Info Populer 2022

Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi
Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi – Dalam kehidupan didunia ini, sering sekali kita mendengarkan atau menyaksikan secara pribadi insiden Fenomena Alam, Bencana Alam ataupun Peristiwa Sosial yang terjadi pada daerah atau wilayah tertentu.


 sering sekali kita mendengarkan atau menyaksikan secara pribadi insiden Fenomena Alam Contoh Teks Eksplanasi


Pada umumnya Teks Eksplanasi ini sering dipakai dalam pembawaan acara-acara informasi yang berada di stasiun televisi tertentu, yang menginformasikan suatu insiden fenomena alam, tragedi alam, ataupun kejadian-kejadian yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.


Oleh lantaran itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal apa itu Teks Eksplanasi berserta dengan Struktur Komponen-Komponen yang berada pada Teks Eksplanasi.


Pengertian Teks Eksplanasi


Teks Eksplanasi ialah Suatu Teks yang menjelaskan suatu insiden Fenomena Alam, Bencana Alam atau Kejadian-Kejadian Sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat pada suatu daerah atau wilayah tertentu.


Seperti insiden musibah Tsunami yang menerjang daerah Aceh Darusallam pada tahun 2004 yang lalu. Pada insiden musibah tersebut berbagai masyarakat yang menjadi korban dari musibah tsunami tersebut.


Pada insiden tersebut Tsunami dengan Gempa berkekuatan 9.1 – 9,3 skala Ritcher, mengguncang dasar lautan sumatera cuilan barat daya, sekitar 20 – 25 kilometer cuilan lepas pantai Aceh Darusallam.


Pada 27 Desember 2004, Persirakatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan bahwa Peristiwa Tsunami ini merupakan insiden musibah terbesar yang pernah terjadi dalam kehidupan manusia. Karena musibah tsunami ini bukan hanya menerjang daerah Aceh Darusallam saja, tetapi musibah ini juga menerjang mitra Khao Lak di Thailand, Sri Lanka, dan juga Negara India.


Struktur Teks Eksplanasi


1. Pernyataan Umum


Pada struktur umum teks eksplanasi ini, berisi berupa klarifikasi umum perihal suatu insiden Fenomena Alam, Bencana Alam, atau Kejadian-Kejadian Sosial yang akan menjadi topik pembahasan, yaitu berupa pengenalan dari Suatu Fenomena Alam, Bencana Alam, atau Kejadian-Kejadian Sosial tersebut atau penjelasannya.


Pada rujukan teks di atas tersebut, klarifikasi umum yang disampaikan dalam teks ini, berupa citra secara detail perihal Fenomena Alam, Bencana Alam, atau Kejadian-Kejadian Sosial, mengapa Fenomena Alam, Bencana Alam, atau Kejadian-Kejadian Sosial itu terjadi, dan bagaimana proses peristiwa-peristiwa tersebut sanggup terjadi.


2. Deretan Penjelasan


Pada struktur umum teks eksplanasi ini, berisi perihal proses penjelasan, mengapa insiden Fenomena Alam, Bencana Alam, atau Kejadian-Kejadian Sosial tersebut sanggup terjadi.


Pada teks deretan penjelas eksplanasi ini terdiri lebih dari satu paragraf.


3. Interpretasi (Kesimpulan)


Pada struktur umum teks eksplanasi ini, berisi perihal teks epilog yang bersifat pilihan, dan bukan suatu keharusan.


Teks Interpretasi yang dimaksud ini ialah merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum perihal peristiwa-peristiwa yang terjadi dan deretan klarifikasi dari insiden yang terjadi tersebut.


Opsionalnya sanggup berupa tanggapan, kritik ataupun sebagai kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut.


Ciri-Ciri Teks Eksplanasi


Pada Teks Eksplanasi ini mempunyai karakteristik yang membedakannya pada teks-teks lainnya. Berikut ialah ciri-ciri teks eksplanasi :



  • Pada Teks Eksplanasi ini seluruh informasi yang akan disampaikan pada dalam teks, menurut fakta yang sesuai dengan suatu insiden yang telah terjadi, tanpa adanya komplemen informasi opini dari penulis.

  • Pada Teks Eksplanasi ini mempunyai topik yang akan dibahas merupakan fenomena alam yang bekerjasama dengan ilmu pengetahuan atau bersifat ilmiah.

  • Pada Teks Eksplanasi ini meiliki jenis teks yang bersifat informatif & tidak mempengaruhi para pembaca untuk mempercayai hal-hal yang akan dibahas.

