Info Populer 2022

Perbedaan Am Dan Pm

Perbedaan Am Dan Pm
Perbedaan Am Dan Pm

Tidak sedikit sebagian orang yang belum mengetahui dari perbedaan AM dan PM, bahkan, ada yang sempat tahu lalu lupa, lantaran sebagian meraka hanya mengingat nya saja tanpa memahaminya. Pada umumnya, AM dan PM dipakai disebuah negara-negara Eropa dan Amerika untuk menunjukan waktu.





Adapun Negara yang berada di daerah tersebut memang menggunakan format 12 jam, untuk membedakan detak waktu antara siang dan malam, namun di Asia, umumnya menggunakan format 24 jam.





Dalam berkembangnya suatu teknologi, penggunaan format waktu dalam 12 jam sudah sering sekali di jumpai, lantaran konsep AM dan PM sanggup pula kita jumpai pada smart phone, komputerjam digital, hingga jam tangan.





Nah, bagi kita yang belum mengetahui perbedaannya sama sekali atau lupa, maka segeralah mengetahui perbedaan tersebut.





Simak klarifikasi dibawah ini untuk mengetahui perbedaan AM dan PM :





Penjelasan AM dan PM





Tidak sedikit sebagian orang yang belum mengetahui dari perbedaan AM dan PM Perbedaan Am dan Pm




Untuk lebih memudahkan kita dalam memahami nya, kami akan menjelaskan secara detail, Penggunaan AM dan PM ketika kita menyebutkan di Indonesia.





Orang Indonesia biasanya cukup menyebutkan angka yang memperlihatkan jam dan angka yang memperlihatkan menit sesuai dengan angka yang tertera pada jam analog yang menggunakan jarum.





Untuk memperlihatkan bahwa jam tersebut pagi, siang, sore, atau malam, kita biasanya cukup menawarkan keterangan embel-embel tersebut sesudah menyebutkan jam.





Konsep AM dan PM lebih dikenal lagi di negara yang penggunaan bahasa Inggris. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan teknologi, tampaknya konsep AM dan PM dalam penunjukan waktu semakin banyak dikenal oleh orang Indonesia.





Konsep AM dan PM ini juga semakin akrab, sesudah jam digital semakin sering dalam pengguna nya. Konsep jam digital sanggup ditemukan di komputer, telepon genggam, dan bahkan jam dinding maupun jam tangan.





Banyak juga sebagian orang yang beranggapan bahwa AM berarti pagi sementara PM berarti sore atau malam. Benarkah demikian tidak ada salahnya untuk mengulik lebih dalam mengenai konsep AM dan PM ini.





Perbedaan AM dan PM





Jika dibagi menurut pembagian periode waktu, maka PM dan AM sanggup dibedakan secara singkat sebagai berikut ini :





  • AM (Ante Meridiem): Digunakan ketika waktu telah memasuki pukul 00.00 hingga pukul 11.59
  • PM (Post Meridiem): Digunakan ketika waktu telah memasuki pukul 12.00 hingga pukul 23.59




Maka pukul 12.00 am telah memasuki waktu di tengah malam, sedangkan pada pukul 12.00 pm menunjukan waktu siang.





Untuk lebih jelasnya simak klasifikasi berikut ini,





Perbedaan AM





AM, ialah abreviasi dari “Ante Meridiem” yang berasal dari bahasa latin, yaitu mempunyai arti “sebelum tengah siang”, selain itu, ada juga yang menyebutkan bahwa AM merupakan abreviasi dari “After Midnight“.





Jadi AM dipakai hanya pertanda waktu antara tengah malam hingga sebelum tengah hari ( jam 12.00/siang ).





Contohnya:





Apabila di negara Indonesia menunjukan waktu 01.00 ( jam 1 siang ), maka ketika diubah ke format waktu 12 jam menjadi 01.00 am.





Tidak sedikit sebagian orang yang belum mengetahui dari perbedaan AM dan PM Perbedaan Am dan Pm




Perbedaan PM





PM, merupakan abreviasi dari kata “ Post Meridiem ” yang berasalkan dari bahasa latin, dan mempunyai arti “setelah tengah siang”, terdapat juga yang menyebutkan dengan Pre Midnight“.





Jadi, PM sanggup dipakai ketika waktu memasuki tengah hari (tengah siang) hingga sebelum tengah malam.





Contohnya :





Apabila waktu telah menunjukan 12.00 ( jam 5 sore), maka ketika diubah dalam format dalam waktu 12 jam menjadi 05.00 pm.





