Info Populer 2022

Makna Sila Ke 3

Makna Sila Ke 3
Makna Sila Ke 3

Sebutkan Apa makna sila ke 3 pancasila dan contohnya – Adapun kata Persatuan yang berasal dari kata SATU, yang mengandung makna Utuh tidak terpecah – pecah persatuan mengandung pengertian bersatunya yang bermacam – macam corak dan beraneka ragam yang menjadi Satu Tujuan.





Kata persatuan indonesia ini telah meliputi persatuan dalam arti idiologis, politik, ekonomi sosial budaya dan keamanan.





Adapula persatuan indonesia Adalah persatuan bangsa yang menetap di wilayah indonesia.





Persatuan indonesia juga merukan kata faktor yang sangat dinamis dalam menjalankan kehidupan bangsa indonesia, yang bertujuan untuk melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.





Oleh alasannya itu harus bisa memajukan kesejahterahaan umum dan bisa mencerdaskan kehidupan bangsa serta mewujudkan perdamaian dunia yang abadi.





 Adapun kata Persatuan yang berasal dari kata  Makna Sila Ke 3




Baca Juga : Makna Sila ke 2





Arti Persatuan Indonesia





Kemudian Persatuan Indonesia Adalah bentuk perwujudan dari pada paham kebangsaan indonesia yang telah di jiwai oleh ketuhanan yang Maha Esa, Sekaligus kemanusiaan yang adil dan beradab.





Karena itu Faham persatuan indonesia tidaklah sempit tetapi megandung arti Menghargai bangsa Indonesia dengan sifat kehidupan bangsa itu sendiri, Nasionalisme Bangsa Indonesia telah mengatasi faham golongan Suku Bangsa dalam upaya membina tumbuhnya persatuan dan kesatuan sebagai satu Negara yang tidak akan terpecah – pecah.





Dalam Hal ini telah sesuai dengan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Yang berbunyi, “Kemudian dari pada itu telah membentuk suatu pemerintahan Negara indonesia untuk memajukan kesejah teraan Umum, Mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melakukan ketertiban dunia yang di dasri kemerdekaan, perdamaian abadi atau keadilan sosial. Disitulah telah di susun kemerdekaan bangsa indonesia itu dalam suatu Undag – Undang Dasar negara Indonesia.





Pedoman Sila Ke 3





  1. Harus Menempatkan kesatuan, persatuan bakhan kepentingan dan keselamatan bangsa atau negara di atas kepentingan bersifat eksklusif dan golongan
  2. Harus rela berkorban demi kepentingan bangsa maupun negara
  3. Harus cinta kepada tanah air dan bangsa
  4. Harus gembira sebagai Bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia
  5. Harus memajukan pergaulan demi pesatuan dan kesatuan bangsa yang ber Bhineka Tunggal Ika




Butir – Butir Sila Ketiga





  • Sanggup menempatkan persatuan atau kesatuan dan kepentingan bangsa dan negara demi kepentingan bersama di atas kepentingan eksklusif bahkan golongan
  • Mampu serta rela berkorban untuk kepentingan golongan dan pribadi
  • Rela menyebarkan rasa cinta terhadap tanah air
  • mampu memelihara ketertiban dunia
  • sanggup memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa




Secara Keseluruhan Makna Sila ke 3 Pancasila





  • Yang berlandaskan Nasionalisme
  • Berdasarkan cinta bangsa dan tanah Air
  • Menyandang persatuan dan kesatuan bangsa
  • Menumbuhkan rasa Senasib dan Sepenanggungan
  • Tidak boleh memaksa Warga negara untuk beragama
  • Selalu menjamin perkembangan dan tumbuh suburnya kehidupan beragama
  • Selalu menjaga persatuan dan kesatuan republik indonesia
  • Rela mengorbankan demi bangsa dan negara
  • Selalu memajukan pergaulan demi kesatuan dan persatuan bagi bangsa dan yang ber Bheneka Tunggal Ika.




Makna Sila ke 3 ini mengandung maksud untuk mengutamakan persatuan atau kerukunan bagi seluruh rakyat yang ada di indonesia, yang sangat banyak mempuyai perbedaan agama mapun suku bangsa dan budaya, sehingga sanggup pula di satukan melalui Sila yang berbeda – beda tapi tetap satu tujuan yang disebut dengan Bhineka Tunggal Ika.





Pantas lah persatuan Indonesia sangat mengutamakan kepentingan dan keselamatan Negara ketimbang kepentingan golongan eksklusif maupun kelompok – kelompok tertentu ibarat Partai.





Baca Juga : Makna Sila ke 1





Maka hal yang di maksud yakni sangat di anjurkan mengasihi Tanah Air Indonesia Dan Harus gembira Mengharumkan Nama Indonesia, Sila ini juga menanamkan sifat persatuan untuk melahirkan rasa kerukunan kepada rakyat Indonesia.





Jelaslah sudah Persatuan Indonesia Adalah Satu untuk indonesia Meskipun Dengan keadaan yang ada di masyarakat sangat banyak perbedaan tetapi harus menyebabkan satu darah indonesia, Dan harus rela Mengorbankan Kepentingan Golongan Demi negara Indonesia.





Meskipun sangat kental Dengan banyak sekali Budaya yang berbeda, Maka kita di anjurkan tetap harus rukun demi menjaga kedamaian Bhineka Tunggal Ika.





Demi Mengatasi segala Paham Golongan dan Etnis,Suku Ras maupun Individu Golongan Agama, Cara mengatasi Hal Demikian kita haru menawarkan Wahana atas tercapainya harkat dan martabat seluruh Warganya.





Maka Negara menawarkan Kebebasan atas individu, Golongan, Suku, Ras bahkan Golonga Agama Guna Merealisasikan seluruh potensinya dalam kehidupan bersama yang bersifat Integral.





Jadi Tujuan Negara untuk merumuskan dan melindungi segenap warganya dan seluruh tumpah darahnya, harus bisa memajukan kesejahteraan umum atau mencerdaskan kehidupan warganya serta yang berkaitan dengan pergaulan bangsa – bangsa lain yang ada di Dunia untuk mewujudkan salah satu ketertiban Dunia yang di landasi perdamaian abadi dan keadilan Sosial.





Nilai persatuan Indonesia Yang telah didasari atau dijiwai salah satu sila Ketuhanan Yang Maha EsaBahkan Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Hal ini terkandung Juga nilai bersama-sama nasionalisme Indonesia ini yakni nasionalisme religious Ialah nasionalisme yang bermoral Ketuhanan Yang Maha Esa.





Jadi Nasionalisme Semacam ini, Yaitu humanitik yang menjunjung tinggi harkat atau martabat insan sebagai makhluk Cintaan Tuhan. Makadari itu nilai-nilai nasionalisme ini harus tercermin dalam segala aspek penyelenggaraan Negara Indonesia..





Dalam Persaingan Iptek tidak untuk saling menjatuhkan antar sesaman Manusia satu sama lain. Namun inovasi – inovasi yang Baru ini membantu aktivitas insan dalam mempermudah pekerjaan Pribadi yakni untuk satu tujuan yakni guna kemajuan Negara Republik Indonesia.





Itulah pembahasan bahan makalah makna sila ke 3 pancasila dan misalnya dalam kehidupan sehari-hari dalam berbangsa dan bernegara, biar bermanfaat…





Baca Juga : Makna Sila ke 4 dan Makna Sila ke 5


Advertisement

Iklan Sidebar