Info Populer 2022

Fungsi Buah Pada Tumbuhan

Fungsi Buah Pada Tumbuhan
Fungsi Buah Pada Tumbuhan

Fungsi Buah Pada Tumbuhan – Dalam mempelajari Ilmu Biologi khususnya mengenai ihwal Tumbuhan, tentu niscaya kita akan berguru mengenai Fungsi Akar, Fungsi Batang, Fungsi Daun, Fungsi Bunga dan Fungsi Buah serta struktur-struktur yang terdapat didalam pembentukkannya.


Dalam mempelajari Ilmu Biologi khususnya mengenai ihwal Tumbuhan Fungsi Buah Pada Tumbuhan


Pada artikel yang telah ditulis sebelumnya, kita telah bahu-membahu membahas ihwal Fungsi Akar, Fungsi Batang, Fungsi Daun, dan Fungsi Bunga, Selanjutnya pada kesempatan kali ini, kita akan kembali membahas bahu-membahu mengenai ihwal Fungsi Buah Pada Tumbuhan beserta dengan struktur-struktur yang terkait dalam pembentukannya.


Pengertian Buah


Buah ialah Bakal Buah (Sel Ovarium) yang telah mengalami pembentukan sempurna. Proses ini terjadi disebabkan, lantaran setiap Bakal Buah mempunyai satu atau lebih Bakal Biji (Ovulum) yang masing-masing mengandung Sel Telur.


Dalam mempelajari Ilmu Biologi khususnya mengenai ihwal Tumbuhan Fungsi Buah Pada Tumbuhan


Bakal Biji tersebut akan mengalami proses Pembuahan yang diawali dengan kejadian Penyerbukan (berpindahnya Serbuk Sari dari Kepala Sari menempel kepada Kepala Putik), lalu Serbuk Sari akan mengalami Perkecambahan dan isinya akan tumbuh menjadi Buluh Sebuk Sari yang berisikan berupa Sperma.


Buluh Serbuk Sari akan mengalami proses pertumbuhan dengan menembus pada Tangkai Putik dan menjadi Bakal Biji, yang akan bersatu antara Sperma yang berasal dari dalam Serbuk Sari dengan Sel Telur yang terdapat dalam Bakal Biji, membentuk berupa Zigot yang bersifat Diploid.


Kemudian Zigot yang telah terbentuk akan mengalami perkembangan menjadi sebuah Embrio (Lembaga), Bakal Biji akan mengalami perkembangan menjadi Biji Buah, dan Dinding Bakal Buah (Perikarp) akan mengalami pembentukan menjadi Daging Buah atau membentuk lapisan pelindung yang kering dan keras.


Karakteristik Buah


Dalam pembentukan Buah, terkadang penggalan dari Bunga selain Bakal Buah akan tetap ikut tumbuh dan tidak mengalami keguguran, sampai Bakal Buah mengalami pembesaran.


Pada kejadian ini, Bakal Buah tidak akan mengalami perubahan antara bentuk dan sifat dari Buah itu sendiri. Berikut dibawah ini merupakan misalnya :



  1. Daun Pelindung yang terdapat pada Tanaman Jagung, tidak mengalami keguguran pada Daunnya, dan akan menjadi Pembungkus Tongkol pada Jagung (Klobot).

  2. Kelopak Daun yang terdapat pada Tanaman Terong dan Jambu, tidak mengalami keguguran pada Daunnya, dan akan ikut tumbuh serta pada Buah Terong atau Jambu.

  3. Tangkai Kepala Putik yang terdapat pada Tanaman Jagung dan Jambu, akan ikut tumbuh serta pada Buah, yaitu Berupa rambut-rambut pada Jagung atau pada Jambu yang sanggup dilihat pada penggalan ujungnya.

  4. Kepala Putik akan ikut tumbuh serta dan menunjukkan jumlah Daun Buah dan jumlah Ruangan Buah, yang terdapat pada Buah Manggis.


Tipe Buah


Buah pada umumnya digolongkan menjadi 2 macam tipe, yaitu Buah Tertutup (Buah Semu) dan Buah Telanjang (Buah Sejati). Berikut ini merupakan keterangannya :


1. Buah Tertutup (Semu)


Dalam mempelajari Ilmu Biologi khususnya mengenai ihwal Tumbuhan Fungsi Buah Pada Tumbuhan


Buah yang terbentuk dari pertumbuhan Bakal Buah yang diikuti dengan bagian-bagian pada Bunga, dimana bagian-bagian Bunga menjadi penggalan utama dari pembentukan Buah itu sendiri.


