Info Populer 2022

Download Kisi – Kisi Soal Un (Ujian Nasional) Sd 2019

Download Kisi – Kisi Soal Un (Ujian Nasional) Sd 2019
Download Kisi – Kisi Soal Un (Ujian Nasional) Sd 2019

Rumus.co.id- Kali ini kita akan membahas materi yang sangat menarik yaitu perihal Download Kisi-kisi UN(Ujian Nasional) SD 2019, Kami akan jabarkan secara terperinci dan lengkap tentang Kisi-kisi Soal UN SD 2019.


Pengertian


Sudahkah kalian memulai persiapan UN dan USBN 2019? Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) selaku sebagai penyelenggara ujian nasional secara resmi telah merilis kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK, serta paket B dan paket C tahun 2019 yang akan datang.


Pengumuman kisi-kisi UN dan USBN 2019 ini di sampaikan oleh pihak Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Republik Indonesia melalui akun instagramnya yaitu @kemdikbud.ri pada (4/12/2018) lalu.


Kali ini kita akan membahas materi yang sangat menarik yaitu perihal Download Kisi Download Kisi – Kisi Soal UN (Ujian Nasional) SD 2019
Kisi-kisi UN SD 2019


Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) telah menetapkan bahwa Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2018/2019 sebagai pola pengembangan dan perakitan naskah soal ujian. Hal ini merujuk kepada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018 perihal Penilain Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah.


Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) merupakan pola dalam pengembangan dan perakitan soal USBN yang di susun menurut kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku. Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun pelajaran 2018/2019 mengacu pada irisan yaitu Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K-13).


Kisi-kisi USBN untuk jenjang SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 memuat level kognitif dan lingkup materi mata pelajaran. Terdapat 3 level kognitif, yakni: Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi, serta Penalaran. Sedangkan lingkup materinya yang merupakan irisan dari Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 ialah sebagai berikut ini:


Fungsi Kisi-Kisi


Fungsi Kisi-kisi tersebut ialah sebagai pola pengembangan dan perakitan naskah soal ujian, baik soal USBN atau soal UN. Kisi-kisi ini disusun menurut kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.


Menurut keterangan Bambang Suryadi Ketua BSNP, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN dan UN tahun 2018. Perbedaannya ada pada jumlah akseptor dan jadwal ujian.


“Bentuk soal USBN nerisi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Masih ada soal yang dari Pusat sebanyak 20-25 persen untuk USBN, sedangkan untuk soal UN, 100 persen di siapkan oleh Pusat”, ucapnya seraya menambahkan penerapan soal yang berorientasi pada pikiran sehat atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).


Dengan adanya kisi-kisi USBN dan UN ini, diperlukan para guru dimasing-masing satuan pendidikan sanggup melaksanakan perencanaan ketuntasan pembelajaran untuk persiapan ujian. Terkait dengan adanya pelaksanaan USBN dan UN, BSNP akan segera merilis jadwal POS USBN dan UN dalam waktu erat ini, dengan mempertimbangkan masukan dari direktorat terkait. POS tersebut ialah ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN dan UN.


Ruang Lingkup Materi


Berikut ialah ruang lingkup materi yag akan diujikan di UN atau USBN 2019 :


Bahasa Indonesia


Ruang lingkup materi bahasa indonesia mencakup sebagai berikut ini :



  • Membaca NonSastra

  • Membaca Sastra

  • Menulis Terbatas

  • Menyunting kata atau istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan Dan Tanda Baca.


Matematika


Ruang lingkup materi Matematika mencakup sebagai berikut ini :



  • Bilangan

  • Geometri

  • Pengukuran Pengolahan data


Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)


Ruang lingkup materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) meliputi sebagai berikut ini :



  • Makhluk Hidup dan Lingkungannya

  • Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup

  • Benda dan Sifatnya

  • Energi dan Perubahannya

  • Bumi dan Alam Semesta


Kisi-kisi USBN SD 2019



Inilah tadi pembahasan singkat mengenai Kisi-kisi UN dan USBN SD 2019, Semoga Bermanfaat…


Advertisement

Iklan Sidebar