Info Populer 2022

Gelombang Berjalan – Materi, Pengertian, Sifat, Rumus, Teladan Soal

Gelombang Berjalan – Materi, Pengertian, Sifat, Rumus, Teladan Soal
Gelombang Berjalan – Materi, Pengertian, Sifat, Rumus, Teladan Soal

Rumus.co.id – Setelah sebelumnya kita membahas ihwal massa jenis air kali ini kita akan membahas materi ihwal pengertian gelombang berjalan adalah, kita akan jabarkan secara detail dan lengkap dari mulai definisi, macam-macam, , sifat – sifat, rumus beserta teladan soal gelombang berjalan dan pembahasannya lengkap.


Pengertian Gelombang


Gelombang merupakan hasil dari getaran yang sanggup merambat baik melalui medium tertentu atau tanpa medium. Perambatan dari gelombang tersebut tidak akan mensugesti mediumnya. Sebab Gelombang membawa energi dari satu daerah ke daerah lainnya. Panjang satu gelombang sanggup kita ketahui dengan menghitung jarak antara lembah dan bukit atau menghitung jumlah rapatan dan renggangan yang dibuat oleh gelombang tersebut.


 Setelah sebelumnya kita membahas ihwal  Gelombang Berjalan – Materi, Pengertian, Sifat, Rumus, Contoh Soal
gelombang berjalan


Pengertian Gelombang Berjalan


Gelombang Berjalan adalah jenis gelombang yang mempunyai sifat amplitudo yang sama pada setiap titik yang dilalui. Gelombang ini sanggup berjalan dan mempunyai persamaan : y = A sin (ωt – kx). Persamaan ini juga didapat dari persamaan umum gelombang yaitu y = A sin ωt dan ω = 2π/ T.


Sifat – Sifat Gelombang


Gelombang juga mempunyai beberapa sifat tertentu, yaitu sebagai berikut :


1. Refleksi (Dapat Dipantulkan)


Refleksi (Pemantulan) merupakan pembalikan arah rambat gelombang alasannya ialah membentur suatu medium yang tidak sanggup ditembus oleh gelombang tersebut. Hukum pemantulan gelombang ialah sebagai berikut :



  • Besar sudut datangnya gelombang sama dengan besar sudut pantul gelombang.

  • Gelombang datang, gelombang pantul dan garis normal terletak pada Satu bidang datarnya.


2. Refraksi (Dapat Dibiaskan)


Refraksi (Pembiasan) merupakan pergeseran arah rambat gelombang alasannya ialah melalui medium yang sanggup ditembus, akan tetapi berbeda dengan kerapatannya dengan medium pembawa gelombang tersebut. Contohnya yaitu ketika suatu gelombang cahaya dibawa oleh udara dan masuk ke dalam air.


3. Difraksi (Dapat Dibelokkan)


Difraksi (Pembelokkan) Gelombang merupakan pembelokkan atau penyebaran gelombang ketika melalui suatu celah – celah tertentu. Semakin sempit celah yang dilewati, difraksi yang terjadi juga akan semakin tampak.


4. Dispersi (Dapat Perubahan Bentuk


Dispersi merupakan terjadinya perubahan bentuk gelombang ketika gelombang tersebut melalui suatu medium tertentu. Maka misalnya ialah gelombang cahaya putih yang menjadi berwarna ketika melewati prisma. Tidak semua medium juga sanggup menciptakan perubahan bentuk, hanya beberapa medium tertentu saja, sedangkan medium yang sanggup mempertahankan bentuk gelombang itu akan disebut medium nondispersi.


5. Interfensi (Dapat Digabungkan


Interfensi merupakan perpaduan dua buah gelombang. Jika kedua buah gelombang yang dipadukan tersebut mempunyai fase sama, maka mereka akan saling menguatkan sehingga sanggup disebut Interfensi Konstruktif, sedangkan jikalau fasenya berlawanan, maka kedua gelombang tersebut akan saling melemahkan sehingga sanggup disebut interfensi destruktif.


6. Polarisasi (Dapat Diserap Arah Getarannya)


Polariasasi merupakan perembesan sebagian arah getaran dari gelombang ketika kita melalui medium tertentu. Polarisasi juga hanya akan terjadi pada gelombang transversal, yaitu gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambatannya.


Rumus Gelombang Berjalan


Persamaa Gelombang Berjalan Adalah :


 Setelah sebelumnya kita membahas ihwal  Gelombang Berjalan – Materi, Pengertian, Sifat, Rumus, Contoh Soal


Keterangan :



  • Y : Simpangan (m)

  • A : Amplitudo (m)

  • ω : Frekuensi sudut

  • k : Bilangan gelombang

  • x : Jarak titik ke sumber (m)

  • t : Waktu (s)


Contoh Soal Gelombang Berjalan


1. Suatu gelombang berjalan dan mempunyai persamaan y = 0,02 sin π (4t- x), x dan y dalam cm dan t dalam sekon. Besar simpangan di titik yang berjarak 5 cm dari titik asalah pada ketika titik asal telah bergetar selama 1 sekon adalah…..?


Penyelesaian :


Diketahui :



  • y = 0,02 sin π (4t – x)

  • x = 5 cm

  • t = 1 s


Ditanya : Besaran Simpangan/y =…..?


Jawab :



  • y = 0,02 sin π (4t – x)

  • y = 0,02 sin π (4(1) – 5)

  • y = 0,02 sin -π = 0


Jadi, besar simpangan yang terjadi pada gelombang berjalan pada ketika berjarak 5 cm dari titik awal tersebut ialah = 0 cm


Inilah pembahasan lengkap ihwal gelombang berjalan beserta rumus, teladan soal dan pembahasannya, biar bermanfaat…


Advertisement

Iklan Sidebar