Info Populer 2022

Makna Sila Ke 1

Makna Sila Ke 1
Makna Sila Ke 1

Pancasila yang berasal dari bahasa Sansekerta adapun kata PANCA yang mempunyai arti LIMA Dan SILA yang Artinya DASAR, secara umum pancasila artinya lima dasar.





Oleh alasannya ialah itu pancasila yang berlandaskan dari Ketuhannan yang Maha Esa maka negara harus mengakui adanya Tuhan yang merupakan pencipta seluruh alam semesta dan jagat raya ini.





Tuhan sendirilah yang Maha Mengetaui dan Maha Melihat tiada pula yang sanggup untuk menandingi kehebatanya, Dan tiada pula yang sanggup untuk Mengatur nya, Tuhan tidak akan membuat Mahluk melainkan hanya Tuhan lah yang membuat segala Mahluk dan seisinya





Demikian Pula Ketuhanan yang Maha Esa sangat banyak Mengandung Arti dan Makna adanya kayakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa atau yang maha Tunggal, Yang bisa membuat alam semesta dan jagat Raya ini.





Negara indonesia yang di lahirakan atas landasan Moral Leluhur dan para Pejuang – pejuang tinggi, yang menurut Ketuhanan yang Maha Esa atau sebagai konsekuensi warga negara dan penduduknya semoga bisa memeluk agama dan beribadah kepada Tuhan yang Maha Esa.





Pancasila yang berasal dari bahasa Sansekerta adapun kata  Makna Sila Ke 1




Makna Sila ke 1 Pancasila





Adapun makna sila ke 1 (satu) pancasila ialah ratifikasi seluruh Bangsa Indonesia terhadap adanya Tuhan yang Maha Esa sebagai pencipta alam semesta ini.





Pembuatan makna yang terakandung di dalam Nilai ketuhanan yang maha Esa, Tentu saja negara indonesia dihentikan adanya perilaku atau pembuatan yang bersifat anti ketuhan atau anti kepada kehidupan beragama dan ateis.





Baca Juga : Makna Lambang Pancasila





Maka Negara indonesia harus bisa di katakan sebagai negara yang efektif dan religius, Karena di dalam Sila pertama pancasila sangat meliputi Nilai – Nilai Religi yang untuk mengatur Segenap relasi Negara dan Agama, Maka Hubungan insan dan Sang Pencipta Sangat Kuat, Maka Nilai – Nilai yang menyangkut Hak Manusia dan Hak Beragama.





Telah Sampai kini Ini Ada Enam Agama yang telah di Legalkan secara Nasional untuk di jadikan keyakinan segenap masyarakat ialah :





  • Agama Islam Dengan Tempat Beribadahnya Adalah Masjid
  • Agama Katolik Tempat beribadahnya ialah Gereja
  • Agama Khatolik daerah beribadahnya ialah Gereja
  • Agama Budha daerah beribadahnya ialah Vihara
  • Agama Hindu Tempt beribadahnya Adalah Pura
  • Agama Kong Hu Chu Tempat beribadahnya Adalah LI Tang Atau Klenteng




Baca Juga : Rumusan Akhir Pancasila





Contoh Penerapan Sila Ke 1





Sila Dalam kehidupan Bermasyarakat, sangat sering terjadi dan terindikasi perbedaan – perbedaan beragama dalam menganut Agama di antaranya Agama Islam, Kristen, Dan Khatolik. Biasanya setiap insan yang memeluk agma dalam merayakan hari raya biasanya ada perilaku tolong menolong antar umat beragama.





Sila Dalam Kehidupan Sehari – Hari, Tentang Sila pertaman pancasila Misalnya adanya persatuan seorang mahasiswa yang menganut agama islam Menempuh pendidikan di dalam forum kristen di kaih kesempatan untuk melaksanakan sholat walaupun dalam jam Belajar.





Sila Dalam Pekerjaan, referensi kali ini dalam Sila pertama Pancasila adanya seseorang profesianal dalam bekerja di sebuah perusahaan besar Milik Agama Katolik di perbolehkan untuk Melakukan Cuti Di Hari Raya Agamanya Baik Agama Islam ataupun khong Hu Chu Bahkan sebaliknya hukum Agama – Agama Lainya.





Adapula bentuk dan pengamalan yang terkandung dalam Nilai – Nilai Sila ketuhanan yang Maha Esa sangat banyak kaitan dan bekerjasama dengan Negara Dan Agama, Adapun Nilai – Nilai Tersebut Adalah :





  1. Keyakinan dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa
  2. Solidaritas dan toleransi
  3. Bebas untuk melaksanakan Ritual Beribadah
  4. Menghormati Setiap Agama
  5. Adanya Sikap Bekerja sama dalam Beragaman
  6. Kerukunan dalam Beragama




Dengan implementasi Atau Toleransi antar umat beragama harus mewujudkan pengalaman Nilai – Nilai ketuhanan yang maha Esa atas dasar dan iman semua konponen bangsa, Mulai dari kehidupan beragama tetap di kembangkan untuk membuat kehidupan bangsa dan bernegara semoga tercipta kerukunan.





Baca Juga : Isi Pancasila





Untuk Mempererat training dan pemeliharaan terhadap kerukunan hidup umat beragama akan di kategorikan menjadi rukun dalam beragama, Atau Rukun Antar agama dengan jajaran pemerintah.





Kerukunan Hidup Antar beragaman merupakan salah satu perilaku tegang rasa yang harus di miliki semua pihak golongan Agaman guna untuk mempelajari Agamanya Masing – Masing serta mendalami Hak Dasar dalam kerukunan hidup beragaman sanggup mewujudkan tindakan menyerupai berikut :





  1. Harus mempunyai rasa hormat akan kebesana untuk menjalakan ibadh sesuai hukum agama masing – masing.
  2. Harus mempunyai rasa saling hormat dalam bekerja sama antar pemeluk agama
  3. Harus mempunyai Tegang rasa dan tidak memaksakan agama kepada orang Lain




Maka makna yang tersimpul dalam Sila Pertama Pancasila Ini yang Bunyinya Ketuhanan Yang Maha Esa, Sangat Banyak arti dan pengertian bahwa bangsa indonesia Harus mempunyai Kebesana dalam menganut Agama dan Budaya serta menjalankan ibadah yang sesuai dengan fatwa Agama nya Masing – masing.





Adanya Jiwa bertoleransi bahkan menhormati satu sama lain, Hal ini juga akan mewujudkan kehidupan yang selaras di dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.





Itulah pembahasan makalah bahan wacana makna pancasila ke 1 dan referensi penerapannya pada kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat..


Advertisement

Iklan Sidebar