Info Populer 2022

Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar
Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar – Bagi seseorang yang hobi dalam menciptakan suatu Karya Tulis, pastilah terdapat sebuah kata pengantar pada awal kalimat sebuah karya tulis tersebut.


Tetapi banyak juga sebagian orang yang hobi dalam menciptakan suatu karya tulis, kesusahan dalam menciptakan sebuah kata pengantar pada karya tulisnya.


Oleh karna itu pada kesempatan yang baik ini, aku akan menunjukkan beberapa pola kata pengantar dalam menciptakan sebuah karya tulis.


Tetapi sebelum kita memasuki contoh-contoh kata pengantar dalam karya tulis, alangkah baiknya kita harus memahami, apa yang dimaksud dengan kata pengantar beserta komponen-komponen yang berkaitan dengannya?


Pengertian Kata Pengantar


Pertama kita pahami dahulu apa yang dimaksud dengan karya tulis?, Karya Tulis terdiri dari 2 kata, yaitu Karya & Tulis.


Didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kata Karya yaitu Pekerjaan, Hasil Perbuatan, Buatan, Ciptaan, Karangan (Hasil Karangan). Sedangkan Kata Tulis yaitu Sebuah aksara atau angka terbuat memakai pena (pensil, cat, dan lain-lainnya), bersurat (sudah disetujui), & hasil tulisannya ada.


 Bagi seseorang yang hobi dalam menciptakan suatu Karya Tulis Contoh Kata Pengantar


Dari pengertian berdasarkan KBBI diatas sanggup kita simpulkan bahwa, Karya Tulis merupakan hasil yang sengaja dibentuk oleh seseorang.


kedalam bentuk goresan pena ataupun karangan hasil dari pikiran seseorang tersebut, yaitu berupa pengamatan & tinjauan dalam bidang tertentu yang disusun secara sistematis.


Dalam sebuah Karya Tulis tentu saja terdapat sebuah Kata Pengantar yang menjadi bab dari karya tulis tersebut, alasannya tanpa adanya kata pengantar pada suatu karya tulis, maka akan terasa kurang baik & kurang tepat (Perfect).


Berikut yaitu pengertian Kata Pengantar :


Kata Pengantar yaitu Halaman yang terdapat disuatu karya tulis, berisikan ungkapan kata-kata dari Seorang Penulis atas selesainya pembuatan sebuah karya tulis.


Yaitu berupa ihwal ucapan rasa syukur, ucapan rasa terima kasih, tujuan atau manfaat penulisan, serta kritik & saran yang membangun.


Kata Pengantar terbagi menjadi 3 bagian, yaitu : Pembukaan tulisan, Isi goresan pena & Penutup tulisan.


Unsur-Unsur Kata Pengantar


Dalam sebuah Kata Pengantar terdapat unsur-unsur penting, biar kata pengantar yang kita gunakan menjadi baik bagi yang membaca karya tulis kita.


Berikut yaitu unsur-unsur kata pengantar yang sanggup kita terapkan :



  1. Berisikan ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

  2. Penjelasan mengenai adanya pembuatan penulisan suatu karya ilmiah.

  3. Penjelasan ihwal pelaksanaan pada penulisan suatu karya ilmiah.

  4. Penjelasan adanya bantuan, bimbingan atau isyarat dari pihak-pihak yang membantu pembuatan suatu karya tulis.

  5. Ucapan terima kasih kepada seseorang/lembaga yang membantu pembuatan suatu karya tulis.

  6. Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun & nama lengkap penulis tanpa dibubuhi tanda tangan.

  7. Harapan penulis atas karya tulis tersebut.

  8. Manfaat bagi pembaca serta kesediaan mendapatkan kritik & saran pada karya tulis.


Penulisan Yang Baik Secara Unsur-Unsur Kata Pengantar & Contoh :


1. Berisi ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa


Cara menciptakan kata pengantar pertama yang baik yaitu dengan ungkapan kata rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa pada paragraf pertama.


Contoh Kalimat :


” Alhamdulillah Puji syukur penulis panjatkan dengan menyebut Asma Alloh yang Maha Besar & Maha Penyayang, penulis bersyukur dengan Bimbingan Karunia & Rahmat Nya, penulis berhasil dalam menyusun karya tulis ini dengan judul (…..) “.


2. Penjelasan mengenai tujuan pembuatan penulisan suatu karya ilmiah.


Kedua yaitu samapaikan atau uraikan maksud tujuan penulis dalam menciptakan suatu karya tulis didalam paragraf kedua.


Contoh Kalimat :


” Tujuan penulis menciptakan makalah ini semata-mata, untuk memenuhi suatu kewajiban sebagai syarat dalam menuntaskan kiprah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ”


3. Penjelasan ihwal pelaksanaan penulisan suatu karya tulis


Ketiga penulis harus menandakan berapa lamanya waktu, dalam pembuatan suatu karya tulis pada paragraf ketiga.


Contoh Kalimat :


” Alhamdulillah makalah ini penulis sanggup menyelesaikannya dalam waktu yang tidak usang ”


4. Penjelasan adanya santunan bimbingan dari pihak-pihak pada suatu karya tulis


Keempat penulis harus menjelaskan & menandakan adanya suatu dukungan atau bimbingan dari pihak-pihak tertentu dalam penulisan sebuah karya tulis, pada paragraf ke empat.


Contoh Kalimat :


” Dalam penyusunan Buku Fikih ini, penulis mendapatkan bimbingan dari Ustad Angga Murjana ”


5. Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak tertentu yang membantu pembuatan suatu karya tulis


Kelima penulis harus menulis ungkapan rasa terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyelesaian suatu karya tulis, pada paragraf ke empat (disertai dengan klarifikasi adanya bimbingan dalam pembuatan sebuah karya tulis).


