Info Populer 2022

Perbedaan Efektif Dan Efisien

Perbedaan Efektif Dan Efisien
Perbedaan Efektif Dan Efisien

Mungkin banyak sebagian orang bahkan kita langsung yang belum tahu apa itu Efektif dan efisien. Efektif dan efisien merupakan sebuah dua kata yang sedikit membingungkan, sedangkan di antara keduanya kalimatnya mungkin terdengar mirip, namun mempunyai artian yang berbeda.





Didalam dunia kerja bahkan Bisnis, kata efektif dan efisien mungkin sering sekali digunakan, Penggunaan dua kata tersebut untuk mengukur kinerja seseorang, apakah efektif, atau efisien.





Namun tetapi suatu pekerjaan akan sanggup di katakan sukses jikalau berjalan dengan cara yang efektif dan efisien, pernahkah kita berfikir lebih mendalam apa perbedaan antara efektif dan efisien.





Supaya tidak saling tertukar kedua kata tersebut maka kami akan membahas perbedaan efektif dan efisien secara detail.





Mari simak penjelasannya di bawah ini :





Pengertian Efektif Dan Efisien





Mungkin banyak sebagian orang bahkan kita langsung yang belum tahu apa itu Efektif dan efis Perbedaan Efektif Dan Efisien




Sebuah kata supaya sanggup menjadi Efektif Dan efisien adalah, impian setiap organisasi maupun individu, sebab dengan mencapai kedua hal tersebut maka kita harus mempunyai administrasi waktu yang baik, sehingga kita lebih produktif dalam bekerja.





Tetapi kalau tidak ada pemahaman yang benar perihal arti efektif dan efisien, tentu kita tidak akan sanggup mencapai kedua hal tersebut, berikut masing – masing klarifikasi dari kedua makna tersebut :





Pengertian Efektif Menurut Para Ahli





Pengertian Efektif adalah cara mencapai sesuatu tujuan dengan pemilihan cara yang benar dan sempurna dari beberapa alternatif, yang kemudian mengimplementasikan pekerjaan tersebut dengan sempurna sehingga sanggup mencapai suatu tujuan yang maksimal.





Dengan kata lain, Efektif ialah sebuah perjuangan untuk mendapat target, tujuan, atau hasil yang dibutuhkan dengan waktu yang telah ditetapkan terlebih dahulu, tanpa memperdulikan biaya yang harus dikeluarkan.





Pekerjaan yang efektif bekerjasama dengan suatu perencanaan, penjadwalan dan pengeksekusian keputusan yang tepat, guna suatu pekerjaan sanggup dikatakan efektif jikalau tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya berhasil dicapai sesuai dengan yang diharapkan.





Pengertian Efisien Menurut Para Ahli





Sedangkan pengertian dari kata Efisien yaitu, sebuah cara untuk mencapai tujuan dengan penggunaan sumber daya yang minimal, atau sedikit mungkin namun alhasil sanggup mencapai sasaran yang maksimal. Kuncinya ialah sanggup mengolah sumber daya dengan baik dan hemat sehingga dana, waktu dan tenaga tidak banyak terbuang.





Adapun kata lain efisien mempunyai arti mengerjakan sesuatu dengan rasio terbaik antara hasil dan sumber daya. Efisien juga mengharuskan seseorang untuk menuntaskan suatu pekerjaan secara hemat, cepat, selamat dan sempurna waktu.





Pekerjaan efisien sendiri sanggup direncanakan dengan mengevaluasi, menciptakan perbandingan antara masukan dan pengeluaran yang diterima pada suatu pekerjaan sebelumnya.





Sehingga nantinya sanggup menemukan cara yang efisien atau cara terbaik untuk mencapai suatu tujuan.





Perbedaan Efektif Dan Efisien





PerbedaanEfektifEfisien
ArtiMelaksanakan suatu kegiatan sesuai tujuan dan targetMelaksanakan suatu kegiatan dengan optimal sesuai tujuan dan sasaran (cepat, tepat, hemat)
Memperhatikan Hasil IyaIya
Memperhatikan Waktu tidakiya
Memperhatikan Usaha tidakiya




Perbedaan Efektif





  1. Efektif merupakan perlakuan yang sesuai dengan apa yang di inginkan.
  2. Efisien ialah bekerja yang memakai sumber daya dan energi yang sesuai tanpa adanya pemborosan.




Perbedaan Efisien





  1. Efisien ialah ekonomis biaya tenaga atau pun waktu untuk mendapat suatu hasil yang lebih maksimal lagi.
  2. Efektif ialah sanggup mencapai tujuan yang maksimal dari apa yang di harapkan,




Jadi setiap proses yang efektif belum tentu efisien, bahkan sebaliknya suatu proses yang di katakan efisien belum tentu juga efektif, oleh sebab itu betapa pentingnya menyelaraskan antara efektif dan efisien ini supaya setiap tujuan organisasi atau pun langsung sanggup tercapai dengan baik.





Contoh Efektif Dan Efisien





Pada umumnya, seseorang menginginkan sesuatu hal yang efektif dan efisien. Namun tetapi keduanya tidak selalu beriringan, walau pun terkadang sanggup efektif namun tidak efisien, sedangkan efisien namun tidak efektif, sehingga tidak sanggup di katakan efisien dan tidak juga efektif.





