Info Populer 2022

Elektron Valensi – Pengertian, Materi, Tumpuan Soal

Elektron Valensi – Pengertian, Materi, Tumpuan Soal
Elektron Valensi – Pengertian, Materi, Tumpuan Soal

Rumus.co.id – Pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai listrik statis dan medan magnet. Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai electron valensi mulai dari pengertian, bahan dan pola soal. Berikut pembahasan lengkapnya.


Pengertian Elektron Valensi


Elektron valensi yaitu elektron dalam atom yang berperan dalam pembentukan ikatan kimia. Pada unsur-unsur golongan utama (IA, IIA, IIIA, sampai VIIIA), elektron valensi yaitu elektron yang berada pada kulit elektron terluar.


Electron ini sering kita jumpai pada sistem periodic unsur sebagai electron yang mempunyai kedudukan orbital paling luar dalam sebuah atom. Didalam loga, transisi electron valensi berada pada orbitan dalam. Dengan ada nya electron ini maka sanggup memilih sifat kimia dari suatu unsur dan memilih unsur atom yang berkaitan dengan unsur lain atau tidak.


Atom yang mempunyai electron valensi yang terisi penuh maka akan stabil. Namun kalau kelebihan satu atau dua electron maka cenderung reaktif, hal ini di karenakan electron sanggup melepaskan dengan gampang sehingga membentuk ion positif. Begitu juga dengan atom yang kekurangan satu atau dua atom maka bersifat reaktif, sebab dengan gampang menarik electron dari atom-atom lain sehingga sanggup membentuk ion negative.


 Pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai Elektron Valensi – Pengertian, Materi, Contoh Soal


Elektron Valensi yaitu elektron di tingkat energi terluar atom yang sanggup berpartisipasi dalam interaksi dengan atom lain. Karena elektron valensi sangat penting, atom sanggup diwakili oleh diagram titik elektron yang menunjukkan hanya elektron valensi mereka.


Jumlah elektron valensi dalam atom sanggup menjadikan mereka untuk menjadi tidak aktif atau sangat reaktif. Bagi mereka atom yang reaktif, jumlah elektron valensi juga memilih apakah mereka cenderung mengalah atau menerima elektron dalam reaksi kimia.


Logam, yang dengan gampang melepaskan elektron, sanggup menghantarkan listrik. Non logam, akan menarik elektron, umumnya tidak bisa. Metaloid menyerupai silikon dan germanium sanggup menghantarkan listrik tapi tidak menyerupai logam.


Berbicara electron valensi niscaya tidak terlepas dari sistem periodic unsur, berikut ini kita akan membahasnya.


Materi Elektron Valensi


Berikut ini yaitu bahan yang bekerjasama dengan electron valensi simak klarifikasi berikut ini.


Elektron Valensi pada Tabel Periodik


 Pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai Elektron Valensi – Pengertian, Materi, Contoh Soal


 Pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai Elektron Valensi – Pengertian, Materi, Contoh Soal


Perhatikan gambar di atas, gambar di atas yaitu sistem periodik kita akan amati Bersama-sama. Jumlah electron valensi sanggup di lihat pada table periodik  di setiap garis atau periode jumlah electron balensi tergolong 1-2 dan 13-18 meningkat lebih besar satu dari unsur yang ke berikutnya. Dalam setiap kolom dan baris elekton valensi mempunyai jumlah valensi yang sama. Hal tersebut menjalsakan bahwa unsur yang tergolong mempunyai sifat yang sama atau mirip.


 Pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai Elektron Valensi – Pengertian, Materi, Contoh Soal


Setiap unsur dalam golongan 1 hanya mempunyai satu elektron valensi. Contohnya termasuk hidrogen (H), lithium (Li), dan natrium (Na). Setiap unsur dalam golongan 18 mempunyai delapan elektron valensi (kecuali helium, yang mempunyai total hanya dua elektron). Contohnya termasuk neon (Ne), argon (Ar), dan kripton (Kr). Oksigen, menyerupai semua unsur lain dalam kelompok 16, mempunyai enam elektron valensi.


Fungsi Elektron Valensi


Fungsi electron valensi paling fundamental yaitu pembentukan ikatan kimia. Pada unsur-unsur golongan utama (IA, IIA, IIIA, sampai VIIIA), elektron valensi yaitu elektron yang berada pada kulit elektron terluar. Selain itu sanggup menangkap dan melepaskan electron pada atom.


Contoh Soal Pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai Elektron Valensi – Pengertian, Materi, Contoh Soal


Baca Juga:



Listrik Statis – Rangkuman, Rumus, Contoh Soal


Medan Magnet – Rumus, Pengertian, Materi Lengkap, Contoh Soal



Demikian klarifikasi mengenai elektron valensi mualai dari pengertian, bahan dan conton soal Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan serta isu anda. Semoga artikel ini sanggup membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


Advertisement

Iklan Sidebar