri baik didalam usus halus.


7.      Bagian terpenting dalam pencernaan


Usus halus merupakan bab terpenting dalam perncernaan. Dengan adanya usus halus nutrisi-nutrisi sanggup dis erap dengan baik untuk tubuh.


8.      Penghasil Enzim-Enzim Pencernaan


Ada beberapa enzim yang di gunakan sebagai proses pencernaan. Didalam usus halus menghasilkan enzim-enzim pencernaan yang sanggup mendukung proses pencernaa.


9.      Menerima Zat-Zat


Menerima zat-zat kuliner yang sudah dicerna untuk diserap melalui kapiler-kapiler darah dan saluran-saluran limfe


Baca Juga:



8 Fungsi Tulang Atas Pada Tubuh Manusia


10 Fungsi Tulang Paha Pada Tubuh Manusia



Demikian Pembahasan yang menarik mengenai 9 Fungsi Usus Halus Pada Tubuh Manusia. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan serta warta anda. Semoga artikel ini sanggup membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


 


Advertisement

Iklan Sidebar