Disini kami akan mengambil pola “Dina hendak mengunjungi Kalimantan di waktu libur kuliah”. Disini kami akan menjelaskan beberapa pola penerapan mana yang efektif dan mana yang efisien.





Contoh Penerapan Efektif





Jika Dina berangkat ke Kalimantan memakai pesawat terbang, maka Dina harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 1.800.000 dengan waktu perjalanan 3 jam.





Dengan begini, Dina melaksanakan kegiatan yang efektif, tetapi tidak efisien. Hal ini dikarenakan Dina mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk menempuh perjalanan ke Kalimantan.





Contoh Penerapan Efisien





Apabila Dina berangkat ke Kalimantan memakai Bus Bisnis seharga Rp. 150.000 dan jarak waktu yang di tempuh Dina 17 jam.





Maka sanggup pula dikatakan bahwa Dina melaksanakan suatu perjalanan yang efisien, tetapi kurang efektif. Hal ini dikarenakan Dina memerlukan waktu yang cukup usang untuk hingga ke tujuannya.





Contoh Penerapan Efektif dan Efisien





Jika Dina menginginkan sesuatu yang efektif dan efisien. Dina juga harus memikirkan harga transportasi yang terbilang cukup murah dengan waktu yang terbilang cepat juga.





Dengan demikian, mungkin Dina sanggup memakai transportasi yang berupa kereta api, yang harganya lebih murah dan durasi waktu tidak terlalu usang juga.





Tips Bekerja Yang Efektif Dan Efisien





Sebagai orang yang menjadikan kinerja sebagai salah satu poin yang sangat penting maka tips perihal bekerja atau pun beraktifitas supaya efektif dan efisien ialah hal yang wajib kita diketahui.





Berikut ialah beberapa hal yang mungkin sanggup menjadi rujukan supaya sanggup bekerja secara efektif dan efisien. Sebenarnya tips di bawah yang akan kami sampaikan tidak merta perihal pekerjaan, tapi sanggup kau gunakan di beberapa kondisi contohnya bagaimana berguru efektif dan efisien, bahwasanya hampir sama cuma beda konteks saja.





Berikut ialah tips bekerja efektif dan efisien :





Menggunakan Skala Prioritas





Sering sekali didalam kehidupan sehari-hari kita dipertemukan dengan kondisi yang harus menentukan sebuah pilihan diantara beberapa pilihan yang penting.





Jika demikian maka memakai skala prioritas ialah hal yang wajib kau pertimbangkan, dengan mempertimbangkan pilihan yang hasilnya segera dibutuhkan sanggup membantu kau dalam menetukan pilihan mana yang sanggup kau ambil.





Aspek ini ialah pecahan dari bekerja efektif, sesuai dengan yang benar-benar kau butuhkan.





Menggunakan Dasar Tingkat Kesulitan





Ketika kau sudah menentukan pilihan yang harus segera kau kerjakan, maka tahapan selanjutnya ialah memutuskan pecahan dari pekerjaan yang sanggup dikerjakan dilihat dari tingkat kesulitaanya.





Delegasi





Saat planning sudah disusun, pilihan sudah ditentukan dan diurutkan bedasarkan tingkat kesulitan, maka selanjutnya ialah eksekusi.





Nah dikala kita berhadapan dengan kondisi seperti seringnya cara kita berpikir ialah pola-pola How.





Maksudnya? Yup itu perihal bagaimana pekerjaan itu sanggup diselesaikan. Ilustrasi sederhana, misalkan kau akan membuka sebuah restoran Padang, kau sebernarnya tidak harus memahami semuanya.





Boleh-boleh saja, tapi tidak wajib bahkan sebaiknya tidak, malah jikalau kau berusaha memahami semuanya mulai dari belanja, memasak, meracik bumbu, mengelola, buka cabang dan seterusnya sanggup menjadikan masalah.





Secara hasil akan jauh lebih efektif dan efisen ketimbang kau kerjakan sendiri.





Susun Rencana





Kebaikan yang tidak bersiklus akan gampang dikalahkan dengan kejahatan yang terencana.





Ungkapan ini terang mengggambarkan gimana begitu pentingnya memulai sesuatu dengan perencanaan. Dengan adanya perencanaan paling tidak sanggup mengurangi resiko kesalahan.





Memang tidak ada jaminan, tapi sebagian besar sesuai yang direncanakan biasanya mempunyai hasil yang lebih baik dari pada tanpa direncanakan.





Penutup





Sebenarnya terkait efektif dan efisien siapapun itu baik individu, organisasi, bahkan perusahaan sanggup menerapkannya secara sekaligus, dilaksanakan secara efektif dan efisien.





Namun diantara kedua kalimat tersebut tidak selalu berjalan bersama, terkadang sanggup efektif namun tidak efisien, atau efisien tapi tidak efektif, atau lebih parah lagi tidak efisien dan tidak efektif.





Mudah-mudahan dengan klarifikasi di atas semoga kita sanggup memahami dengan benar bagaimana bahwasanya makna dari kata efektif dan efisien. Semoga bermanfaat





Baca Juga :






Advertisement

Iklan Sidebar