Info Populer 2022

Contoh Surat Pribadi

Contoh Surat Pribadi
Contoh Surat Pribadi

Contoh Surat Pribadi – Pada kehidupan sekitar tahun 90 an ke bawah, dalam melaksanakan acara berkomunikasi masih memakai Surat Pribadi (Personal Letter), yang berisikan wacana kabar suatu kondisi, keterangan, cita-cita atau permohonan pada suatu organisasi, perusahaan atau pun per orangan.


 dalam melaksanakan acara berkomunikasi masih memakai Surat Pribadi  Contoh Surat Pribadi


Tetapi pada zaman milenial ini sudah sangat jarang sekali memakai surat pribadi, sebab semakin berkembang pesatnya sebuah teknologi untuk memperlihatkan suatu kondisi, keterangan, cita-cita atau permohonan sudah menjadi lebih praktis, dengan memakai aplikasi-aplikasi sosial media yang sudah tersedia.


Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kita akan gotong royong membahas wacana surat pribadi beserta dengan struktur-struktur yang berada disekitarnya. Simaklah ulasan-ulasan yang tersedia dibawah ini.


Pengertian Surat Pribadi


Surat Pribadi (Personal Letter) yaitu Salah satu jenis surat yang dipakai untuk suatu kepentingan pribadi yang ditujukan kepada pihak lainnya menyerupai sebuah organisasi, instansi, atau pun perorangan.


Dalam pembuatan surat pribadi boleh memakai bahasa yang baku atau bahasa yang tidak baku, tetapi dalam penggunaan kalimatnya harus beretika baik dan juga sopan.


Dalam hal ini surat pribadi terbagi menjadi 2 bentuk, yaitu :


Surat pribadi bersifat resmi : Surat pribadi yang ditulis oleh seseorang secara pribadi yang ditujukan kepada Pemerintahan, Organisasi atau Perusahaan. Dalam pemakaian bahasa pada bentuk Surat pribadi ini harus memakai bahasa yang baku dengan aturan-aturan yang sudah ditentukan.


Surat pribadi bersifat tidak resmi : Surat pribadi yang ditulis oleh seseorang secara pribadi yang ditujukan kepada Kerabat, Keluarga, Teman, atau Pacar. Dalam penggunaaan bahasa pada bentuk Surat Pribadi ini boleh memakai bahasa yang tidak baku, tetapi penggunaan kalimatnya harus memperhatikan kesopanan dalam berkomunikasi.


Ciri-Ciri Surat Pribadi


Untuk mengenali surat pribadi ini terdapat ciri-ciri yang menjadi pembeda dari surat lainnya, berikut yaitu ciri-ciri surat pribadi :



  • Surat Pribadi tidak dilengkapi dengan kepala surat (kop surat)

  • Surat Pribadi tidak mempunyai nomor surat

  • Salam pembuka & epilog dalam surat pribadi bersifat Non Formal

  • Penggunaan bahasa sesuai dengan bentuk surat, bila surat pribadi bersifat resmi harus memakai bahasa yang baku, tetapi bila surat pribadi bersifat tidak resmi boleh memakai bahasa yang tidak baku

  • Surat Pribadi pada umumnya format penulisan surat pribadi lebih bebas


Struktur-Struktur Surat Pribadi


Pada pembahasan berikut ini merupakan struktur bagian-bagian dari cara pembuatan surat pribadi :


 dalam melaksanakan acara berkomunikasi masih memakai Surat Pribadi  Contoh Surat Pribadi


1. Tempat & Tanggal Surat, yaitu Bagian surat pribadi yang berisikan wacana daerah dimana penulisan surat dilakukan & tanggal berapa penulisan surat itu dilakukan.


Contoh : Bandar Lampung, 20 Februari 2019.

2. Nama Penerima Surat & Tempat, taitu Bagian surat pribadi yang berisikan wacana peserta surat yang dikirimkan & daerah tinggalnya.



Contoh : 


Untuk Sahabat ku


Wisnu Marta


Di Palembang



3. Salam Pembuka, yaitu Bagian surat pribadi pada paragraf utama yang berisikan wacana kalimat pembukaan atau salam pembuka, biasanya berupa pertanyaan mengenai kabar kondisi pada diri peserta surat.


Contoh : Assalammu’alaikum, Dear, Salam Sejahtera, dll.

4. Kalimat Pembuka, yaitu Bagian surat pribadi pada paragraf kedua yang berisikan wacana kalimat yang berupa menanyakan suatu keadaan atau kondisi pada diri peserta surat.


Contoh : Hai Sukmawati bagaimana kabar mu ketika ini? Aku berharap semoga kau & keluarga selalu sehat wal’afiat ya, sudah usang sekali kita tidak bertemu selama 3 tahun. Pasti kini kau tambah cantik, cendekia dan juga sukses.

5. Isi Surat, yaitu Bagian surat pribadi pada paragraf ketiga yang berisikan wacana kalimat inti utama atau tujuan utama dari surat pribadi.


Contoh : Sukmawati, sahabat ku yang cantik. Semenjak berhentinya saya dari Kampus Dian Cipta Cendikia, saya selalu merindukan saat-saat kita saling bercanda ketika bertemu, senyuman mu yang manis selalu terbayang di pikiran ku, saya masih ingat ketika kita pulang dari kampus, kita selalu jalan-jalan ke daerah wisata yang ada di Bandar Lampung, dulu kau selalu sangat bahagia apabila kita jalan-jalan berdua. Kamu selalu menganggap ku sebagai sahabat terbaik di hidup mu, bahkan kita saling berjanji untuk menjaga perasaan kita masing-masing, sebab kau takut sekali kehilangan diri ku. Tetapi ketika ini saya malah pergi meninggalkan diri mu, maafkan saya sahabat ku, saya tak bermaksud untuk meninggalkan diri mu. Aku akan selalu berada disisi mu dalam setiap Doa ku.

