Info Populer 2022

Pengertian Pantai Yaitu : Manfaat, Ciri-Ciri, Dan Contoh

Pengertian Pantai Yaitu : Manfaat, Ciri-Ciri, Dan Contoh
Pengertian Pantai Yaitu : Manfaat, Ciri-Ciri, Dan Contoh

Pantai yakni – Bentuk geografis yang terdiri dari pasir, dan ada di wilayah pesisir laut. Berikut ini yakni klarifikasi lengkap mengenai pantai yang mencakup pengertian, pantai, manfaat, ciri-ciri dan tumpuan pantai. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini


 Bentuk geografis yang terdiri dari pasir Pengertian Pantai Adalah : Manfaat, Ciri-Ciri, dan Contoh
Pengertian pantai


Pengertian Pantai


Pantai terjadi lantaran adanya sebuah gelombang yang menghantam tepi daratan tanpa henti, sehingga mengalami pengikisan, gelombang penghancur tersebut yang dinamakan dengan gelombang destruktif.


Pantai adalah suatu wilayah perbatasan antara daratan dengan lautan. Batas pantai ini bisa ditemukan pengertiannya di dalam UU No. 27 Tahun 2007


Yang dimaksud dengan batas pantai yakni daratan sepanjang tepian yang lebarnya proporsional dengan bentuk serta kondisi fisik pantai, minimal 100 meter dari titik pasang tertinggi ke arah darat.


Pantai terdiri atas pantai landai dan pantai curam.



  • Pantai landai yaitu pesisir ataupun tepi laut yang daratannya menurun bertahap ke arah laut. Pantai landai umumnya ada di pantai-pantai utara Pulau Jawa ibarat contohnya Pantai Ancol dan Binaria di Jakarta.

  • Pantai curam yaitu pesisir atau tepi laut yang terjal. Misalnya pantai curam pantai-pantai di selatan Pulau Jawa ibarat Pantai Pacitan di Jawa Timur.


Definisi pantai berdasarkan kamus besar bahasa indonesia


(1) Tepi laut, pesisir,

(2) Perbatasan daratan dengan laut atau massa air lainnya dan bab yang sanggup efek dari air tsb,

(3) Daerah pasang surut di pantai antara pasang tertinggi dan surut terendah,

(4) Landai.


Garis pantai adalah batas pertemuan yaitu antara bab laut dan daratan saat terjadi air laut pasang tertinggi.


Garis laut bisa berubah lantaran adanya abrasi, yaitu pengikisan pantai alasannya hantaman gelombang laut yang mengakibatkan berkurangnya areal daratan. Ada beberapa langkah penting yang bisa dilakukan dalam mengamankan garis pantai ibarat contohnya pemecah gelombang dan pengembangan vegetasi di pantai.


Untuk mengatasi pengikisan atau penggerusan garis pantai dari gelombang ombak sanggup digunakan pemecah gelombang yang berfungsi untuk memantulkan kembali energi gelombang. Banyak cara yang digunakan guna memecahkan gelombang di antaranya yaitu dengan menggunakan tumpukan tetrapod yang terbuat dari beton pada jarak tertentu dari garis pantai.


Manfaat Pantai


Berikut yakni manfaat pantai yang sudah kami rangkum dari aneka macam sumber



  1. Menjadi tempat areal tambak garam

  2. Daerah pertanian pasang surut

  3. Wilayah perkebunan kelapa dan pisang

  4. Menjadi tempat objek pariwisata

  5. Daerah pengembangan industri sebuah kerajinan rakyat yang bercorak khas kawasan pantai


Ciri-Ciri Pantai


Berikut yakni Ciri-Ciri Pantai



  1. Memiliki garis pantai yang permanen dan juga terjaga dengan baik.

    Garis pantai yang dimaksud disini yakni wilayah ataupun batasan yang memisah antara daratan dan lautan.

  2. Tanah yang berpasir. Akibat ekosistem pantai kerikil ini mempunyai tanah yang berpasir, maka mengakibatkan tanah tersebut mempunyai kandungan unsur hara yang minim (karena tanag mempunyai pori- pori besar) dan mempunyai permeabilitas tanah yag sangat baik.

  3. Terdapat tumbuhan yang mempunyai akar napas yang berfungsi untuk menyesuaikan diri alasannya didaerah pasang laut itu berlumpur.

  4. Memiliki muara

  5. Terdapat ekosistem mangrove di sekitar pantai yang mempunyai fungsi sebagai penahan ombak laut yang bisa mengikis pesisir dari pantai tersebut .


Contoh Pantai


Sebagai negara kepulauan, Indonesia sudah dianugerahi jutaan lautan dan pantai yang begitu sangat memesona. Kita sebagai orang Indonesia, seharusnya bisa menjelajahi keindahan laut yang ada didalam negeri, sebelum ke luar negeri. Dari sekian banyak pulau yang indah, berikut yakni beberapa di antaranya


Nihiwatu Beach, Sumba, Nusa Tenggara Timur


 Bentuk geografis yang terdiri dari pasir Pengertian Pantai Adalah : Manfaat, Ciri-Ciri, dan Contoh
Nihiwatu Beach


pantai ini berada pada nomor 17 untuk pantai terbaik di dunia berdasarkan sebuah situs terkemuka ! Letaknya tersembunyi di balik sebuah hutan. Pantai sepanjang 2,5 kilometer ini dianggap nirwana yang belum terjamah


Pink Beach, Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur


 Bentuk geografis yang terdiri dari pasir Pengertian Pantai Adalah : Manfaat, Ciri-Ciri, dan Contoh
Pink Beach


Pantai berpasir warna pink ini amat terang dan sangat unik juga spesial. Warnanya pink alasannya pasir putih telah bercampur dengan pasir merah. Pantai dengan pasir yang romantis ini hanya ada tujuh di dunia, dan yang tercantik ada di negara Indonesia


Pulau Weh, Aceh


 Bentuk geografis yang terdiri dari pasir Pengertian Pantai Adalah : Manfaat, Ciri-Ciri, dan Contoh
Pulau Weh


Pulau ini yakni titik paling barat Tanah Air kita, atau yang disebut Sabang. Pulau yang sangat kecil ini mempunyai tiga pantai yang luar biasa indahnya yaitu : Anoi Itam, Gapang, dan Iboih.


Raja Ampat, Papua Barat


 Bentuk geografis yang terdiri dari pasir Pengertian Pantai Adalah : Manfaat, Ciri-Ciri, dan Contoh
Raja Ampat


Keindahan Raja Ampat sudah populer sampai level dunia. Pesonanya memang amat luar biasa. Kalau tadi yakni titik barat negara Indonesia, Papua menjadi titik timur negara Indonesia. Sepertinya tak perlu dijelaskan lagi keindahan tempat ini. karna terang ini yakni anugrah terindah yang masih kita miliki


Demikianlah pembahasa mengenai pantai, Semoga bermanfaat


Artikel Lainya  :



Advertisement

Iklan Sidebar