Info Populer 2022

Pengertian Seni Rupa, Unsur Dan Macam-Macam Seni Rupa

Pengertian Seni Rupa, Unsur Dan Macam-Macam Seni Rupa
Pengertian Seni Rupa, Unsur Dan Macam-Macam Seni Rupa

Rumus.co.id – Kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian Seni Rupa, Macam dan Unsur Seni Rupa. Seni rupa bertujuan untuk memperlihatkan keindahan dan daya jual yang tinggi kepada seniman. Berikut ini klarifikasi lengkap mengenai seni rupa.


Pengertian Seni Rupa


Pengertian seni rupa yaitu cabang seni yang berbentuk karya seni dengan memakai media tangkap mata, dan dirasakan (raba). Seni rupa yaitu hasil ciptaan yang berkualitas tinggi dan mempunyai daya jual yang tinggi pula. Seni rupa merupakan keindahan  alam dan objek-objek tertentu beserta struktur yang di gunakan.


Seni rupa membuat keindahan dan memanjakan mata. Dalam ini karya yang di sugukan akan di sebut seni. Semua orang bisa membuat karya seni yang indah. Namun ada kemampuan yang berbeda, ada juga yang berbakat dalam hal seni.


Seni bukan hanya berbentuk gambar dan patung namun ada seni musik dan bernyayi. Seni musik sebagai pola bermain gitar, gendang dan biola.


 Kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian Seni Rupa Pengertian Seni Rupa, Unsur dan Macam-Macam Seni Rupa


Unsur Seni Rupa


Unsur seni rupa yaitu beberapa elemen yang di gunakan untuk membangun seni rupa yang indah. Dalam hal ini ada beberapa unsur seni rupa yang wajib di ketahui oleh seniman. Berikut ini yaitu unsur-unsur seni rupa antaralain:


1.      Titik


Titik merupakan unsur seni rupa paling mendasar, dari titik tersebut akan muncul inspirasi atau gagasan yang sanggup membentuk garis, bidang dan garis. Membentuk gambar memakai kombinasi titi dari banyak sekali ukuran di sebut dengan pointilisme.


2.      Garis


garis merupakan kumpulan dari beberapa titik. Berdasarkan jenisnya garis di bedakan dari garis lurus, Panjang, pendek, melengkung, vertical, horizontal, diagonal, patah-patah, serial, dan berombak. Pada setiap garis mengakibatkan kesan yang berbeda-beda. Misalnya garis lurus memperlihatkan kesan tegak dan keras, garis patah-patah menimbuklan kesan kaku, garis lengkung mengakibatkan lembut dan lentur.



  • Garis halus, melengkung-melengkung berirama mengesankan kelembutan kewanitaan.

  • Garis miring, melambangkan akan kegoncangan, gerak, tidak stabil.

  • Garis tegak melambangkan keagungan, kestabilan.

  • Garis tegas, kuat, terpatah-patah mengesankan atau melangmbangkan kekuasaan.


3.      Bidang


Bidang yaitu unsur seni rupa yang membuatkan garis, bisa juga disebut mempertegas. Biasanya unsur bidang di aplikaikan di tepi gambar.


4.      Bentuk



  1. Bentuk yaitu unsur seni rupa gabungan beberapa bidang:


Bentuk Geografis, ialah bentuk yang terdapat ilmu ukur seperti


Bentuk kubistis, contohnya kubus dan balok


Bentuk silindris, contohnya tabung, bola dan kerucut.



  1. Bentuk Nongeometris yaitu bentuk yang menggandakan bentuk alam, menyerupai hewan, insan dan tumbuhan.


3.      Ruang


Ada perbedaan antara seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi. Pada seni rupa dua dimensi ruang bersifat semu sedangkan dalam tiga dimensi bersifat nyata.


4.      Warna


Warna yaitu unsur seni rupa yang mengakibatkan kesan dan pantulan cahaya. Warna merupakan komponen yang sangat penting dalam seni rupa. berikut ini yaitu kelompok warna:



  • Warna Primer yaitu warna dasar yang terdiri dari warna merah, kuning dan biru.

  • Warna Sekunder yaitu warna sanggup dari adonan dua warna primer.

  • Warna Tersier yaitu warna didapat dari pencampuran warna sekunder

  • Warna Analogus yaitu formasi warna, di dalam suaru bundar dan berdampingan

  • Warna Komplementer yaitu warna yang kontras dan letaknya bersebrangan yang dibuat dalam satu bundar warna.


5.      Tekstur


Tekstur yaitu unsur seni rupa dalam permukaan bidang. Setiap benda mempunyai tekstur yang berbeda-beda tergantung pementingan garis dan pewarnaan. Ada terkstur yang tidak sesuai dengan penglihatan di sebut tekstur semu.


6.      Gelap Terang


Gelap terang yaitu unsur seni rupa yang memperlihatkan imbas natural pada pewarnaan. Pengaplikasian gelap terang pada dimensi di sebut gradasi warna.


Macam-Macam Seni Rupa


Ada beberapa macam-macam seni rupa yaitu senirupa menurut wujudnya, masanya, dan fungsinya. Berikut yaitu penjelasannya.


Macam-Macam Seni Rupa Berdasarkan Wujudnya


Seni rupa dua dimensi yaitu seni rupa yang sanggup di lihat dari dua sisi yaitu Panjang dan lebar, contohnya lukisan, gambar, sketsa, batik dan ilustrasi.


Seni rupa tiga dimensi yaitu seni rupa yang sanggup di lihat dari 3 sisi yaitu Panjang, lebar, dan tinggi. Seni rupa tiga dimensi mempunyai volume. Misalnya patung, kriya, dekorasi, bangunan dll.


Macam-Macam Seni Rupa Berdasarkan Massanya


Seni Rupa tradisional yaitu seni rupa yang di buatnya memakai pola, aturan, dan pakem. Seni rupa tradisional di buat berulang-ulang dan tanpa merubah bentuk aslinya. Seni ini bersifat turun temurun dari nenek moyang terdahulu, hingga kini masih ada bentuk seni rupanya contohnya kendi.


Seni rupa modern yaitu seni rupa kreativitas yang di ciptakan seniman. Hal-hal yang bersifat gres dan belum pernah ada. Misalnya lukisan, patung, kriya dan bangunan.


Seni rupa konteporer yaitu seni rupa di masa sekarang. Karya ini di pengaruhi dalam dunia kini dan bersifat kekinian. Konsisi ini di ciptakan alasannya banyak imajinasi dan fantasi di lakukan oleh seniman-seniman sekarang


Macam-Macam Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya


Seni rupa terapan yaitu seni rupa yang mempunyai tujuan dan praktis. Karya ini di buat untuk kebutuhan contohnya keramik, poster, rumah, dan senjata.


Seni rupa murni yaitu karya seni yang di buat imajinasi pencipta. Kebalikan dari terapan, seni rupa murni tidak memikirkan kegunaannya. Misalnya kerajinan hiasan.


Demikian lah pembahasan mengenai Pengertian Seni Rupa, Unsur dan Macam-Macam Seni Rupa. kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik dan bermanfaat.


Baca Juga :



Advertisement

Iklan Sidebar