Info Populer 2022

Contoh Teks Eksposisi

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Contoh Teks Eksposisi – Dalam kehidupan sehari-hari tentu saja kita sering sekali membaca suatu surat kabar, majalah, koran atau artikel-artikel yang terdapat di media cetak atau media elektronik. Pada informasi yang kita baca pada media-media diatas merupakan termasuk ke dalam Teks Eksposisi.


Bukan hanya itu saja, apabila kita membahas suatu informasi kepada teman-teman juga termasuk kedalam Teks Eksposisi, alasannya bertujuan untuk memperlihatkan sebuah informasi atau ilmu pengetahuan yang belum kita pahami.


Oleh alasannya itu pada kesempatan kali ini, kita akan bahu-membahu membahas perihal Teks Eksposisi beserta struktur-struktur yang terdapat didalamnya


Pengertian Teks Eksposisi


Teks Eksposisi yaitu Sebuah teks berisikan yang berupa gagasan pendapat dan fakta yang bertujuan untuk memperlihatkan suatu informasi atau pengetahuan suatu hal kepada orang lain.


Pada penulisan atau penyampaian teks eksposisi harus sesuai menurut fakta yang bekerjsama terjadi pada suatu hal sebagai informasi atau pengetahuan yang akan disampaikan kepada orang lain.


Dan penulisannya harus menggunakan bahasa kalimat yang gampang dipahami oleh orang lain, biar tidak terjadinya suatu kesalahan pehaman pada diri orang lain yang akan kita berikan.


hari tentu saja kita sering sekali membaca suatu surat kabar Contoh Teks Eksposisi


Struktur Teks Eksposisi


Dalam penulisan teks eksposisi mempunyai 3 penyusun, yaitu sebagai berikut :


Pernyataan Pendapat (Tesis) : Bagian teks eksposisi yang berisikan berupa pernyataan pendapat (Tesis) seorang penulis, atau disebut juga sebagai potongan pembuka.


Argumentasi : Bagian teks eksposisi yang berisikan berupa memuat suatu alasan yang sanggup menjadi suatu alasan sebuah argumen seorang penulis dalam memperkuat ataupun menolak suatu gagasannya.


Penegasan Ulang Pendapat (Reiteration) : Bagian teks eksposisi yang berisikan berupa penegasan ulang suatu gagasan pendapat seorang penulis.


Ciri-Ciri Teks Eksposisi


Adapun dalam penulisan teks eksposisi, terdapat ciri-ciri yang membedakan dengan teks lainnya, berikut yaitu Ciri-Ciri Teks Eksposisi :



  • Teks Eksposisi menjelaskan atau memberikan informasi-informasi pengetahuan

  • Teks Eksposisi harus menggunakan gaya informasi yang dibuat sanggup mengajak orang lain

  • Teks Eksposisi biasanya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, bagaimana

  • Teks Eksposisi berusaha menjelaskan perihal sesuatu hal yang dibahas

  • Teks Eksposisi bersifat informatif

  • Teks Eksposisi berupa fakta yang digunakan sebagai alat kontribusi

  • Penulisan teks eksposisi harus Singkat, Padat, dan Akurat

  • Penulisan teks eksposisi berupa fakta yang digunakan sebagai alat konkritasi

  • Penyampaian penulisan teks eksposisi harus secara lugas serta menggunakan bahasa baku

  • Penyampaian teks eksposisi harus tidak memihak siapa pun

  • Paragraf penulisan teks eksposisi pada umumnya menjawab perihal askadimega


Jenis-Jenis & Contoh Teks Eksposisi


Setelah kita membahas perihal Pengertian teks eksposisi, Struktur-struktur, serta Ciri-cirinya, berikut ini yaitu Jenis-Jenis Teks Eksposisi beserta dengan Contoh :


1.  Teks Eksposisi Ilustrasi


Teks Eksposisi Ilustrasi merupakan Sebuah teks yang menggunakan suatu citra sederhana atau bentuk aktual untuk memberikan suatu informasi atau gagasan. Dalam mengilustrasikan sesuatu hal yang mempunyai kesamaan sifat dan menggunakan frasa penghubung.


