Info Populer 2022

Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis Sempurna
Metamorfosis Sempurna

Rumus.co.id – Berikut ini kita akan membahas mengenai metamirfosis tepat pada hewan. Siklus binatang berbeda-beda, kita akan membahas beberapa binatang di bawah ini.


Pengertian Metamorfosis Sempurna


Metamorfosis tepat yaitu proses perkembangan biologi yang berubah bentuk dari masa ke masa seiring waktu, perubahan berikut yaitu fungsi organ-organ badan yang tepat makhluk hidup.


Ada juga makhluk hidup mengalami perkembangan yang tidak masuk akal atau melangkah ke step selanjutnya bisanya di sebut metamorphosis tidak sempurna. Kali ini kita akan membahas mengenai metamorfosis sempurna.


Metamorfosis tepat berkembang menurut step dan waktu yang seharusnya. Sehingga proses pertumbuhan makhluk tersebut mengalami pertumbuhan atau metamorfosis yang sempurna. Jika sudah mengikuti step dan waktu yang sudah di menetapkan maka dipastikan makhluk tersebut tidak cacat.


Pada umumnya pertumbuhan makhluk hidup juga sama menyerupai manusia. Awal mula dari sel telur dan spermatozoid atau proses pembelahan diri. Tahap selanjutnya membelah sel terus menerus sampai membentuk suatu organ-organ. Yang membedakan dengan makhluk hidup yaitu prosesnya berbeda sebab binatang ada tahapan sendiri per masing-masing organ.


Gambar Metamorfosis Sempurna


Perhatikan metamorfosis tepat pada serangga di bawah ini.


 Berikut ini kita akan membahas mengenai metamirfosis tepat pada binatang Metamorfosis Sempurna


Metamorfosis umumnya terjadi dengan fase yang berbeda, menyerupai telur, larva, pupa juga nimfa. seringkali juga tanpa fase pupa atau nimfa dan berakhir menjadi makhluk hidup remaja atau imago. Berikut ini yaitu penjelasannya.


1.      Telur


Telur yaitu cikal bakal makhluk hidup untuk terus berkembang sampai menjadi dewasa. Sel telur akan terus berkembang menjadi zigot sesudah pembuahan spermatozoid dan sel telur. Betina akan mengeluarkan dan meletakkan telur-telurnya di kawasan yang kondusif dari predator dan terus memantau perkembangannya. Misalnya nyamuk akan meletakkan di dalam air menyerupai katak juga. Kupu-kupu akan meletakkan telurnya di daunan.


2.      Larva


Setelah telur menetas maka akan berbentuk larva atau binatang muda. Pada metamorfosis serangga niscaya akan mengalai step ini. Bentuk larva berbeda-beda pada setiap hewannya. Misalnya bentuk larva nyamuk berupa jentik-jentik. Larva belum mempunyai organ tubuh.


3.      Nimfa


Nimfa yaitu perkembangan dari larva, tetapi masih berukuran kecil sebelum menjadi dewasa. Bagian-bagian organ akan terbentuk dan berkembang. Bentuk nimfa hanya ada pada metamorfosis tidak sempurna.


4.      Pupa


Pupa biasanya di sebut dengan kepompong. Kepompong tidak makan dan minum dan dilindungi oleh kerangka luar yang di sebut kokon. Didalam kokon binatang ini akan terus berkembang membentuk organ-organ dan menyempurnakannya. Walaupun tidak makan tetapi pada ketika ini mempunyai cadangan masakan yang banyak.


5.      Imago


Imago yaitu sesudah kepompong, fase ini sudah waktunya keluar dari kokon dan menjadi dewasa. Imago mempunyai habitat dan cara makan yang berbeda dengan ketika masih berbentuk larva.


Contoh Metamorfosis Sempurna


1.      Katak


 Berikut ini kita akan membahas mengenai metamirfosis tepat pada binatang Metamorfosis Sempurna


Berikut ini yaitu metamorfosis tepat katak. Katak bermula dari telur akan berkembang menjadi embrio sesudah embrio berkembang menjadi kecebong yang masih di air. Setelah itu berkembang berbentuk kaki dua dan ada ekor di belakangnya. Terus akan berkembang sampai menjadi katak muda. Seiring berkembang menjadi katak dewasa.


2.      Kupu-Kupu


 Berikut ini kita akan membahas mengenai metamirfosis tepat pada binatang Metamorfosis Sempurna


Siklus hidup kupu-kupu dari telur lalu menjadi larva sesudah larva pupa atau biasa di sebut kepompong. Setelah kepompong akan berkembang berbentuk kupu-kupu yang indah.


3.      Nyamuk


 Berikut ini kita akan membahas mengenai metamirfosis tepat pada binatang Metamorfosis Sempurna


Metamorfosis nyamuk dari telur di dalam air dan berkembang membentuk larva yaitu jentik-jentik. Setelah itu pupa dan seterusnya akan berkembang menjadi nyamuk dewasa.


Baca Juga:



Metagenesis Tumbuhan Paku (Pteridophyta)


Tumbuhan Paku – Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh



Demikian klarifikasi mengenai metamorphosis tepat dari pengertian, gambar dan contoh. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta isu anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


Advertisement

Iklan Sidebar