Info Populer 2022

Makna Sila Ke 2

Makna Sila Ke 2
Makna Sila Ke 2

Makna Sila ke 2 Pancasila ini yang berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Yang mempunyai arti dan pengertian Bahwa Bangsa indonesia sebagaimana yang memeluk Ciptaan Tuhan Yang maha Esa dan Yang harus di junjung Tinggi Harkat Serta Martabanya tanpa membeda – bedakan Agama, Suku dan Budaya keturunan.





Jadi bila ada sebuah pertanyaan sebutkan makan sila kedua pancasila ialah inilah jawabannya : Berdasarkan Nilai Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab salah satu mewujudkan bahwa insan mengakui dan di perlakukan sesuai dengan harkat dan mertabannya sebagai mahluk yang paling tepat di bandingakn makluk – mahluk lainnya yang telah di ciptakan Tuhan yang Maha Esa.





Dengan berlandaskan Nilai Tersebut dan di kembangkan dengan sikap saling menyayangi antar sesama manusia, Mempunyai sikap tegang rasa dan sikap tidak semaunya terhadap orang lain apa lagi terhadap sesama insan yang memeluk agama Islam.





Manusia yang mempunyai sikap adil dan beradap berarti mereka menjujung tinggi Nilai – Nilai Yang kemanusiaan dan mengajarkan untuk saling menhormati harkat dan martabat manusia, Dan menjamin Hak – Hak asasi Manusia.





Baca Juga : Makna Lambang Pancasila





Maka Nilai kemanusiaan yang Adil Dan beradab, sangat banyak membawa implikasi bahwa Negara memperlakukan setiap masyarakat dan Warga Negaraharus mempunyai dasar pengukuhan bahkan harkat serta martabat insan di nilai dari kemanusiaan yang mengalir kepada martabatnya.





Kata Kemanusiaan yang di landas Dasarkan dari kata MANUSIA, Yang artinya Mahluk berbudi yang mempunyai potensi Pikir, Rasa, Karsa Seta Cipta, Kata Kemanusiaan yang di utamakan berarti Sifat Manusia yang sangat merupakan esensi dan identitas Manusia ialah Martabat Ke Manusiaanya.





Adapun kata Beradab yang berasal dari kata “ADAB” yang berarti Budaya, jadi setiap insan yang mepunyai Adab berarti beliau Berbudaya.





Arti ini sangat mengandung bahwa sikap yang Hidup, keputusan, dan tindakan yang selalu berdasarkan Nilai – Nilai dan Budaya.





 Yang mempunyai arti dan pengertian Bahwa Bangsa indonesia sebagaimana yang memeluk Ciptaan Makna Sila Ke 2




Sikap Sila kedua Pancasila





Jadi sikap kemanusiaan yang adil Dan beradab ialah kesadaran Sikap atau perbuatan Manusia yang telah di dasarkan terhadap potensi Hati Nurani Manusia antara hubungan Norma – Norma dan Kebudayaan umumnya, Baik terhadap diri sendiri ataupun sesama insan dan terhadap alam serta Hewan Citaan Tuhan Yang Maha Esa.





Pada dasar dan Prinsipnya Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab ialah salah satu sikap serta perbuatan Manusia yang sesuai dengan Kodrat Dan Hakekat Manusia yang berbudi pekerti, dan berbudaya.





Manusia yang mempunyai Sikap Moral dan tingkah laris yang di dasarkan pada potensi hati Nurani insan dalam menjalakan hubungan dan Norma – Norma serta Budaya yang terkait pada diri sendiri maupun terhadap sesama insan dan Lingkungan.





Pentingnya Sila KeDua





Pancasila Sila Kedua ini Merupakan pandangan hidup bagi bangsa Indonesia sehingga bisa di jadikan fatwa hidup bangsa Indonesia Untuk mencapai kesejahteraan lahir maupun batin Dalam Bermasyarakat Atau Beraneka Ragam.





Kemudian pancasila menjadi jiwa dan keperibadian bangsa negara Indonesia sangat aneka macam Nilai – Nilai yang terkandung dalam Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab Diantaranya :





  • Mampu mengakui dan memperlakukan insan sesuai dengan harkat dan martabatnya
  • Mampu Mengakui persamaan derajat antar sesama mahluk
  • Mampu mengembang sikap saling menyayangi sesama manusia
  • Mampu mengembang sikap tegang rasa
  • mampu menyebarkan sikap tidak semena – mena terhadap orang lain
  • Mampu menjujung tinggi Nilai kemanusiaan
  • Harus berani membela kebeneran




Uraian Makna Sila Kedua





Dengan demikianlah makan negara indonesia yang berdasarkan ketuhanan yang maha Esa, Maka negara memperlihatkan jaminan kebebasan pada setiap penduduk semoga memeluk Agama yang sesuai dengan keyakinan atau beribadah berdasarkan agamanya dan kepercayaanya.