Contoh : 


Dalam kebijakan-kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah seringkali menciptakan masyarakyat di kalangan menengah kebawah menjadi kesusahan, dalam memenuhi kebutuhan pangan pakan dikehidupan sehari-hari.


Seperti kasus kebijakan pemerintah dalam kenaikan harga BBM, yang sangat menciptakan rakyat menengah kebawah merasa gelisah.


Karena kenaikan harga BBm yang diterapkan oleh pemerintah akan menciptakan harga jasa dan juga barang menjadi semakin mahal, dan dalam keadaan ibarat ini lah akan menciptakan rakyat untuk memutar otak mereka biar sanggup memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.


2. Teks Eksposisi Berita


Teks Eksposisi Berita merupakan Sebuah teks yang memperlihatkan suatu informasi dari sebuah bencana tertentu, yang sering kita jumpai dalam berita, koran atau surat kabar.


Contoh :


Cuaca curah hujan yang terjadi di Indonesia sekarang semakin ekstrem, beberapa kota besar di Indonesia seringkali terjadi banjir dengan kedalaman air yang sangat tinggi, khususnya salah satu kota terbesar di Indonesia, yaitu Jakarta.


Pada ketika ini  beberapa wilayah yang berada di Ibu Kota Jakarta mulai tergenang banjir ketika hujan deras terus melanda. Padahal puncak demam isu hujan gres akan terjadi pada bulan Februari 2016, namun hingga ketika ini warga Jakarta harus mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan besar banjir susulan yang akan terjadi.


Berdasarkan dari Data Kepala Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, terdapat 134 LK/RW yang harus waspada terhadap banjir susulan yang akan terjadi.


Seluruh wilayah yang akan terkena banjir susulan tersebut tersebar pada 29 Kelurahan yang berada di Jakarta, yaitu yang paling banyak tersebar berada pada potongan Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, ibarat Kelurahan Cipinang Melayu, Kelurahan Kampung Melayu, Kelurahan Bidara Cina, Kelurahan Cawang, Kelurahan Pondok Labu, Kelurahan Srengseng Sawah, Kelurahan Rajawati dan Kelurahan Bukit Duri.


Pada Data Kepala Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tercatat bahwa ketika hujan deras berlangsung pada Minggu 14 Februari 2016, pada wilayah ini terendam banjir setinggi 10-50 cm.


3. Teks Eksposisi Perbandingan


Teks Eksposisi Perbandingan yaitu Sebuah teks yang pertanda suatu gagasan pada kalimat utama dengan menggunakan metode perbandingan.


Contoh : 


Metode Pertanian pada umumnya mempunyai 2 macam, yaitu metode pertanian Konvensional & metode pertanian Modern. Pada kedua metode pertanian ini, dan setiap masing-masing metode memperlihatkan sebuah imbas yang berbeda terhadap produktivitas hasil pertanian.


Pada kedua metode pertanian ini perbedaannya terletak pada konsep yang diterapakan, alat-alat pertanian yang digunakan, dan sifat ketahanan hasil panen.


Metode Pertanian Konvensional :


Metode pertanian ini banyak diberlakukan pada Negara-negara berkembang daripada Negara-negara maju. Dan alat pertanian yang digunakan, masih menggunakan alat-alat tradisional, ibarat Tenaga Manusia untuk menanam bibit, memanen hasil pertanian, dan mengolah hasil-hasil pertanian.


Dalam membajak sawah masih menggunakan tenaga binatang ibarat kerbau atau sapi, cangkul, dan sabit. Pertanian konvensional pada umumnya menerapkan konsep pertanian Non Organik, yaitu Konsep pertanian yang lebih mengandalkan penggunaan Bahan Kimia, ibarat Pestisida yang digunakan untuk menjaga tumbuhan dari benalu dan menggunakan Pupuk Kimia untuk mempercepat perkembangan tanaman.