Tidak sedikit sebagian orang yang belum mengetahui dari perbedaan AM dan PM Perbedaan Am dan Pm




Penggunaan AM dan PM





Adapun penggunaan AM dan PM yaitu untuk memperlihatkan urutan waktu namun terkadang menjadikan rasa kebingungan, sebagai contoh, kita mungkin merasa bahwa jam 12 PM yaitu hal yang normal dalam konsep AM dan PM.





Akan tetapi, secara singkat 12 PM sebenar nya tidak masuk logika lantaran ketika itu sudah bukan masa sesudah siang lagi, sama hal nya dengan jam 12 AM yang juga di rasa tidak masuk logika lantaran masa tersebut tidak sebelum tengah siang.





Meskipun menggunakan konsep AM dan PM, sangat disarankan bagi kita untuk menyebutkan waktu – waktu tersebut sebagai tengah malam, dan tengah siang.





Tetapi, kita mungkin sanggup menemukan kebanyakan jam yang digital untuk memperlihatkan jam 12 AM dan 12 PM untuk menunjuk kan tengah malam dan tengah siang.





Arti Waktu 12 Jam AM Dan 12 Jam PM





Jam dinding, yang biasa dipakai banyak orang pada umum nya merupakan jam dinding dengan 12 jam, satu hari memang sudah terdiri atas 12 jam, tetapi juga jam tersebut membagi waktu 24 jam dalam satu hari satu malam atau dalam dua periode 12 jam.





Dari sini lah, kita mengenal beberapa konsep AM dan PM, Am merupakan salah satu abreviasi dari “ante meridiem” yang merupakan bahasa dalam latin, dengan arti “sebelum tengah siang” sedangkan PM merupakan arti dari “ post meridiem ” yang artinya ” sesudah tengah siang “.





Rentangan waktu “ante meridiem” yaitu antara tengah malam (pukul 00.00) dan tengah siang (pukul 12.00).





Sementara itu, rentangan waktu “post meridiem” yaitu antara tengah siang (12.00) hingga tengah malam (pukul 00.00).





Yang masing-masing jam tersebut dalam satu hari, kecuali tengah malam atau tengah siang diberi embel-embel AM maupun Pm. Untuk memilih waktu yang disebutkan di atas ialah merupakan pagi, atau sore, maupun malam.





Sejarah AM dan PM





Ada beberapa Pihak yang menyampaikan bertanggung jawab atas pembagian hari menjadi 24 bagian, yang sama yaitu orang Mesir.





Ada ada pula yang menyatakan bahwa hal diatas di sebabkan oleh orang Mesir, yang menggunakan dasaran jam 12 lantaran mereka menghitung tiga ruas pada jari mereka tanpa ada nya melibatkan jari jempol.





Ada pula yang menyampaikan bahwa pembagian ini telah didasarkan pada penggunan sistem bintang 36 kelompok, yang di sebut sebagai “decans” oleh seorang yang berasal dari Mesir, untuk menyebutkan waktu di malam hari.





Kelompok bintang pada “decans” tersebut cenderung naik ke langit 40 menit sesudah satu bintang yang naik.





Kesimpulan





Dalam penggunaan AM dan PM ini ketika menyebutkan jam mungkin tidak begitu awam di Indonesia, lantaran orang Indonesia biasa nya cukup menyebutkan angka, dan menunjuk kan jam atau angka sekaligus memperlihatkan menit saja.





Sesuai dengan angka yang telah tertera pada jam analog yang menggunakan jarum, untuk memperlihatkan bahwa jam tersebut pagi, atau siang, sore, maupun malam.





Biasanya kita cukup menawarkan keterangan atau embel-embel saj, hal tersebut sesudah menyebutkan jam, adapun konsep dari AM dan PM ini lebih dikenal di negara Inggris.





Akan tetapi, seiring berjalan nya waktu dan perkembangan teknologi, konsep menyerupai AM dan PM semakin banyak dikenal oleh orang Indonesia.





Banyak juga sebagian orang yang beranggapan bahwa AM berarti pagi sementara PM berarti sore atau pun malam.





Benarkah demikian? tentu tidak ada salahnya lantaran konsep AM dan PM ini, memang tidak sering di gunakan dalam kehidupan kita sehari – hari.





Nah itulah Sobat, beberapa klarifikasi perihal perbedaan AM dan PM ini biar kita semua lebih mengerti lagi perihal mengenai waktu – waktu yang ada dalam bentuk Format AM Dan PM.





Semoga dengan klarifikasi dan perbedaan ini lebih menambah nya ilmu pengetahuan kita, dan biar artikel ini menawarkan Manfaat yang luas. Terima Kasih





Baca Juga :






Advertisement

Iklan Sidebar