Info Populer 2022

Isi Tritura

Isi Tritura
Isi Tritura

Rumus.co.id – pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai isi trikora. Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai isi tritura yaitu tri tuntutan rakyat yang di sampaikan mahasiswa kepada pemerintah. Simak klarifikasi berikut ini.


Latar Belakang Tritura


Yang melatar belakangi terjadinya tritura berkaitan dengan gerakan 30 September dalangnya yaitu PKI. Setelah insiden gerakan 30 september, banyak ormas-ormas terutama mahasiswa mengadakan demostran besar-besaran menuntut kepada pemerintah beberapa hal. Tuntutan tersebut biasa di sebut dengan Tritura (tri tuntutan rakyat). Salah satu tuntutannya yaitu pembubaran PKI terkait tragedy 30 september. Tetapi pemerintah tidak mengambil tindakan dengan tegas terhadap PKI. Selain itu ekonomi semakin memburuk, harga-harga semakin melambung tinggi sehingga menambah keresahan masyarakat.


Pada tanggal 25 Oktober 1965 terbentuklah Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI). Selanjutnya  ikuti oleh kesatuan- kesatuan agresi yang lain, contohnya Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI), Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia (KAPI), Kesatuan Aksi Buruh Indonesia (KABI), Kesatuan Aksi Sarjana Indonesia (KASI), Kesatuan Aksi Wanita Indonesia (KAWI), dan Kesatuan Aksi Guru Indonesia (KAGI).


Organisasi-orgaisasi tersebut melaksanakan demonstran besar-besaran. Akan tetapi pemerintah tidak segera mengambil tindakan. Pada tanggal 10 januari 1966 KAMI san KAPPI melopori kesatuan agresi dalam Front Pancasila mendatangi DPR-GR menuntut tiga tuntuta rakyat. Berikut ini yaitu tiga tuntutan rakyat.


 pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Isi Tritura


Isi Tritura



  1. Pembubaran PKI (Partai Komunis Indonesia)

  2. Pembersihan kabinet dari unsur-unsur G 30 S / PKI.

  3. Penurunan harga/perbaikan ekonomi.


Tiga tuntutan di atas yaitu dasar yang menjadi keresahan masyarakat Indonesia. Selain pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya dan pencucian cabinet G30 S PKI ada juga tuntutan yaitu mengenai ekonomi. Masyarakat Indonesia menginginkan perubahan ekonomi terutama pada penurunan harga-harga kebutuhan pokok.


Akhirnya, Tujuan dari Tri Tuntutan Rakyat sanggup terwujud dengan keluarnya Surat Perintah 11 Maret 1966 (Supersemar) yang memerintahkan kepada Mayor Jenderal Suharto untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia dan ormas-ormasnya. Selain itu, Supersemar juga mengamanatkan semoga meningkatkan perekonomian Indonesia sehingga sanggup terwujud kesejahteraan sosial dan ekonomi bagi seluruh rakyat Indonesia.


Tujuan Tritura


Seperti sudah di bahas di atas bahwa tujuan utama tritura terletak pada isi tritura itu sendiri. Tujuannya yaitu membubarkan PKI (Partai Komunis Indonesia), membersihkan cabinet dari unsur-unsur G 30 S PKI, dan menurunkan harga/perbaikan ekonomi. Tiga hal di atas sengat meresahkan masyarakat Indonesia pada ketika itu. Terkait dengan PKI (Partai Komunis Indonesia) yang membunuh beberapa tokoh penting di Indonesia. Hal itu sangat menjadi insiden sejarah menyedihkan. Penculikan beberapa anggota dan di bunuh oleh PKI meninggalkan sejarah kelam hingga sekarang.


Plopor Tritura


Dibalik demonstran besar-besaran pada tuntutan Tritura pada tanggal 10 januari 1966 ada beberapa plopor yang terlibat di dalamnya. Berikut diantaranya:



  1. Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI)

  2. Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI)

  3. Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia (KAPI)

  4. Kesatuan Aksi Buruh Indonesia (KABI)

  5. Kesatuan Aksi Sarjana Indonesia (KASI)

  6. Kesatuan Aksi Wanita Indonesia (KAWI)

  7. Kesatuan Aksi Guru Indonesia (KAGI)


Baca Juga:



Isi Trikora – Pengertian, Isi, Sejarah, Tujuan, Operasi


5 Rumusan Pancasila dalam Naskah Piagam Jakarta


Demikian klarifikasi mengenai isi trikora, tokoh yang terlibat, tujuan, latar belakang dan plopor. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan serta isu anda. Semoga artikel ini sanggup membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


Advertisement

Iklan Sidebar