Dalam menggunakan Bahan Kimia pada konsep pertanian konvensional berdampak pada ketahanan dari hasil panen yang tidak bertahan usang atau bersifat jangka pendek.


Akibat dari penggunaan Bahan Kimia ini, Negara yang menerapkan sistem pertanian konvensional ini, lebih bergantung pada hasil pertanian import, alasannya ketersediaan hasil pertanian sangat terbatas.


Metode Pertanian Modern :


Metode pertanian ini banyak diberlakukan pada Negara-negara maju daripada Negara-negara berkembang. Dan alat pertanian yang digunakan, menggunakan alat yang jauh lebih modern, ibarat menerapkan Sistem Robot dalam merawat tanaman, Sensor Suhu dan Kelembaban Udara, serta Teknologi GPS.


Pada konsep pertanian modern yang diterapkan dengan mengandalkan penggunaan Bahan Alami atau Bahan Organik, dan sangat melarang keras untuk menggunakan Bahan Kimia dalam proses penanaman, perawatan, memanen, hingga pengelolaan hasil pertanian.


Dalam menggunakan Bahan Alami atau Bahan Organik menciptakan sifat ketahanan hasil dari pertanian, bersifat jangka panjang atau lebih tahan usang serta kestabilan sanggup terjaga.


4. Teks Eksposisi Proses


Teks Eksposisi Proses yaitu Sebuah teks yang berisi mengenai suatu panduan atau tata cara dalam menciptakan sesuatu.


Contoh : 


Cara Membuat Kue Cucur


Kue Cucur merupakan masakan khas tradisional yang ada di Indonesia. Kue ini hampir terdapat di seluruh wilayah yang berada di Indonesia, ibarat Jakarta, Yogyakarta, Bandar Lampung, Bandung, Dll.


Dalam proses pembuatan camilan elok ini terbilang cukup sederhana dan gampang untuk pembuatannya. Berikut yaitu cara pembuatan Kue Cucur :


Bahan-Bahan:



  • 450 ml Air.

  • 150 gram Gula Merah yang disisir secara halus.

  • 100 gram Gula Pasir.

  • 300 gram Tepung Beras.

  • 30 gram Tepung Terigu.

  • Minyak Goreng secukupnya.


Cara Pembuatan :



  • Pertama rebuslah Air, Gula Merah, & Gula Pasir hingga mendidih. Setelah mendidih, Air, Gula Merah, & Gula Pasir, tersebut disaring dengan menggunakan saringan.

  • Kedua tuangkan Air, Gula Merah, & Gula Pasir, ke dalam bejana yang berisi Tepung Beras & Tepung Terigu kemudian di aduk secara merata, selama kurang lebih 15 menit.

  • Setelah di aduk sacara merata, kemudian adonan yang telah dicampurkan, tersebut di kocok-kocok dengan menggunakan sendok sayur selama kurang lebih 20 menit.

  • Setelah di kocok menggunakan sendok sayur, kemudian diamkan adonan selama 2 jam.

  • Sembari mendiamkan adonan yang telah dicampurkan, panaskan minyak goreng ke dalam wajan kecil dengan suhu api yang sedang, kemudian tuangkan satu sendok sayur adonan camilan elok cucur ke dalam wajan kecil tersebut.

  • Selama adonan berada di dalam wajan, siramkan minyak makan ke dalam adonan camilan elok cucur, kemudian adonan tersebut, ditusuk menggunakan tusuk sate, pada potongan tengah adonan camilan elok cucur, tunggu hingga adonan tersebut menjadi kering.

  • Selanjutnya angkat adonan camilan elok cucur yang sudah kering, dan kemudian ditiriskan kedalam wadah kue.

  • Dan camilan elok cucur pun siap di hidangkan untuk di nikmati.


