Info Populer 2022

Magnoliopsida

Magnoliopsida
Magnoliopsida

Magnoliopsida – Beberapa tumbuhan mempunyai suatu penjabaran tersendiri diantaranya ialah Klasifikasi Berkeping Satu (Monokotil) dan Klasifikasi Berkeping Dua (Dikotil).


Pada pembahasan artikel yang telah tersedia sebelumnya, yaitu mengenai ihwal penjabaran tumbuhan yang disebut sebagai Tumbuhan Dikotil (Berkeping Dua). Tumbuhan Dikotil ini mempunyai suatu keterkaitan dengan Magnoliopsida. Apa yang dimaksud dengan Magnoliopsida?


 Beberapa tumbuhan mempunyai suatu penjabaran tersendiri diantaranya ialah Klasifikasi Be Magnoliopsida


Oleh alasannya itu pada kesempatan kali ini, kita akan bahu-membahu membahas mengenai ihwal Magnoliopsida beserta struktur-struktur yang mempunyai keterkaitan didalamnya.


Pengertian Magnoliopsida


Magnoliopsida ialah Nama ilmiah yang dipakai untuk menggantikan nama ilmiah yang dipakai pada sistem penjabaran yang lebih lama, yaitu Kelas Dicotyledoneae (Tumbuhan Berdaun Lembaga Dua atau Tumbuhan Dikotil yaitu Tumbuhan Biji Berkeping Dua).


Magnoliopsida juga sering disebut, sebagai kelompok tumbuhan yang mempunyai biji berkeping dua. Tumbuhan ini mempunyai ciri-ciri mempunyai sepasang Daun Lembaga (Daun Kotiledon) yang terbentuk pada dalam tahap proses pembentukan bakal biji pada suatu tumbuhan. Oleh alasannya itu Klasifikasi Magnoliopsida mempunyai biji yang terbelah menjadi dua bagian.


Secara umum Tumbuhan Berbunga terbagai menjadi 2 klasifikasi, yaitu Klasifikasi Tumbuhan Berkeping Satu (Monokotil) dan Klasifikasi Tumbuhan Berkeping Dua (Dikotil).


Ciri-Ciri Magnoliopsida


Magnoliopsida merupakan termasuk dalam bab Klasifikasi Plantae (Tumbuhan Berbunga) yang bereproduksi seksual dengan memakai bunga sebagai sistemnya. Berikut ini merupakan ciri-ciri dari Klasifikasi Magnoliopsida :












































Klasifikasi Magnoliopsida
Ciri-Ciri Keterangan
Kepingan BijiBerkeping Dua
DaunDaun Menjari atau Menyirip
Kambium IntrafasikulerMemiliki Kambium
Ikatan Pembuluh PrimerDalam 1 Lingkaran
PollenTricolpate
Kelipatan Kelopak Bunga4 atau 5 Kelipatan
Sistem AkarAkar Tunggang
BatangBerkayu

Sub Kelas Magnoliopsida


Magnoliopsida mempunyai 5 Sub Kelas, yang akan dijelaskan lebih spesifikasinya dibawah ini :


1. Sub Kelas Rosidae


Pada Sub kelas jenis ini terdiri dari 18 Ordo, 114 Familia, dan anggotanya sekitar 59.000 Spesies. Sub kelas Rosidae ini termasuk Sub kelas terbesar dari Magnoliopsida.


Pada 18 Ordo dari Sub kelas ini diantaranya, yaitu Fabales, Rosales , Podostemales, Proteales , Myrtales, Haloragales, Cornales, Rizhopotales, Santanales, Rafflesiales, Euphorniales, Cetastrales, Rhamnales, Linales, Polygalales, Apiales, Geraniales, dan Sapindales.


Sub kelas Rosidae mempunyai Karakteristik Stamen yang tersusun secara Sentripetal, mempunyai Bunga Jarang dengan Plasenta Parietal, mempunyai Ovarium Majemuk.


2. Sub Kelas Caryophyllidae


Pada Sub kelas jenis ini sebagian besar terdiri dari Tumbuhan Herba atau Berkayu dan mempunyai beberapa Suku Tumbuhan Sukulen dan Tumbuhan Halofit.


Sub Kelas Caryophyllidae ini muncul pada 70 juta tahun yang lalu, dan termasuk Tumbuhan Primitif yang mempunyai Karakteristik Stamen Masak yang tersusun dari Sentrifugal dan Trinukleat, mempunyai Bunga dengan Sepal dan Petal yang jelas, mempunyai Ovarium Bitegmik dan Crassinucellate, dan Embrio Kampilotropus atau Amfitropus yang diliputi dengan Perisperm.


3. Sub Kelas Dilleniidae


Pada Sub kelas jenis ini sebagian besar terdiri dari Tumbuhan Herba atau Berkayu, mempunyai bentuk Daun Tunggal, Memiliki Bunga Polypetal dan Gynoecium Synkarp, mempunyai Ovarium Superum, mempunyai Plasenta yang beragam, yaitu Aksilaris, Basalis, dan Parietal.


4. Sub Kelas Magnolidae


Pada Sub kelas jenis ini terdiri dari 8 Ordo, 39 Familia, dan anggotanya sekitar 3400 Spesies. Habitus dari Tumbuhan Sub Kelas ini sangat beragam, mulai dari pohon berkayu hingga herba.


Dan beberapa familia yang terdapat pada Sub Kelas Magnolidae ini, yaitu Magnoliaceae, Annonaceae, Lauraceae, Piperaceae, dan Nymphaceae.


5. Sub Kelas Hammamelidae


Pada Sub kelas jenis ini terdiri dari 11 Ordo, 24 Familia, dan anggotanya sekitar 13.000 Spesies. Habitus dari Tumbuhan Sub Kelas ini sangat beragam, mulai dari Pohon selalu hijau yang berbentuk ibarat Perdu dengan tinggi sanggup mencapai 40-60 m, berdiameter hingga 80-150 cm, dan mempunyai kayu halus, berwarna abu-abu, dan kayunya berwarna merah, serta mempunyai Bunga berkelamin satu.


Demikianlah klarifikasi mengenai ihwal Magnoliopsida beserta Pengertian, Ciri-Ciri, dan Sub Kelasnya.


Semoga sanggup bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang mempunyai kegunaan untuk kita semua.


Artikel Terkait Lainnya :



Advertisement

Iklan Sidebar