6. Kalimat Penutup, yaitu Bagian surat pribadi pada paragraf keempat yang berisikan wacana kalimat yang berupa tanda berakhirnya inti utama surat.


Contoh : Sukmawati, saya rasa cukup hingga disini dahulu percakapan kita dalam surat ini. Semoga suatu ketika kita akan dipertemukan kembali untuk melanjutkan dongeng kita yang dulu pernah terjadi. Aku sayang sama kau sukmawati, jangan lupa titip salam untuk kedua orang bau tanah mu.

7. Salam Penutup, yaitu Bagian surat pribadi yang berisikan wacana salam penutup, sebagai tanda selesai dari surat yang dikirimkan.


Contoh : Wassalammu’alaikum, Salam Sejahtera, dll.

8. Nama Pengirim, Bagian surat pribadi yang berisikan wacana nama yang mengirimkan surat.


Contoh : Wisnu Marta

9. Tanda Tangan Pengirim, yaitu Bagian surat pribadi yang berisikan berupa tanda tangan yang menciptakan & mengirimkan surat.


Contoh Surat Pribadi


Setelah kita memahami struktur bagian-bagian dari surat pribadi, selanjutnya dibawah ini tertera beberapa contoh-contoh surat pribadi untuk guru, teman, orang tua, dan keluarga :


Contoh Surat Pribadi Untuk Teman



Bandar Lampung, 20 Februari 2019.


Untuk Sahabat Ku


Sukmawati


Di Yogyakarta


Assalammu’alaikum


Hai sahabat ku Sukmawati, bagaimana kabar mu ketika ini? sudah 3 tahun lamanya kita tidak bertemu. Semoga disana kau selalu sehat wal’afiat ya, tambah elok dan juga semoga kau menjadi perempuan yang sukses.


Sukma, sahabat karib ku, sejak kita berpisah berbagai yang terjadi pada ku. Dahulu ketika kita masih berada didalam Universitas. Kita selalu menjalani hari bersama-sama, dalam keadaan susah ataupun senang, kau selalu mendukung dan memperlihatkan ku semangat ketika menghadapi suatu masalah. Masih ingat kah, dahulu saya masih sering suka bermain game, sehingga nilai-nilai ku dibawah rata-rata seluruh mahasiswa di kampus. Pada ketika itu kau terus berjuang untuk menciptakan ku berubah biar lebih ulet dan lebih rajin untuk belajar, kau selalu mendatangi kostan ku, hanya untuk menemani ku berguru hingga saya paham. Sukmawati dalam surat ini saya ingin sekali jujur pada mu, karna kejadian itu, saya mempunyai perasaan suka pada mu, saya sayang sama kamu, saya ingin sekali bertemu dengan mu lagi untuk mengungkapkan perasaan ini kepada mu. Tapi apa daya saya disini, saya sudah menjadi karyawan perusahaan terbesar di Bandar Lampung, dan saya masih sangat sibuk dan tidak mempunyai waktu untuk berkunjung kesana, maafkan saya sukmawati.


Cukup disini dahulu percakapan kita dalam surat ini, semoga suatu ketika nanti kita sanggup bertemu kembali, salam juga untuk kedua orang bau tanah mu disana, terimakasih telah melahirkan perempuan secantik diri mu.


Wassalammu’alaikum


Sahabat Mu


Wisnu Marta



 


Contoh Surat Pribadi Untuk Keluarga



Untuk


Kakek & Nenek Ku


Di Kota Bogor


Assalammu’alaikum


Hai Kakek & Nenek Ku, bagaimana kabar kalian ketika ini? Marta berharap kakek dan nenek selalu sehat wal’afiat ya. Sudah usang sekali Marta tidak bertemu dengan kalian, semoga Kakek dan Nenek disana bertambah sehat, lapang rezeki, dan tambah kuat.


Kakek & Nenek ku, sejak Marta meninggalkan kalian dari Kota Bogor, sebab tuntutan pendidikan yang diberikan Kedua Orang Tua Marta disini , Marta sudah diterima ke dalam sekolah favorit di Kota Jakarta. Disini Marta berbagai mempelajari Ilmu-Ilmu pengetahuan yang selama ini belum Marta ketahui, dan disini Marta berbagai mempunyai teman-teman gres yang sayang dengan Marta. Tetapi terkadang Marta teringat dengan masa-masa ketika Marta dahulu tinggal bersama dengan kalian. Ketika Marta diajak dengan Nenek & Kakek untuk jalan-jalan ke Kebun Teh disana, suasana disana sangat sejuk dan menyegarkan hati, berbagai flora hijau yang hidup di Kebun Teh, kita menikmati Secangkir Teh hangat yang dibentuk memetik daun teh pribadi dari kebunnya. Marta rindu sekali masa-masa itu. Marta berjanji, apabila liburan panjang sekolah nanti, Marta bakal sempatin untuk berkunjung kesana kembali.


Cukup hingga disini dulu ya Nek, Kek surat dari Marta, semoga kita sanggup bertemu kembali dan sanggup menikmati secangkir teh hangat gotong royong lagi.


Cucu Mu


Wisnu Marta


 



 


Demikianlah klarifikasi mengenai wacana Surat Pribadi beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur Bagian, dan Contoh Surat Pribadi.


Semoga sanggup bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang mempunyai kegunaan untuk kita semua.


Artikel Terkait Lainnya :



Advertisement

Iklan Sidebar