Info Populer 2022

Rumus Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai + Pola Soal

Rumus Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai + Pola Soal
Rumus Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai + Pola Soal

Rumus.co.id – Setelah sebelumnya kita membahas tentang rumus peluang kali ini kita akan membahas materi perihal rumus perbandingan, kita akan jabarkan secara detail dan lengkap dari mulai dari pengertian, beserta referensi soalnya.


Pengertian


Didalam pelajaran matematika terdapat materi pembelajaran mengenai perbandingan. Materi perbandingan juga termasuk kedalam golongan aritmatika. Maka dari itu perbandingan sanggup diartikan sebagai perjuangan membandingkan dua objek atau lebih dengan memakai rumus perbandingan yang tepat.


Rumus perbandingan mempunyai referensi soal perbandingan yang sanggup membantu anda dalam menguasai materi ini. Biasanya dalam soal perbandingan terdapat perselisihan umur, berat badan, tinggi badan, nilai pelajaran dan lain sebagainya. Perbandingan matematika sanggup dibagi menjadi 2 yakni perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai.


Perbandingan merupakan upaya yang dilakukan untuk membandingkan antara dua hal atau lebih, baik dalam bentuk jumlah maupun ukuran. Perbandingan tersebut ialah nilai kepingan yang disederhanakan. Maka nilai perbandingan sanggup diibaratkan antara a dan b atau x dan y. Dalam rumus perbandingan senilai ataupun berbalik nilai sanggup diselesaikan dengan cara aritmatika.


Perbandingan senilai mepunyai nilai tetap yang sama, sedangkan perbandingan berbalik nilai mempunyai nilai tetap walaupun terbalik. Untuk rumus perbandingan antara ke-2 jenis tersebut berbeda. Sehingga soal perbandingan dan pengerjaannya juga berbeda.


Apabila kita lebih mendalami dan memahami materi ini, maka akan sangat mempunyai kegunaan dalam kehidupan kita sehari hari. Contohnyanya membandingkan jarak kota A dan kota B, membandingkan nilai anak A maupun B, dan sebagainya.


 Setelah sebelumnya kita membahas tentang  Rumus Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai + Contoh Soal
rumus perbandingan


Rumus Perbandingan


Rumus Perbandingan Senilai


Perbandingan senilai merupakan upaya membandingkan dua objek atau lebih dengan besar salah satu nilai variabel yang bertambah maka menciptakan variabel lain menjadi bertambah juga. Maka perbandingan senilai memmiliki jumlah nilai variabel yang sama.


Contohnya jumlah barang yang dibeli dengan jumlah harga barang, jumlah nilai tabungan dengan waktu menyimpan, jumlah pekerja dengan honor pekerja, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya sanggup kita simak rumus perbandingan senilai dibawah ini ;


 Setelah sebelumnya kita membahas tentang  Rumus Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai + Contoh Soal
rumus perbandingan senilai



Berdasarkan rumus perbandingan diatas kita sanggup disimpulkan bahwa nilai a1 sama dengan nilai b1 dan nilai a2 sama dengan nilai b2.

Perbandingan Berbalik Nilai


Berikutnya terdapat juga rumus perbandingan berbalik nilai. Perbandingan berbalik nilah merupakan upaya membandingkan dua objek atau lebih dengan besar nilai salah satu variabel yang bertambah maka menciptakan variabel lain menjadi berkurang nilainya.


Misalnyanya jumlah binatang dengan waktu masakan habis, jumlah pekerja dengan waktu menuntaskan pekerjaan dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya sanggup kita simak rumus perbandingan berbalik nilai dibawah ini ;


 Setelah sebelumnya kita membahas tentang  Rumus Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai + Contoh Soal
rumus perbandingan berbalik nilai



Berdasarkan rumus perbandingan diatas sanggup kita disimpulkan bahwa nilai a1 berbalik nilai dengan b2 dan nilai a2 berbalik nilai dengan b1.

Contoh Soal Perbandingan


Contoh Soal 1


1. Dalam pembuatan bak dilakukan oleh 8 pekerja dengan honor seluruh pekerja sebesar Rp 200.000. Tetapi pemilik bak ingin mempercepat pembuatan maka dari itu menambahkan 4 orang lagi. Berapa jumlah honor aksesori yang harus dikeluarkan pemilik bak ?


Jawab ;

Diketahui ; a1 = 8 = b1 = 200.000; a2 = 4

Ditanya ; b2 = ?

Maka nilai b2

      a1/b1  = a2/b2 (Lihat pada rumus perbandingan senilai)

8/200.000 = 4/b2 (Lakukan pengalian nilai secara menyilang)

      8 x b2 = 200.000 x 4

            b2 = 800.000/8

            b2 = 100.000

Jadi jumlah honor tambahannya ialah sebesar Rp 100.000


Contoh Soal 2


2. Pada suatu rumah dibangun dalam waktu 20 hari dengan jumlah pekerja 8 orang. Dan apabila pemilik rumah tersebut ingin mempercepat waktunya menjadi 16 hari. Berapakah jumlah pekerja yang harus ditambah oleh pemilik rumah ?



Jawab ;



Diketahui ; a1 = 20; b1 = 8; a2 = 16

Ditanya ; b2 = ?

Maka nilai b2

a1/b2  = a2/b1 (Lihat ihat rumus perbandingan berbalik nilai)


   20/b2 =  16/8 (Lakukan pengalian nilai secara menyilang)


  20 x 8 = 16 x b2

        b2 = 160/16

        b2 = 10

Jadi pekerja harus ditambah ialah sebanyak 10 orang.



Contoh Soal 3




3. Pada pasar tradisional terdapat apel 8 kg dengan harga 40.000. Maka berapakah harga untuk 10 kg apel?


Jawab ;


Diketahui ; a1 = 8; b1 = 40.000; a2 = 10

Ditanya ; b2 = ?

Maka nilai b2

    a1/b1  = a2/b2 (Lihat pada rumus perbandingan senilai)


8/40.000 = 10/b2 (Lakukan pengalian nilai secara menyilang)

    8 x b2 = 10 x 40.000

          b2 = 400.000/8

          b2 = 50.000

Jadi harga 10 kg apel ialah Rp 50.000,-



Inilah tadi pembahasan lengkap mengenai materi perihal rumus perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai, Semoga bermanfaat…



Artikel Lainnya : 


Advertisement

Iklan Sidebar