Info Populer 2022

7 Fungsi Usus Besar Pada Badan Manusia

7 Fungsi Usus Besar Pada Badan Manusia
7 Fungsi Usus Besar Pada Badan Manusia

Rumus.co.id – Pertemuan seberlumnya kita sudah memebahas mengenai fungsi usus halus. Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai fungsi usus besar pada badan insan terutama pada pencernaan.


Fungsi Usus Besar


Usus besar yakni bab dari sistem pencernaan. Usus besar yakni lanjutan dari proses usus halus, dalam hal ini masakan yang sudah di serap nutrisinya oleh usus halus selanjutnya ke usus besar. Selanjutnya sisa masakan yang terdapat pada usus halus akan masuk kedalam usus besar dan akan melaksanakan proses selanjutnya.


setelah proses pada usus besar selesai maka sisa masakan dis ebut dengan veses akan keluar melalui anus. Sisa masakan tersebut sudah berbentuk racun dan tidak ada kandungan gizi.


Didalam usus besar tedapat kuman baik yang mencegah menempelnya aneka macam kuman jahat yang ikut melalui makanan. Bakteri tersebut akan mencerna aneka macam sisa masakan yang sudah tidak dicerna di bab usus halus. Selain itu, aneka macam kuman baik tersebut juga memproduksi vitamin B dan vitamin K yang baik untuk kesehatan badan manusia. Bakteri yang berada di usus besar tersebut juga menjadi bab dari feses, kuman akan menciptakan tekstur feses menjadi lebih padat sehingga lebih gampang dikeluarkan oleh badan melalui anus.


Usus besar yakni usus yang terbesar dan terpendek pada bab usus manusia. Usus besar yakni tahapan final proses pengolahan masakan yang nantinya akan di buang. Posisi usus ini berada di bab luar yang melindungi bab lainnya. Jangan hingga usus besar tekena infeksi, maka akan mengakibatkan penyakit yang sangat serius.


 Pertemuan seberlumnya kita sudah memebahas mengenai  7 Fungsi Usus Besar Pada Tubuh Manusia


Berikut ini yakni fungsi usus besar pada badan insan antaralan:


1.      Menyerap Air


Usus besar berfungsi sebagai penyerap air. Makanan yang masuk kedalam usus besar akan mengalami absorpsi kadar airnya. Akan terjadi proses absorpsi air dan juga penyiapan limbah yang berupa feses untuk dikeluarkan melalui anus.


2.      Menyerap Vitamin


Didalam usus besar terdapat beberapa kuman baik yang membantu pada proses pencernaan. Bakteri ini lah salah satu penghasil vitamin K pada tubuh. Rfek dari bekerjanya kuman ini yakni buang angina.


3.      Mengurangi Keasaman


Makanan yang dicerna akan diuraikan oleh bakteri, tetapi ada kuman yang mengakibatkan masakan menjadi asam. Didalam usus besar ini akan mengurangi keasaman makanan.


4.      Menyerap masakan yang tidak di serap usus halus


Dalam usus halus dilakukan absorpsi nutrisi, terkadang ada nutrisi yang tertinggal. Nah didalam usus besar ini akan menyerap ulang nutrisi yang belum terserap oleh tubuh.


5.      Memperkuat Sistem Kekebalan tubuh


Hal ini sanggup di buktikan saat mengalami diare. Seseorang yang mengalami diare akan buang air besar berkali-kali maka di dalam usus besar tidak tersisa. Maka reaksi badan akan mengalami lemas tidak berdaya.


6.      Memadatkan Feses


Memadatkan feses ini sangat penting bagi proses pembuangan feses. Jika tidak terjadi pemadatan maka akan seolah-olah diare.


7.      Melindungi Sistem Pencernaan


Bakteri baik dalam usus besar membantu untuk melawan patogen yang sanggup mengakibatkan aneka macam dilema pencernaan. Lapisan mukosa pada usus besar juga berfungsi untuk mencegah absorpsi kuman jahat pada usus.


Baca Juga:



9 Fungsi Usus Halus Pada Tubuh Manusia



Demikian Pembahasan yang menarik mengenai Fungsi Usus Besar Pada Tubuh Manusia. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan serta info anda. Semoga artikel ini sanggup membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


Advertisement

Iklan Sidebar