5. Teks Eksposisi Definisi


Teks Eksposisi Definisi yaitu Sebuah teks yang berisikan perihal pengertian dari suatu obyek tertentu.


Contoh :


Menurut sebagian Ilmuwan yang meneliti makhluk hidup. Hewan kucing di kelompokkan sebagai binatang Karnivora yang berasal dari keluarga Felidae. Karena itu sebagian besar Ilmuwan memberi nama ilmiah dari kucing itu sendiri, yaitu Felis Silvestris Catus atau Felis Catus.


Hewan ini sendiri telah usang berbaur dalam kehidupan manusia, semenjak 6000 tahun yang kemudian sebelum Masehi. Penelitian tersebut merujuk dari adanya inovasi kerangka kucing di pulau Siprus.


Sampai ketika ini kucing telah menjadi salah satu jenis binatang peliharaan, yang paling pouler di kalangan masyarakat seluruh Dunia, selain anjing, kelinci, atau hamster.


Pada jenis binatang kucing ini yang paling banyak jumlah populasinya di dunia yaitu Kucing keturunan adonan yang biasa kita sebut sebagai kucing liar atau kucing kampung. Karena jenis kucing ini populasinya di dunia telah mencapai 90 %, lebih banyak daripada jumlah populasi jenis kucing lainnya yang ada di dunia. Jenis-jenis Ras kucing lainnya mempunyai populasi hanya sebesar 1% saja, dan diantara beberapa jenis Ras kucing tersebut, antara lain Persia, Siam, Manx, & Spinx.


 6. Teks Eksposisi Pertentangan


Teks Eksposisi Pertentangan yaitu Sebuah teks yang berisikan kontradiksi antara suatu obyek dengan obyek lainnya. Pada jenis teks eksposisi ini juga biasa menggunakan Frasa kata penghubung, ibarat Meskipun begitu, Akan tetapi, atau Sebaliknya.


Contoh : 


Kedua Orang renta Nadia ingin menjadikan anaknya sebagai seorang Dokter. Maka tidak heran, apabila ketika sekolah SMA, Nadia dipaksa oleh kedua orang tuanya untuk masuk ke dalam jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), supaya nanti Nadia sanggup mengambil Jurusan Kedokteran ketika masuk Perkuliahan nanti.


Tetapi sebaliknya, Nadia justru tidak ingin mengikuti impian dari kedua Orang tuanya itu. Karena Nadia sendiri sangat suka, pada Jurusan Desain Grafis, supaya Nadia sanggup mengambil Jurusan Desain Grafis ketika masuk Perkuliahaan nanti.


Karena kontradiksi antara impian Nadia dengan kedua Orang tuanya ini, menciptakan Nadia sering terjadi konflik dengan kedua Orang tuanya.


7. Teks Eksposisi Analisis


Teks Eksposisi Analisis yaitu Sebuah teks yang berisikan suatu proses memisahkan suatu dilema pada gagasan utama dan terbagi menjadi beberapa sub-bagian, kemudian kemudian dilakukan pengembangan yang secara berurutan.


Contoh : 


Dalam proses turunnya hujan terbagi menjadi beberapa macam proses, diantaranya yaitu :



  1. Panas Matahari menciptakan Air Laut/Air Danau terjadi penguapan.

  2. Uap Air yang terkumpul di Udara membentuk berupa Awan.

  3. Awan yang terbentuk lama-kelamaan menjadi semakin besar.

  4. Awan yang semakin besar mengakibatkan keberatan dalam menampung Uap Air

  5. Maka terbentuk Butiran-butiran Air yang akan terjatuh ke permukaan Bumi.

  6. Lalu Butiran-butiran Air yang terjatuh semakin banyak, maka inilah yang disebut sebagai Hujan.


Demikianlah klarifikasi mengenai perihal Teks Eksposisi beserta Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis dan Contoh Teks Eksposisi.


Semoga sanggup bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang mempunyai kegunaan untuk kita semua.


Artikel Terkait Lainnya :



Advertisement

Iklan Sidebar