Info Populer 2022

Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan (Tabel Penjelasan)

Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan (Tabel Penjelasan)
Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan (Tabel Penjelasan)

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan – Apa sih perbedaan pertumbuhan dan perkembangan itu? sebelum masuk kedalam pembahasan, materi yang akan dibahas yaitu pengertian pertumbuhan dan perkembangan kemudian perbedaan pertumbuhan dan perkembangan beserta penjelasannya. Simak penjelasannya dibawah ini gaes!


Pengertian


1. Petumbuhan


Pertumbuhan ialah proses dimana bertambahnya jumlah sel dalam tubuh sebuah organisme yang disertai pada pertambahan menyerupai ukuran, berat, dan tinggi yang sifatnya irreversible (tidak sanggup kembali dalam keadaan awal). Pertumbuhan sifatnya lebih kuantitatif, dimana organisme yang sebelumnya kecil kemudian berubah lebih besar seiring pada pertambahan waktu.


Contoh:



  • Batang pada flora yang sebelumnya berukuran 2 cm menjadi 5 cm.

  • Bayi yang tadinya mempunyai berat 5 kg bermetamorfosis 6,5 kg.

  • Berat tubuh ikan yang sebelumnya 0,5 kg menjadi 1 kg.


Ketika kita ingin mengukur pertumbuhan pada flora ada alat yang sanggup mengukur pertumbuhannya yaitu auksanometer.


2. Perkembangan


Perkembangan ialah sebuah proses differensiasi, organogenesis dan diakhiri pada terbentuknya suatu individu gres dengan lebih lengkap dan dewasa. Perkembangan sifatnya lebih kualitatif, dimana pada organism yang sebelumnya belum matang pada sistem reproduksinya (dewasa) kemudian bermetamorfosis lebih remaja dan matang pada sistem reproduksinya sehingga sanggup melaksanakan suatu perkembangbiakan.


Contoh :



  • Pematangan pada sel ovum dan sperma.

  • Pematangan hormon-hormon yang ada pada tubuh.

  • Pematangan pada pohon yang menghasilkan buah.


 Apa sih perbedaan pertumbuhan dan perkembangan itu Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan (tabel  penjelasan)
images pertumbuhan dan perkembangan

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan













































PerbedaanPertumbuhanPerkembangan
Cara MengukurBersifat kuantitatif sehingga sanggup digambarkan dalam bilanganBersifat kualitatif sehingga tidak sanggup digambarkan dalam bilangan
KeterlihatanDapat dilihat secara fisikTidak sanggup dilihat secara fisik, melainkan secara fisiologis
KeterbatasanProsesnya terbatas usiaProsesnya tidak terbatas usia
KeterulanganBersifat irreversible atau tidak sanggup terulangBersifat reversible atau sanggup terulang
Faktor yang MempengaruhiDipengaruhi pembelahan selDipengaruhi pengalaman
ProsesBerlangsung secara cepat pada awal usia hingga remajaBerlangsung di setiap fase kehidupan
ContohUkuran dan berat tubuh naik.Berubah menjadi remaja dan matang

Penjelasan Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan


1. Cara Mengukur


Pertumbuhan mempunyai sifat yang kuantitatif, sanggup diukur memakai bilangan, pola pada seseorang yang mempunyai berat tubuh naik 5 kg. Sedangkan jikalau perkembangan mempunyai sifat yang kualitatif, tidak sanggup diukur/gambarkan memakai bilangan. Contoh pada bayi yang tidak sanggup berjalan hingga pada hasilnya sanggup berjalan.


2. Keterlihatan


Pertumbuhan sanggup dilihat dari segi fisik atau pengelihatan luar, pola ketika melihat seseorang yang badannya semakin bertambah tinggi. Sedangkan jikalau pada perkembangan hanya sanggup dilihat secara fisiologis. Contoh ketika akan mengukur tingkat perkembangan pada pikiran seseorang.


3. Keterbatasan


Pertumbuhan mempunyai batas waktu atau usia, pola pada pertumbuhan tinggi tubuh seseorang yang akan berhenti tingginya ketika usia 20 tahun. Sedangkan pada perkembangan tidak mempunyai batas waktu dan akan berlangsung terus menerus hingga bertambahnya usia. Contoh pada pedoman seseorang yang setiap harinya akan mengalami perkembangan.


4. Keterulangan


Pertumbuhan mempunyai sifat irreversible, maksudnya yaitu tidak sanggup terulang kembali. Sedangkan pada perkembangan mempunyai sifat reversible, maksudnya yaitu sanggup terulang kembali sesuai pada siklusnya.


5. Faktor yang Mempengaruhi


Pertumbuhan terjadi alasannya ialah pada pembelahan sel yang melalui mitosis dan meiosis. Sedangkan jikalau pada perkembangan, terjadi alasannya ialah perkembangan pada mahluk hidup yang selalu menjalaninya.


6. Proses


Pertumbuhan mempunyai proses yang berlangsung secara cepat di awal usia hingga remaja. Contoh pada tinggi tubuh seseorang yang hanya hingga batas usia remaja saja. Sedangkan jikalau perkembangan mempunyai prosesnya pada setiap fase kehidupan.


Demikian pembahasan wacana pengertian pertumbuhan dan perkembahan, kemudian membahas perbedaan pertumbuhan dan perkembangan. Semoga bermanfaat 🙂


Artikel Terkait :



Advertisement

Iklan Sidebar