Info Populer 2022

Piramida Makanan

Piramida Makanan
Piramida Makanan

Piramida Makanan – Apa yang dimaksud dengan Piramida Makanan?, Dari pertanyaan itulah, kita akan mengulas mengenai wacana Piramida Makanan, mungkin diantara kalian ada yang sudah mengetahui & paham mengenai wacana Piramida Makanan.


Apa yang dimaksud dengan Piramida Makanan Piramida Makanan


Tetapi tidak sanggup dipungkiri juga masih banyak diantara kalian yang masih belum mengetahui & paham mengenai wacana Piramida Makanan, oleh lantaran itu artikel ini dibentuk supaya kalian yang belum mengetahui & memahami wacana Piramida Makanan.


mari kita simak bahu-membahu mengenai wacana Piramida Makananyang tertera dibawah ini.


Pengertian Piramida Makanan


Piramida Makanan yakni Sebuah sistem yang menggambarkan untuk menampilkan isu wacana pengelompokan suatu ekosistem yang membandingkan antara komposisi & jumlah biomassa.


Pada tingkatan piramida makanan, komposisi & jumlah biomassa tersebut dikelompokkan mulai dari Produsen, Konsumen I, Konsumen II & Konsumen III.


Apa yang dimaksud dengan Piramida Makanan Piramida Makanan


Pada Ekosistem yang normal, pada sebuah ekosistem produsen mempunyai jumlah yang terbanyak, dan pada jumlah konsumen tingkat I lebih banyak dari jumlah konsumen tingkat II, selanjutnya jumlah konsumen tingkat II lebih banyak dari konsumen tingkat III.


Macam-Macam Piramida Makanan


Apa yang dimaksud dengan Piramida Makanan Piramida Makanan


 


Pada pola gambar di atas merupakan Sistem Piramida Makanan terbagi menjadi 2 macam kelompok, yang menurut dengan ekosistem pada mahluk hidup tersebut, yaitu : Piramida Makanan Ekosistem Darat & Piramida Makanan Ekosistem Air.


1. Piramida Makanan Ekosistem Darat


Piramida Makanan Ekosistem Darat yakni Suatu ekosistem yang meliputi wilayah yang hanya berada di daratan. Dalam kelompok piramida ini, bukan hanya binatang saja yang berperan, tetapi flora juga ikut berperan penting dalam ekosistem ini.


Karena flora merupakan komponen utama pada ekosistem daratan ini, tanpa adanya flora semua makhluk hidup akan mengalami kepunahan.


Apa yang dimaksud dengan Piramida Makanan Piramida Makanan


Berikut ini yakni perincian kelompok piramida ekosistem darat :


1. Produsen merupakan Sebuah ekosistem daratan yang biasanya ditempati oleh banyak sekali macam flora (Organisme) yang daun dan buahnya sanggup dimakan oleh sebagian binatang darat.


2. Konsumen I merupakan sebuah ekosistem yang biasanya ditempati oleh binatang (Herbivora) yang memakan flora (produsen). Contoh : Seekor serangga yang memakan sebuah tumbuhan.


3. Konsumen II merupakan sebuah ekosistem yang biasanya ditempati oleh binatang (Omnivora) yang memangsa seekor serangga, belalang, dll (Konsumen I).


Contoh : Ayam, Katak, Burung, dan lain-lainnya yang sejenis.


4. Konsumen III merupakan sebuah ekosistem yang biasanya ditempati oleh binatang (Karnivora) yang memangsa seekor ayam, burung, dll (Konsumen II).


Contoh : Burung Elang, Harimau, Singa, Serigala, dan lain-lainnya yang sejenis.


2. Piramida Makanan Ekosistem Air


Piramida Makanan Ekosistem Air yakni Suatu ekosistem yang meliputi wilayah yang hanya berada di perairan.


Apa yang dimaksud dengan Piramida Makanan Piramida Makanan


Berikut ini yakni perincian kelompok piramida ekosistem air :


1. Produsen I merupakan Sebuah ekosistem perairan yang biasanya ditempati oleh Phytoplankton, lantaran jumlahnya yang sangat banyak, organisme tersebut menjadi kuliner utama dari sebagian besar Ikan pemakan phytoplankton.


