Info Populer 2022

Jazakallah Khairan Artinya

Jazakallah Khairan Artinya
Jazakallah Khairan Artinya

Jazakallah Khairan Artinya – Asslamualaikum, Hallo sobat budiman yang seiman dan seagama, Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit menyebarkan ilmu mengenai perihal pembahasan jazakallahu khairan. Bagi kita yang menganut Agama islam mungkin sudah tidak abnormal lagi dengan kalimat tersebut.





Namun sangat berbagai yang belum mengetahui istilah tersebut, maka pada kesempatan ini kami akan sedikit mengulas mengenai arti jazakallahu khairan.





Pada dasarnya kalimat ini basa dipakai sebagai wujud rasa terima kasih seseorang Muslim kepada sesama Muslim lainnya.





Tujuannya tidak ada lain yaitu sebab seseorang tersebut sudah melaksanakan suatu hal kebaikan yang sangat bermanfaat untuk orang lain.





Dalam Artikel ini kami akan membahas lebih rinci lagi perihal kalimat jazakallahu khairan,





Simak penjelasannya di bawah ini :





Arti Jazakallahu Khairan





 Hallo sobat budiman yang seiman dan seagama Jazakallah Khairan Artinya




Jazakallah Khairan Artinya Sebagai Berikut :





Adapun arti jazakallah khairan, Jazakallah khairan  yakni terdiri dari dua kata yakni jazakallah dan khair





  • Jazakallah artinya yakni “semoga Alloh membalasmu
  • Jazakallah khairan artinya yakni “semoga Alloh membalasmu dengan kebaikan




Inilah salah satu ucapan yang benar dan lengkap, terkadang kita hanya mendengar ucapan jazakallah, sehingga artinya tidak pas sebab tidak lengkap.





Ucapan yang semacam ini untuk laki-laki, ada pula untuk perempuan, ucapan yang benar ialah jazakillah khairan. Sedangkan untuk banyak orang atau jamak , ucapan yang benar ialah  jazakumullah khairan.





Terkadang ucapan-ucapan diatas di sunnahkan oleh Rasulullah untuk memberikan terima kasih dan mendo’akan orang yang telah berbuat baik kepada kita.





Supaya lebih jelasnya pengucapan kalimat tersebut maka kita simak klarifikasi yang kami sajikan dibawah ini :





  • جَزَا ك الله Jazakillahu Khairan“, supaya Alloh membalasmu dengan kebaikan (Perempuan)
  • جَزَاكَ اللهُJazakallahu Khairan“, supaya Alloh Membalasmu Dengan Kebaikan (Laki-laki )
  • جَزَاكُمُ اللهُ Jazakumullahu Khairan“, supaya Alloh Membalas Kalian dengan Kebaikan (Jamak)




Keutamaan Jazakallahu Khairan





Islam juga tidak hanya mengajarkan kita insan membangun kekerabatan baik dengan Alloh yang maha Pencipta.





Tetapi islam juga mengajarkan kita untuk membangun kekerabatan baik dengan sesama manusia.





Salah satu bentuk kekerabatan baik kepada sesama insan ialah, berterima kasih ketika mendapat dukungan atau perlakuan yang baik dari orang lain.





Menyampaikan rasa terima kasih juga kesesama insan atas kebaikannya, merupakan perbuatan seseorang sanggup bersyukur terhadap Allah atas nikmat – nikmat nya.





Perhatikan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam di bawah ini :





 Hallo sobat budiman yang seiman dan seagama Jazakallah Khairan Artinya




Yang artinya :





Tidaklah dikatakan bersyukur pada Alloh, siapa yang tidak tahu berterima kasih terhadap sesama manusia.” (HR. Tirmidzi dan Abu Daud; hadist shahih)





Ada beberapa perbedaan dengan ucapan rasa terima kasih lainnya, yang ucapannya jazakallah khairanjazakillah khairan atau jazakumullah khairan mempunyai beberapa keutamaan ialah sebagai berikut :





Terima Kasih Yang Baik





Daripada mengucapkan “terima kasih”, “syukran”, “thank you” atau yang lainnya, ucapan jazakallah khairan lah yang terbaik. Rasulullah SAW





 Hallo sobat budiman yang seiman dan seagama Jazakallah Khairan Artinya




Yang artinya :





“Barang siapa yang diperlakukan dengan baik oleh orang lain terus iya berkata kepadanya jazaakallah khairan, maka iya sudah memujinya dengan setinggi-tingginya.” (HR. Tirmidzi, Al Albani berkata: “hadist hahih”)





Sunnah Rasulullah





Ucapan rasa terima kasih dengan jazakallah khairan ini merupakan sunnah Rasulullah SAW. Beliau pun telah mengajarkan ucapan ini kepada sahabat, dan sahabat juga mengamalkannya.





