Info Populer 2022

Contoh Paragraf Adonan Singkat Dan Menarik

Contoh Paragraf Adonan Singkat Dan Menarik
Contoh Paragraf Adonan Singkat Dan Menarik

Contoh Paragraf Campuran Singkat Dan Menarik – Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia tentu saja kita niscaya pernah mengenal majemuk bentuk Paragraf yang diajarkan oleh Guru kita disekolah.


Contoh Paragraf Campuran Singkat Dan Menarik  Contoh Paragraf Campuran Singkat Dan Menarik


Dalam macam-macam bentuknya, Paragraf dibedakan menurut pada letak kalimat utama atau wangsit pokok, yang diantaranya, yaitu Paragraf Induktif, Paragraf Deduktif dan Paragraf Campuran.


Tetapi pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas gotong royong Paragraf Campuran saja beserta dengan struktur-struktur yang terkait didalamnya.


Pengertian Paragraf Campuran


Paragraf Campuran ialah Sebuah Paragraf yang mempunyai 2 kalimat utama, yaitu terletak pada Awal Paragraf dan Akhir Paragraf. Jenis Paragraf ini sering disebut juga sebagai Kombinasi dari Paragraf Indukti dan Paragraf Deduktif. Selain dari kalimat diatas berfungsi sebagai Kalimat Penjelas.


Ciri-Ciri Paragraf Campuran


Dalam struktur-struktur yang terdapat didalam Paragraf Campuran mempunyai ciri-ciri sebagai berikut ini, yaitu :



  1. Paragraf adonan mempunyai 2 kalimat utama

  2. Kalimat utama terletak pada awal paragraf

  3. Kalimat utama kedua terletak sebagai kesimpulan pada selesai paragraf

  4. Kalimat penjelas terletak pada tengah paragraf

  5. Memiliki kalimat pengulangan pada kata kunci dalam kedua kalimat utama


Pola Paragraf Campuran


Pada Paragraf Campuran mempunyai pola khusus yang membedakannya dari Paragraf lainnya, yaitu sebagai berikut ini :



  1. Pola paragraf adonan diawali dengan kalimat umum

  2. Pola paragraf adonan disusul dengan kalimat khusus

  3. Pola paragraf adonan disusul dengan kalimat khusus

  4. Pola paragraf adonan diakhiri dengan kesimpulan yang menandakan gagasan wangsit secara umum


Contoh Paragraf Campuran


Setelah kita memahami struktur-struktur yang terkait dengan Paragraf Campuran. Berikut pada dibawah ini terdapat beberapa contoh-ccontohnya :


Contoh Pertama



Kalimat :


Semua makhluk hidup yang berada dimuka Bumi ini sangat membutuhkan makanan dan minuman dalam melangsungkan kehidupannya. Contoh menyerupai beberapa jenis Hewan dalam bertahan hidup dengan cara berburu makanan yang telah tersedia di seluruh alam, Tumbuhan dalam bertahan hidup dengan cara melaksanakan proses Fotosintesis, dan Manusia dalam bertahan hidup dengan cara memanfaatkan makanan yang tersedia di seluruh alam. Maka dari itu Hewan, Tumbuhan, dan Manusia membutuhkan makanan dan minuman untuk melangsungkan kehidupannya.


Penjelasan :


1. Kalimat Utama Paragraf Campuran terletak pada : (Semua makhluk hidup yang berada dimuka Bumi ini sangat membutuhkan makanan dan minuman dalam melangsungkan kehidupannya).


2. Kalimat Penjelas terletak pada : (Contoh menyerupai beberapa jenis Hewan dalam bertahan hidup dengan cara berburu makanan yang telah tersedia di seluruh alam, Tumbuhan dalam bertahan hidup dengan cara melaksanakan proses Fotosintesis, dan Manusia dalam bertahan hidup dengan cara memanfaatkan makanan yang tersedia di seluruh alam).


3. Kalimat Utama Kedua Paragraf Campuran terletak pada : (Maka dari itu Hewan, Tumbuhan, dan Manusia membutuhkan makanan dan minuman untuk melangsungkan kehidupannya).




Contoh Kedua



Kalimat :


Hutan mempunyai peranan penting bagi seluruh makhluk hidup. Penebangan hutan secara ilegal terus-menerus meningkat sehingga hutan mengalami kegundulan, padahal hutan berfungsi dalam mencegah tragedi longsor, pemanasan global, dan daerah berkembangnya jenis-jenis binatang dan jenis-jenis flora yang sanggup bermanfaat bagi kehidupan manusia. Sebab itu hutan harus perlu dijaga kelestariannya alasannya sangat penting dalam berlangsungnya kehidupan Manusia, Hewan dan juga Tumbuhan.


Penjelasan :


1. Kalimat Utama Paragraf Campuran terletak pada : (Hutan mempunyai peranan penting bagi seluruh makhluk hidup).


2. Kalimat Penjelas terletak pada : (Penebangan hutan secara ilegal terus-menerus meningkat sehingga hutan mengalami kegundulan, padahal hutan berfungsi dalam mencegah tragedi longsor, pemanasan global, dan daerah berkembangnya jenis-jenis binatang dan jenis-jenis flora yang sanggup bermanfaat bagi kehidupan manusia).


3. Kalimat Utama Kedua Paragraf Campuran terletak pada : (Sebab itu hutan harus perlu dijaga kelestariannya alasannya sangat penting dalam berlangsungnya kehidupan Manusia, Hewan dan juga Tumbuhan).



 


Demikianlah klarifikasi mengenai perihal Paragraf Campuran beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Pola Paragraf dan Contoh-Contohnya.


Semoga sanggup bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berkhasiat untuk kita semua.


 


Advertisement

Iklan Sidebar