Info Populer 2022

Cermin Datar

Cermin Datar
Cermin Datar

Rumus.co.id – Setelah sebelumnya kita membahas tentang cermin cembung kali ini kita akan membahas materi ihwal rumus cermin datar, kita akan jabarkan secara detail dan lengkap dari sejarah, pengertian, rumus, ciri – ciri, sifat – sifat bayangan cermin datar, manfaat, serta pola soal dan pembahasannya.


 Setelah sebelumnya kita membahas tentang  Cermin Datar

Sejarah Tentang Cermin


Pada zaman dahulu ribuan tahun sebelum masehi, mesir menggosokkan sebuah permukaan dari materi perunggu hingga mengkilap. Setelah itu mereka memanfaatkan nya sebagai cermin. Pemanfaatan perunggu ini juga terdapat di Cina yang sangat disukai sejak lama, mereka juga mempunyai kebiasaan menuliskan nama – nama yang membawa keberuntungan, kemudian usang – kelamaan cermin dikembangkan.


Cermin yang sekarang biasa kita digunakan ditemukan oleh mahir kimia dari Jerman berjulukan Justus von Liebig pada kurun 19. Hal yang dilakukan ialah dengan menyepuh permukaan beling dengan air raksa sehingga menawarkan efek memantul. Pantulan gambara nya yang sangat jelas, sehingga usang – kelamaan menggantikan cermin datar yang usang terbuat dari logam sebelum nya.


Pengertian


Cermin datar sanggup disebut cermin yang mempunyai permukaan datar menyerupai sebuah garis lurus. Bayangan suatu benda yang dibuat mempunyai dimensi ukuran (panjang dan lebar) sama persis dengan dimensi benda. Jarak yang di hasilhan antara benda dengan cermin sama dengan jarak yang di hasilkan antara cermin dengan bayangan.


Sifat bayangan benda yang terbentuk ialah maya, tegak, dan sama besar. Contoh penggunaan cermin datar menyerupai pada cermin rias dan cermin lemari.


Rumus


 Setelah sebelumnya kita membahas tentang  Cermin Datar
sumber gambar : idschool

Rumus meghitung banyka nya bayangan yang terbentuk dari dua cermin datar yang disusun dengan sudut (   Setelah sebelumnya kita membahas tentang  Cermin Datar  ) :


 Setelah sebelumnya kita membahas tentang  Cermin Datar


Keterangan :



  • n = banyak nya bayangan yang terbentuk

  •  Setelah sebelumnya kita membahas tentang  Cermin Datar= sudut yang dibuat oleh dua cermin


Jarak bayangan yang dihasilkan sama dengan jarak benda. Seseorang yang ingin melihat seluruh tinggi tubuh nya tertangkap dalam sebuah cermin yang datar membutuhkan cermin dengan panjang tertentu. Perhatikan gambar di bawah ini..


 Setelah sebelumnya kita membahas tentang  Cermin Datar
sumber gambar : idschool

Panjang minimal cermin untuk melihat seluruh tubuh sanggup ditentukan dari sebuah rumus. Rumus memilih panjang minimal untuk menangkap tinggi tubuh tertentu sanggup dilihat pada persamaan di bawah ini.


 Setelah sebelumnya kita membahas tentang  Cermin Datar

Sifat bayangan yang terbentuk ialah maya, tegak, dan sama besar.


Ciri – Ciri


Sesuai namanya cermin datar, cermin ini berbentuk datar ( tidak melengkung ). Cermin ini juga membentuk bayangan yang bersifat maya, tegak dan sama besar. Manfaatnya biasa nya digunakan untuk berkaca sehari – hari, kemudian sebagai komponen dari periskop.


Cermin modern yang terdiri atas banyak sekali materi lapisan tipis menyerupai aluminium kemudian ditambahkan dengan belahan kaca. Cermin ini kemudian menerima sebutan “sepuh belakang” yakni pada cermin dipermukaan nya sanggup memantul dan ditangkap melalui belahan kaca. Penyepuhan cermin dengan beling tersebut menciptakan cermin tahan lama, tetapi hal ini menciptakan berkurang nya kualitas cermin alasannya terjadi pemanis pembiasan permukaan pada depan kaca.


Sifat – Sifat Bayangan


Terdapat banyak sekali sifat cermin datar dikala dikenai berkas cahaya menyerupai berikut ini :



  • Bayangan pada benda akan terjadi tegak dan semu.

  • Bayangan semu merupakan bayangan yang sanggup di lihat ke dalam cermin akan tetapi pada daerah bayangan tersebut tidak ditemukan cahaya pantul.

  • Pada bayangan tersebut, besar dan tinggi nya sama dengan besar dan tinggi pada benda sebenar nya.

  • Pada jarak bayangan benda sama dengan jarak benda dengan cermin.

  • Pada bab kanan bayangan nya merupakan bab kiri pada benda sebenar nya dan juga sebalik nya.


Manfaat


Dalam acara sehari – hari, manfaat cermin datar tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan insan menyerupai berikut ;



  • Perambatan cahaya secara lurus.

  • Refleksi gambar maya.

  • Digunakan dalam pembuatan priskop.

  • Pembuatan teropong prisma.

  • Digunakan pada pembangkit surya.

  • Pemanas air energi surya


Contoh Soal


Dua buah cermin datar dipasang membentuk sudut 60^{o}. Sebuah benda diletakkan di antara dua cermin tersebut. Jumlah bayangan benda yang akan terbentuk pada kedua cermin ialah ….

A. 5 buah

B. 6 buah

C. 7 buah

D. 8 buah


Pembahasan:


 Setelah sebelumnya kita membahas tentang  Cermin Datar


Jadi, jumlah bayangan benda yang dihasilkan pada kedua cermin tersebut ialah 5 buah.


Demikianlah pembahasannya, Semoga bermanfaat…


Advertisement

Iklan Sidebar