Negara indonesia tidak diperbolehkan adanya kontradiksi yang menyangkut dalam hal ketuhanan yang Maha Esa, Tidak Boleh mempunyai sikap atau perbuatan yang anti ketuhanan yang Maha Esa.





Maka Sila yang berlandaskan sikap kemanusiaan yang adil dan beradap, ya itu mahluk yang berbudi pekerti dalam potensi insan menduduki martabat yang tinggi dengan akan dan budaya manusia.





Baca Juga : Makna Sila Ke 1





Untuk menimbulkan kebudayaan yang tinggi dengan Hati Nurani, Manusia harus menyadari Bahwa Nilai – Nilai dan Norma – Norma yang adil sangat mengandung arti Bahwa suatu keputusan dan tindakan di dasarkan atas Norma yang obyektif dan Subyektif.





Jadi Kemanusiaan yang adil dan beradabmerupakan salah satu sikap dan kesadaran dalam perbuatan insan yang didasarkan kepada potensi insan dalam suatu hubungan beragama. Dalam Sila Kedua ini juga bahwa kemanusiaan yang adil dan beradab sudah tersimpul dalam sebuah cita – cita Kemanusiaan yang sangat lengkap untuk mewujut kan sikap yang adil dan beradap.





Contoh Sikap Makna Sila Ke 2 Pancasila





Berikut ini pembahasan pola sikap dalam kehidupan, ihwal makna yang tercantum Sila Kedua kemanusiaan yang adil dan beradab sebagai berikut :





  1. Dalam menghotmati Hak – Hak orang Lain : Kita sebagai mahluk Alloh yaitu Manusia memang di ciptakan dengan hak Masing – Masing yang menempel pada diri sendiri, maka kita dihentikan hanya memikirkan kepentingan Diri kita sendiri tanpa memikirkan orang lain. Misalnya dalam kehidupan sehari – hari kita juga punya Hak untuk kenyamanan Hidup dengan mendengarkan Musik, Dengan posisi tersebut kita juga harus ingat orang lain atau tetangga mempunyai hak juga untuk kenyaman Hidupnya.
  2. Dalam Bertindak Adil : Kita Manusia juga harus mempunyai Sikap yang adil sepenuhnya dalam menjalankan hidup sehari – hari, adil yang di maksud disini ialah adil dalam tindakan moral bukan dalam tindakan Ekonomi.
  3. Dalam menandakan Sikap Sopan Santun : Sopan Santun bukan hanya di tunjukan kepada orang yang lebih bau tanah dari kita bahkan kepada anak – anak juga kita harus mempunyai sikap sopan santun, bahkan bisa juga kepada semua orang atau kepada Hewan Ciptaan Tuhan yang Maha Esa.
  4. Dalam menghargai Pendapat Orang Lain : Sebagai mana mestinya kita dihentikan menuntut untuk selalu di hargai orang lain atas pendapat kita, Apa bila kita ingin di hargai orang lain maka kita juga harus menghargai orang lain. Untuk memaksakan Kehendak Kita kepada Orang Lain maka kita dihentikan melaksanakan apa yang kita inginkan itu sesuatu perbuatan yang salah.
  5. Dalam Membela kebenaran : kita harus mengerti ihwal kebenaran yang ada, Dan di tengah – tengah problem yang akan terjadi walaupun ada Resiko yang akan menimpa kita. seumpamanya kita mengetahui seseorang yang melaksanakan kecurangan ketika ujian, Maka kita harus melaksanakan bencana tersebut kepada ketua pelaksana.




Baca Juga : Makna Sila Ke 3





Maka Berdasarkan pola – pola yang terkandung di atas kita harus bisa menyimpulkan apakah Nilai Pancasila Kedua sudah kita terapkan dalam menjalankan kehidupan sehari – hari dalam bermasyarakat.





Dapat kita lihat dari fakta yang telah terjadi di dalam kehidupan sehari – hari melalui dari petinggi sampai masyarakat lapisan Bawah.





Maka arti itu kita sebagai rakyat indonesia kita juga wajib untuk mengamalkan masing – masing Nilai Yang Ada dalam Sila pancasila, Oleh alasannya ialah itu negara ini akan menjadi negara yang sangat bermanfaat dan bermatabat melalui rakyat nya. Ini lah pembahasan ihwal Makna Sila Kedua Pancasila Semoga membatu anda dan Bermanfaat Bagi Kita Semua…. Amiin





Itulah pembahasan bahan makalah makna sila ke 2 pancasila dan misalnya dalam kehidupan sehari-hari dalam berbangsa dan bernegara, semoga bermanfaat…





Baca Juga : Makna Sila ke 4 dan Makna Sila ke 5


Advertisement

Iklan Sidebar