Contoh Kalimat :


” Dengan selesainya pada penulisan makalah ini, penulis sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, telah berkenan membantu dalam proses penyusunan hingga makalah ini berhasil diselesaikan ”


6. Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun & nama lengkap penulis


Keenam dalam menciptakan karya tulis, Penulis harus menyebutkan nama kota, tanggal, bulan, tahun atau nama lengkap penulis, pada paragraf terakhir.


Contoh Kalimat :


” Bandar Lampung, 08 April 2005, Angga Murjana ”


7. Penjelasan ihwal impian penulis atas selesainya sebuah karya tulis 


Ketujuh dalam sebuah karya tulis, penulis harus memberikan suatu impian pada karya tulisnya tersebut, pada paragraf ketujuh.


Contoh Kalimat :


” Dengan selesainya Novel ini, penulis berharap biar Novel ini bisa menjadi suatu pelajaran bagi kita semua dalam bersikap baik kepada semua makhluk hidup ”


8. Ketersediaan mendapatkan kritik & saran pada karya tulis


Kedelapan dalam sebuah karya tulis, penulis harus bersedia dalam mendapatkan kritik dan juga saran dari para pembaca, pada paragraf kedelapan.


Contoh Kalimat :


” Penulis menyadari bahwa makalah yang telah disusun ini, masih mempunyai banyak kekurangan, baik dalam gaya bahasa ataupun teknik penulisan. Oleh alasannya itu, penulis sangat bahagia biar para pembaca mau menunjukkan kritik & saran, biar karya tulis ini sanggup diperbaiki dengan tepat ”


9. Kata epilog pada karya tulis


Diakhir penulisan suatu karya tulis, terdapat kalimat yang dipakai sebagai kata penutup.


Contoh kalimat :


” Penulis berharap semoga novel ini bisa mengajarkan kita biar peduli terhadap sesama makhluk hidup ”


Contoh-Contoh Kata Pengantar


Setelah kita memahami tentang, bagaimana cara penulisan kata pengantar yang baik & benar, pada suatu karya tulis yang akan dibuat.


Selanjutnya perhatikanlah contoh-contoh kata pengantar sebuah karya tulis :


Contoh Kata Pengantar Makalah :


Kata Pengantar


Alhamdulillah atas segala Nikmat dan Karunia Alloh SWT yang diberikan kepada kita semua, dengan selesainya penulisan makalah ini, yang semoga mempunyai kegunaan untuk membantu para Mahasiswa dalam memperluas wawasan Ilmu Management Informatika dan bisa memahami semua bahan yang berada pada makalah ini.


Tidak luput juga penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak, yang telah bersedia mau membantu dalam penulisan makalah ini kepada para pembaca.


Penulis sadar bahwa pada makalah ini masih mempunyai banyak kekurangannya dalam hal penyampaian, gaya bahasa, dan penulisannya masih banyak kesalahan. Penulis sangat berterimakasih, sekiranya para pembaca mau menunjukkan dan memberikan kritik serta saran, biar makalah ini sanggup diperbaiki sebaik mungkin.


Akhir kata penulis berharap semoga selesainya makalah ini sanggup bermanfaat untuk kita semua, Amin Ya Robbal ‘Alamin.


Bandar Lampung, 08 April 2005


Angga Murjana


Contoh Kata Pengantar Novel


Kata Pengantar


Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan kehadirat Alloh Swt Yang Maha Pengasih, alasannya tanpa limpahan karunia-Nya, kami tidak akan bisa untuk sanggup menuntaskan penulisan Novel yang berjudul Ikatan Cinta 2 Negara.


Dalam pembuatan novel Ikatan Cinta 2 Negara ini penulis telah mengusahakan semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan penulis. Namun penulis hanyalah insan biasa yang tidak luput dari kesalahan & kekhilafan dalam penulisan novel ini, dari segi tekhnik penulisan ataupun gaya bahasa.


Kami menyadari tanpa adanya bimbingan dan isyarat dari Guru Pembimbing dan juga masukan -masukan dari banyak sekali pihak yang terkait dalam pembentukan novel Ikatan Cinta 2 Negara.


Novel ini dibentuk dengan tujuan semata-mata untuk meningkatkan minat baca pada semua orang, alasannya masyarakat Indonesia mempunyai kualitas rendah dalam minat membaca. Dan penulis juga mengucapkan sangat berterimakasih kepada semua saudara-saudara yang terlibat dalam pembuatan novel Ikatan Cinta 2 Negara ini.


Akhir kata semoga karya tulis ini sanggup bermanfaat bagi penulis dan juga para pembaca pada umumnya.


Bandar Lampung, 10 April 2003


Wisnu Marta


Demikianlah klarifikasi mengenai ihwal Kata Pengantar beserta Pengertian, Bentuk-Bentuk, Unsur-Unsur, dan juga Contoh penulisan kata pengantar yang baik dan benar.


Semoga sanggup bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang mempunyai kegunaan untuk kita semua.


Artikel Terkait Lainnya :


Puisi Kontemporer – Pengertian, Tokoh, Sejarah, Ciri, Jenis, Contoh


Contoh Prosa – Pengertian, Manfaat, Ciri, Jenis, Perbedaan


Contoh Karangan Persuasi Tema Propaganda, Kesehatan dan Politik


Contoh Karangan Argumentasi Beserta Ciri, Jenis dan Cara Membuat


Advertisement

Iklan Sidebar