  • Pada Teks Ekspalani ini mempunyai struktur teks yang terdiri dari 3 jenis, yaitu : Pernyataan Umum, Deretan Penjelasan atau Sebab Akibat, & Interpretasi.

  • Pada Teks Ekspalani ini mempunyai klarifikasi teks yang memakai Sequence Markers, menyerupai : Pertama, Kedua, Ketiga, & Seterusnya.


Tujuan Teks Eksplanasi


Secara umum tujuan dari teks eksplanasi mempunyai 2 tujuan, yaitu sebagai berikut :


1. Menjelaskan secara detail suatu insiden Fenomena Alam, Bencana Alam atau Kejadian-Kejadian Sosial yang terjadi dan memperlihatkan informasi lantaran akhir mengapa insiden tersebut sanggup terjadi, kepada masyarakat pada daerah atau wilayah yang tertentu.


2. Memberitahukan apa yang harus dilakukan oleh masyarakat pada daerah atau wilayah tertentu dalam menghadapi insiden yang telah terjadi tersebut.


Contoh Teks Eksplanasi


Setelah kita memahami pengertian, struktur, ciri-ciri dan juga tujuan teks eksplanasi, berikut ialah contoh-contoh teks eksplanasi :


Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam Tsunami


 sering sekali kita mendengarkan atau menyaksikan secara pribadi insiden Fenomena Alam Contoh Teks Eksplanasi



Pernyataan Umum 


Tsunami berasal dari Bahasa Jepang, terdiri dari 2 kata, yaitu “Tsu” yang berarti (Pelabuhan) & “Nami” yang berarti (Gelombang). Para Ilmuwan Dunia biasa mengartikan dengan sebutan Tidal Wave (Gelombang Pasang) atau Seismic Sea Waves (Gelombang Laut Akibat Gempa Bumi).


Gelombang Tsunami ini merupakan gelombang bahari yang secara tiba-tiba mempunyai kecepatan tinggi yang awal-awal menerjang menuju daerah penduduk pantai. Biasanya terjadi lantaran sebuah Letusan Gunung Merapi atau Gempa Bawah Laut.


Deretan Penjelas


Saat gempa bumi terjadi, pada permukaan dasar bahari akan naik turun di sepanjang patahan lempeng bumi, maka pada ketika itulah Gelombang Tsunami terbentuk.


Patahan Lempengan Bumi sehingga menimbulkan keseimbangan air bahari menjadi terganggu, apabila patahan yang terjadi semakin besar, maka akan menghasilkan gelombang tsunami yang besar juga.


Setelah mengalami gempa bumi terjadi, maka pada permukaan air bahari akan mengalami pasang surut air. Kemudian Air Laut akan kembali menuju daratan dalam bentuk gelombang yang besar (Tsunami).


Tsunami ini juga sanggup terjadi, lantaran letusan sebuah gunung berapi yang berada didasar bahari dan menjadikan tingginya pergerakan air bahari yang berada di dekatnya.


Pada Bencana Alam Tsunami ini mempunyai kecepatan gelombang yang lebih besar daripada kecepatan gelombang biasa, yaitu kecepatannya hingga 700km/jam, yang hampir sama dengan kecepatan sebuah pesawat terbang.


Dan mempunyai tinggi gelombang sebesar 50 – 100 Meter, yang kemudian menyebar ke seluruh arah. Pada ketinggian tsunami ini juga dipengaruhi oleh bentuk kedalaman perairan pantai.


Kesimpulan/Penutup (Interpretasi)


Pada kenyataannya Bencana Alam Tsunami ini menjadi salah satu Peristiwa Alam yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia. Karena menimbulkan kerusakan besar yang ditimbulkan bahkan banyak merenggut ribuan jiwa insan sekaligus, apabila musibah tsunami tersebut terjadi secara mendadak.


Maka dari itu kita harus selalu waspada setiap ketika untuk menyiapkan diri dalam menghadapi musibah tsunami. Meskipun tidak semua gempa bumi & letusan gunung berapi di dasar bahari menimbulkan musibah tsunami.



 


Demikianlah klarifikasi mengenai perihal Teks Eksplanasi beserta Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Tujuan, dan Contoh Teks Eksplanasi.


Semoga sanggup bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berkhasiat untuk kita semua.


Artikel Terkait Lainnya :



 


Advertisement

Iklan Sidebar