Pada jenis proses pembentukan Buah Tertutup ini, bagian-bagian dari Bunga tersebut, akan menjadi komponen utama pada Buah, yang akan menjadi lebih besar, lebih menarik, dan sanggup dikonsumsi oleh Manusia atau Hewan, sedangkan Buah yang sejatinya tersembunyi didalamnya.


Penggolongan Buah Tertutup (Semu)


Dalam bentuk Buah Tertutup (Semu) ini sanggup digolongkan kembali menjadi 3 macam bentuk, yaitu sebagai berikut pada klarifikasi dibawah ini :


A. Buah Tetutup Tunggal : Pembentukan buah yang terjadi antara Satu Bunga dengan Satu Bakal Buah. Pada jenis Buah Tertutup Tunggal ini, bagian-bagian pada Bunga akan mengikuti dalam pembentukan Buah itu sendiri.


Contoh : Tangkai Bunga yang terdapat pada buah Jambu Monyet (Annacardium Ocidentale) dan Kelopak Bunga yang terdapat pada buah Ciplukan (Physalis Minima).


B. Buah Tertutup Ganda : Pembentukan Buah yang terjadi antara Banyak Bunga dengan Banyak Bakal Buah. Pada jenis Buah Tertutup Tunggal ini, bagian-bagian Bunga akan mengikuti dalam pembentukan Buah dan lebih mencolok daripada Buah itu sendiri.


Contoh : Buah Arbe (Fragraria Vesca).


C. Buah Tertutup Majemuk : Pembentukan Buah yang terjadi dari Bunga Majemuk, dimana bentuknya dari luar akan terlihat menyerupai Satu Buah saja, tetapi pada dalamnya mempunyai berbagai Daging Buah.


Contoh : Buah Nangka (Artocarpus Integra Merr).


2. Buah Telanjang (Sejati)


Dalam mempelajari Ilmu Biologi khususnya mengenai ihwal Tumbuhan Fungsi Buah Pada Tumbuhan


Buah yang terbentuk dari pertumbuhan Bakal Buah yang diikuti dengan bagian-bagian pada Bunga, tetapi bagian-bagian pada Bunga tersebut, bukanlah penggalan komponen utama dalam pembentukan Buah itu sendiri.


Penggolangan Buah Telanjang (Sejati)


Dalam bentuk Buah Tertutup (Semu) ini sanggup digolongkan kembali menjadi 3 macam bentuk, yaitu sebagai berikut pada klarifikasi dibawah ini :


A. Buah Telanjang Tunggal : Pembentukan buah yang terjadi antara Satu Bunga dengan Satu Bakal Buah. Pada jenis pembentukan ini, dalam Buah berisikan Satu Biji atau Banyak Biji, tersusun antara Satu Daun Buah atau Banyak Daun Buah, dan mempunyai Satu Ruangan atau Banyak Ruangan.


Contoh : Buah Mangga (Mangifera Indica) yang mempunyai Satu Ruangan dengan Satu Biji Buah.


B. Buah Telanjang Ganda : Pembentukan buah yang terjadi antara Satu Bunga dengan Banyak Bakal Buah. Pada jenis pembentukan ini, masing-masing Bakal Buah akan menjadi Satu Buah.


Contoh : Buah Cempaka (Michellia Chempaca).


C. Buah Telanjang Majemuk : Pembentukan buah yang terjadi dari Bunga Majemuk, yang masing-masing sebagai pendukung Satu Bakal Buah. Tetapi pada dikala Bakal Buah tersebut menjadi Buah, maka Bunga Majemuk akan tetap ikut serta didalam perkembangannya.


Contoh : Buah Panda (Pandanus Tectorius).


Fungsi Buah


Seperti yang telah diketahui, Buah terdiri dari 2 lapisan, yaitu Lapisan Luar (Eksokarp), Lapisan Tengah (Mesokarp), dan Lapisan Dalam (Endokarp). Oleh lantaran itu pada Buah mempunyai fungsi sebagai berikut :



  1. Buah berfungsi untuk membungkus dan melindungi biji yang terdapat didalamnya.

  2. Buah berfungsi untuk menyediakan cadangan makanan pada dikala proses perkecambahan.

  3. Buah berfungsi sebagai sumber gizi yang akan dikonsumsi oleh Manusia dan Hewan.


 


Demikianlah klarifikasi mengenai ihwal Fungsi Buah Pada Tumbuhan beserta dengan Pengertian, Karakteristik, Tipe-Tipe Buah dan Contoh, serta Fungsi Buah.


Semoga sanggup bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang mempunyai kegunaan untuk kita semua.


 


Advertisement

Iklan Sidebar