Info Populer 2022

Fungsi Faring – Pengertian, Gambar, Struktur, Istilah, Dan Penyakit Faring

Fungsi Faring – Pengertian, Gambar, Struktur, Istilah, Dan Penyakit
Faring
Fungsi Faring – Pengertian, Gambar, Struktur, Istilah, Dan Penyakit
Faring

Apa itu faring – Faring yaitu sebuah tabung fubromuskular yang terletak di depan tulang leher. Berikut ini klarifikasi bahan makalah pengertian, istilah, gambar, fungsi faring serta penyakit yang menyerang pada faring, simkalah penjelasna berikut.


Faring dalam bahasa Yunani yakni pharynx ialah tenggorokan atau kerongkongan yang merupakan suatu potongan dari sistem pencernaan dan sistem pernapasan. Istilah ini di pakai dalam ilmu kedokteran. Faring ialah sebuah tabung fibromuskular yang terletak persis di depan tulang leher yang berafiliasi dengan rongga hidung, rongga indera pendengaran tengah, dan laring.


Pada umumnya faring ini dibagi ke dalam 3 buah potongan yaitu :



  • Faring nasal yakni yang berafiliasi dengan rongga hidung

  • Faring oral yakni yang berafiliasi dengan rongga paru – paru

  • Faring laryngeal yakni yang berafiliasi dengan epiglotis dari laring serta menuju ke rongga Esofagus.


Istilah faring juga sanggup dipakai untuk menggambarkan suatu potongan yang berbeda dari akses pencernaan invertebrata. Pada beberapa jenis spesies menyerupai invertebrata, struktur nya yakni tebal dan berotot.


Terkadang sanggup terjadi sebuah eversible (diputar atau diputar keluar) dan mungkin sanggup mempunyai lebih banyak fungsi. Misalnya yakni bersifat suctorial (untuk menghisap) dan peristaltik (sebuah gerakan meremas – remas pada dinding kerongkongan).


Pengertian Faring


Faring yaitu sebuah lorong berbentuk kerucut yang mengarah dari rongga ekspresi dan hidung yang terletak di kepala ke arah kerongkongan dan laring. Ruang faring melayani suatu fungsi pernapasan dan pencernaan.


Gambar Faring


 Faring yaitu sebuah tabung fubromuskular yang terletak di depan tulang leher Fungsi Faring – Pengertian, Gambar, Struktur, Istilah, Dan Penyakit Faring
faring


Fungsi Faring


Fungsi dari faring ialah untuk mentransfer kuliner dari ekspresi ke kerongkongan dan sanggup juga untuk menghangatkan, melembabkan dan menyaring udara sebelum bergerak ke dalam trakea. Faring ialah potongan kedua dari rongga pencernaan dan sistem pernapasan.


Serabut tebal otot dan jaringan ikat menempelkan faring ke pangkal tengkorak dan struktur yang ada di sekitar nya. Kedua otot tersebut melingkar dan memanjang yang terjadi di dinding faring, otot – otot yang melingkar tadi membentuk sebuah konstriksi yang membantu untuk mendorong kuliner ke dalam kerongkongan dan mencegah udara tertelan, sementara serat longitudinal mengangkat dinding faring pada dikala menelan.


Dan faring terdiri dari 3 buah potongan utama. Faring yang terletak di potongan belakang ekspresi dan hidung dikenal sebagai tenggorokan.


Ketika kuliner di dorong ke arah potongan belakang ekspresi dengan lidah, trakea atau batang tenggorokan akan menutup, dan kuliner akan bergerak ke arah faring.


Kemudian kombinasi dari kedua otot sadar dan tidak sadar ini bekerja untuk menelan makanan, dan memaksa masuk ke dalam kerongkongan, yang bergerak bersamaan ke arah perut. Sebuah lapisan tebal pada faring melindungi dari partikel kuliner yang bersifat garang dan keras dari komponen kuliner kimia.


Namun ketika tidak sedang dipakai untuk mentransfer makanan, faring akan menyediakan kawasan untuk udara untuk pemanasan dan memperoleh tingkat kelembaban yang tepat, sebelum memasuki trakea dan bergerak ke arah paru – paru.


Maka udara yang melewati hidung atau ekspresi akan eksklusif masuk ke faring. Lapisan lendir pada faring menyaring partikel debu dan kontaminan lain nya dari udara. Lalu udara tadi akan mengalir melalui laring di potongan atas trakea dan akan terus mengarah ke dalam paru – paru.


Faringalisasi


Faringalisasi yakni sebuah istilah fonologi. Fenomena ini merupakan artikulasi kedua dari suara vokal atau konsonan yang di ikuti oleh penyempitan dalam faring atau hulu kerongkongan. Contoh yang paling populer yakni faringalisasi dalam bahasa Arab yang dikenal sebagai konsonan emfatis. Konsonan ini dalam bahasa Arab meliputi fonem yang dilambangkan dengan aksara ع, ظ, ط, ض, dan ص.


Penyakit Pada Faring


Faringitis


Faringitis dalam bahasa Latin ( pharyngitis ), yakni sebuah penyakit peradangan yang menyerang tenggorokan atau hulu kerongkongan ( pharynx ). Terkadang disebut juga sebagai radang tenggorokan.


Radang ini sanggup disebabkan oleh virus atau bakteri, penyebab biasanya ialah karna daya tahan badan yang lemah. Faringitis biasanya disebabkan oleh basil streptococcus. Pengobatan nya dengan cara memperlihatkan antibiotika namun hanya akan efektif apabila eksklusif terkena bakteri.


Kadangkala kuliner yang sehat dengan buah – buahan yang banyak, disertai dengan vitamin sanggup juga untuk menolong.


Gejala radang tenggorokan seringkali merupakan mengambarkan dari penyakit flu atau pilek.


Terdapat 2 jenis radang tenggorokan yakni akut dan kronis :



  • Faringitis akut yakni sebuah radang tenggorokan yang masih baru, dengan tanda-tanda nya nyeri tenggorokan dan kadang di sertai dengan demam dan batuk.

  • Faringitis kronis yakni sebuah radang tenggorokan yang sudah berlangsung dalam waktu yang cukup lama, biasa nya tidak di sertai dengan nyeri menelan, namun hanya akan terasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan.


Itulah klarifikasi lengkap perihal fungsi faring beserta dengan pengertian nya, fungsi, istilah, dan penyakit yang menyerang faring biar bermanfaat…


Artikel Terkait :



Advertisement

Iklan Sidebar