Info Populer 2022

Pasar Monopoli – Pengertian, Contoh, Ciri Ciri Dan Karakteristik

Pasar Monopoli – Pengertian, Contoh, Ciri Ciri Dan Karakteristik
Pasar Monopoli – Pengertian, Contoh, Ciri Ciri Dan Karakteristik

Pasar monopoli ialah ? Sebelum masuk kedalam pembahasan, bahan yang akan dibahas yaitu pengertian, contoh, ciri ciri dan karakteristik pasar monopoli yang akan dijelaskan dibawah ini secara lengkap. Simak penjelasannya gaes!


Pengertian Pasar Monopoli


Pasar Monopoli berasal dari bahasa Yunani yang berarti (monos/menjual) ialah suatu jenis pasar persaingan tidak tepat dimana hanya terdapat satu penjual atau produsen yang menguasai pasar dalam melayani semua konsumen. Penentu pada pasar ini yaitu seorang penjual atau disebut juga sebagai “monopolis”.


Dalam hal ini, dikala produsen gres yang masuk kedalam pasar monopoli umumnya belum sanggup menyaingi produsen lama. Dengan begitu akan terjadi suatu monopoli murni pada dalam pasar yang dikuasai oleh satu produsen.


Produsen atau penjual didalam pasar ini umumnya tidak memerlukan sebuah promosi terhadap produk utamanya yang dijual alasannya ialah sudah dikenal konsumen secara luas. Biasanya melaksanakan promosi yaitu dalam bentuk pemasaran produk-produk baru.


Kemudian, produsen biasanya telah membentuk sebuah hak cipta (hak paten) dan hak ekslusif dalam produk mereka. Hal ini sanggup membuat perusahan lain yang mempunyai jenis sama tidak sanggup berkembang.


Tetapi untuk sanggup bertahan dan menguasai pasar, produsen pada pasar monopoli dituntut dalam selalu menyediakan produk berkualitas, pelayanan yang baik, memilih harga yang sesuai dengan produk, dan melaksanakan penemuan terhadap produknya biar konsumen selalu tertarik.


 bahan yang akan dibahas yaitu pengertian Pasar Monopoli – Pengertian, Contoh, Ciri Ciri dan Karakteristik
image pasar monopoli

Contoh Pasar Monopoli


Pasar monopoli sanggup dibedakan kedalam dua jenis, Sebagai berikut:



  1. Pasar Monopoli Murni atau Pure Monopoly ialah suatu bentuk pasar yang sanggup dibilang sangat berbahaya misalnya menyerupai PLN, PT Kereta Api dan PAM.

  2. Pasar Near Monopoly atau pasar yang mendekati monopoli ialah suatu pasar yang terdapat pada satu orang produsen saja. Contohnya menyerupai penjual bakso di sebuah daerah sanggup disebut sebagai monopoli murni dalam daerah tersebut. Tetapi, akan menjadi near monopoly kalau terdapat produsen lain yang berjualan bakso yang serupa.


Ciri Ciri Pasar Monopoli


Mengetahui ciri-ciri pasar monopoli sanggup dengan gampang dalam memperhatikan karakteristiknya. Berikut ciri-ciri pasar monopoli yang akan dijelaskan dibawah ini:


1. Hanya Ada Satu Produsen

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pada pasar monopoli hanya terdapat satu produsen atau penjual. Dalam hal ini, maka harga akan ditentukan oleh produsen tanpa terpengaruh oleh konsumen.


Dengan begitu, produsen atau penjual mempunyai hak dalam memilih harga (price maker) dan memonopoli pasar. Tetapi, tentu saja produsen akan memilih harga pada produk yang mereka jual sesuai dengan kualitasnya.


2. Barang yang Diproduksi Tidak Ada Substitusi

Produk yang dijual yaitu barang yang diperlukan para masyarakat luas dan tidak mempunyai barang penggantinya (substitusi) yang serupa. Kemudian, tidak ada perusahaan yang menyediakan produk substitusinya dengan baik, sehingga untuk produsen pasar monopoli akan mendapat aneka macam undangan oleh konsumen.


3. Produsen Baru Sulit Masuk Kedalam Pasar Monopoli

Produsen gres yang gres masuk kedalam pasar monopoli akan mengalami kendala atau rintangan. Ada beberapa hambatannya dibawah ini:



  • Pembatasan legalitas yang telah diatur pada undang-undang

  • Hambatan teknologi tinggi sehingga akan sulit membuat barang yang serupa.

  • Hambatan modal yang besar dalam membuat produk yang sejenis.


4. Produsen Menjadi Penentu Harga

Didalam pasar monopoli ini produsen mempunyai tugas sebagai penentu harga (price maker). Tetapi, produsen tidak sanggup mempengaruhi harga dan output terhadap produk lain yang dijual pada perekonomian.


5. Produsen Tidak Melakukan Promosi

Produsen tidak diharuskan melaksanakan promosi atau mengiklankan pada merk perusahaannya, dikarenakan sudah menjadi penguasa pasar monopoli. Para konsumen terpaksa harus membeli kepada produsen alasannya ialah tidak terdapat barang alternatif.


Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopoli


Pada semua jenis pasar pastinya akan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sama halnya pada pasar monopoli ini. Berikut kelebihan dan kekurangan pasar monopoli dibawah ini:


1. Kelebihan Pasar Monopoli



  • Produsen sanggup mempertahankan posisinya menjadi penguasa pasar monopoli, yakni dengan cara melaksanakan terus penemuan dan berkreasi terhadap produk dan pelayanannya.

  • Umumnya pada pasar monopoli tidak ada persaingan yang tidak sehat alasannya ialah dalam hal ini pasar hanya dikuasai dengan satu produsen saja.

  • Adanya sistem hak cipta atau hak paten dalam pasar monopoli di suatu produk akan membuat perusahaan lain termotivasi dalam membuat produk gres yang sanggup bersaing pada produk tersebut.

  • Pasar monopoli yang dipunyai oleh instansi pemerintah atau negara akan memudahkan pada proses pemenuhan kebutuhan atau dalam kepentingan masyarakat umum.


2. Kekurangan Pasar Monopoli



  • Didalam monopoli pasar akan terjadinya pasar gelap dan transaksi ilegal alasannya ialah pada barang-barang atau produk tersebut sulit didapatkan atau harganya yang terlalu mahal.

  • Produsen sanggup semena-mena pada konsumen alasannya ialah kekuatannya mutlah, misalnya sanggup memilih harga barang terlalu mahal.

  • Konsumen pada pasar ini tidak berkeinginan secara penuh alasannya ialah tidak terdapat pilihan barang alternatif.

  • Produsen sanggup melaksanakan eksploitasi alasannya ialah ingin mendapat banyak laba pada produk mereka.


Demikian pembahasan mengenai pasar monopoli, mohon maaf kalau ada kesalahan dalam penulisan dan pembahasan diatas. Semoga bermanfaat🙂


Baca Juga :



Advertisement

Iklan Sidebar