 Hallo sobat budiman yang seiman dan seagama Jazakallah Khairan Artinya




Yang artinya :





Jika ada seseorang telah berkata kepada saudaranya “jazaakallah khairan” (semoga Alloh selalu membalasmu dengan kebaikan), maka iya telah memujinya dengan setinggi-tingginya. (HR. Thabrani, Al Albani berkata: “shahih li ghairihi”)





Ucapan Do’a





Rasulullah telah mengajarkan, ketika kita mendapat kebaikan dan hadiah dari orang lain, hendaklah kita membalasnya dengan kebaikan atau hadiah pula.





Namun kalau kita belum bisa, minimal dengan ucapan terima kasih atau mendoakannya.





Ucapan jazakallah khairanjazakillah khairan atau jazakumullah khairan merupakan ucapan rasa terima kasih sekaligus do’a kepada orang yang telah memperlihatkan hadiah dan kebaikan untuk kita.





 Hallo sobat budiman yang seiman dan seagama Jazakallah Khairan Artinya




Yang artinya :





“Dan barang siapa yang berbuat baik kepada kalian maka kalian membalasnya, kalau iya tidak mendapati sesuatu untuk membalasnya, maka do’akan lah iya, hingga kalian sanggup melihat bahwa kalian sudah membalasnya.” (HR. Abu Daud)





Mendapat Do’a





Disaat kita mengucapkan terima kasih dengan cara do’a ini diatas, maka kita juga akan mendapat balasan dengan mendo’akan iya kembali.





Walaupun tidak dijawab oleh seseorang tersebut, maka malaikat yang akan menjawab nya dengan mendo’akan kita kembali. Amin





Kesimpulan





Dari beberapa klarifikasi diatas kita sanggup menarik kesimpulan yang sanggup memudahkan kita dalam pemahaman, ibarat apa kesimpulan tersebut.





Berikut ini yakni beberapa kesimpulan dari beberapa klarifikasi singkat perihal Arti Jazallahu Khairan, mari kita simak bersama.





  1. Arti Jazakallah Khairan (bisa dibaca: Jazakallahu Khairan) adalah Semoga Alloh selalu membalasmu dengan kebaikan.
  2. Arti Jazakumullah Khairan (bisa dibaca: Jazakumullahu Khairan) yakni supaya Alloh selalu membalas kalian dengan kebaikan.
  3. Adapun ucapan ini harus diubahsuaikan dengan subjek lawan bicara kita, Jazakallahu Khairan ( kepada laki- laki tunggal), Jazakillahu Khairan (kepada Perempuan tunggal) dan Jazakumullahu Khairan (kepada Jamak).
  4. Dalam cara penggunaannya, Lebih baik lagi dicukupkan dengan ucapan “Jazakallahu Khairan” saja, tanpa ada embel-embel “katsiran” sesuai yang tertera dalam Hadist.
  5. Kita Sebagai seorang Muslim alangkah baiknya meninggalkan ucapan terima kasih, diganti dengan ucapan “Jazakallahu Khairan” yang mengandung makna ucapan terima kasih sekaligus Do’a.




Jadi jelaslah sudah kalimat Jazakallahu Khairan ini memang tadak jarang kita di dengar di kalangan kehidupan sehari -hari, sebab kalimat tersebut sering di ucap kan dari kalangan orang yang mengerti agama. ibarat para kiyai, ustad atau para santri.





Demikian lah klarifikasi perihal jazakallah khairan artinya serta arti jazakumullah khairan katsiran dan jawabannya, supaya kita semua di berikan ke pahamman dari arti jazakallahu khairan dan supaya memperlihatkan manfaat bagi para pembaca nya. Amin





Baca Juga :






Advertisement

Iklan Sidebar