2. Konsumen I merupakan Sebuah ekosistem perairan yang biasanya ditempati oleh Ikan-ikan kecil & Ikan-ikan yang memakan phytoplankton (Produsen).


3. Konsumen II merupakan Sebuah ekosistem perairan yang biasanya ditempati oleh Anjing maritim & Ikan yang lebih besar, dan bisa memangsa Ikan-ikan kecil.


4. konsumen III merupakan Sebuah ekosistem perairan yang biasanya ditempati oleh Paus pembunuh & Paus biru yang tidak mempunyai pemangsa.


Jenis-Jenis Piramida Makanan


Piramida Makanan dikelompokkan sesuai dengan urutan sebuah siklus rantai kuliner yang berada dalam Ekosistem tertentu.


Karena hal ini disebabkan oleh sebuah siklus kuliner mahluk hidup yang berbeda. Seperti seekor binatang dengan yang hidup pada habitat yang berada di hutan, gurun, laut, dll.


Dalam hal inilah Piramida Makanan terbagi menjadi 3 serpihan yaitu :


1. Piramida Biomassa


Apa yang dimaksud dengan Piramida Makanan Piramida Makanan


Piramida Biomassa yakni Sistem piramida yang mensatukan massa dari semua organisme yang berada pada suatu habitat tertentu.


Pada piramida ini sebuah organisme diukur menurut massa. Seperti berat dari setiap organisme sanggup diukur dalam satuan gram.


Dalam pengukuran berat pada setiap tingkatan trofik menurut dengan berat rata-rata organisme yang dimana memakai suatu rumus tertentu untuk memperkirakan jumlahnya.


Piramida biomassa ini sangat akurat dalam menunjukkan suatu hubungan kuantitas biomassa pada sebuah ekosistem yang menurut habitat dari oragnisme tersebut.


Piramida Biomassa terbagi menjadi 2 bagian, yaitu :



  • Piramida Tegak

  • Piramida Tegak yakni Sistem piramida yang massa produsennya lebih besar, dibandingkan dengan tingkat trofik yang berada di atasnya, dan biasanya menggambarkan sebuah ekosistem daratan.

  • Piramida Terbalik

  • Piramida Terbalik yakni Sistem piramida yang massa produsennya lebih kecil, dibandingkan dengan massa adonan dari konsumennya, dan biasanya menggambarkan sebuah ekosistem perairan.


2. Piramida Energi


Apa yang dimaksud dengan Piramida Makanan Piramida Makanan


Piramida Energi yakni Sistem piramida yang mengalami suatu penurunan energi pada setiap tingkat trofik yang berada di atasnya.


Pada sistem piramida energi ini, produsen harus mempunyai energi lebih besar dibandingkan dengan energi konsumennya.


Semakin kecilnya suatu energi pada tingkat trofik selanjutnya,  sanggup disebabkan beberapa faktor, yaitu :



  • Hanya kuliner tertentu yang sanggup dimakan oleh tingkat trofik selanjutnya.

  • Tidak semua kuliner yang dicerna trofik selanjutnya menjadi suatu energi, melainkan hanya menjadi kotoroan yang dibuang.


3. Piramida Populasi


Apa yang dimaksud dengan Piramida Makanan Piramida Makanan


Piramida Populasiadalah Dimana suatu organisme yang berperan sebagai produsen harus mempunyai populasi yang lebih banyak dibandingkan dengan tingkat trofik yang berperan sebagai konsumen di atasnya.


Pada ujung piramida populasi ini ditempati oleh organisme yang berperan sebagai konsumen III, dan diantara dasar & puncaknya piramida populasi ini, ditempati oleh beberapa tingkatan konsumen lainnya (konsumen I & konsumen II).


Artinya pada suatu populasi pada konsumen I harus lebih banyak daripada populasi pada konsumen II, dan populasi pada konsumen II harus lebih banyak dibandingkan populasi pada konsumen III & seterusnya.


Piramida Populasi ini juga sering, disebut sebagai Piramida Penyeimbang pada populasi setiap organisme tertentu, lantaran sudah sewajarnya populasi dari kelompok mangsa selalu lebih banyak, daripada sekelompok pemangsanya.


Apabila sebuah populasi sekelompok pemangsa jauh lebih banyak daripada kelompok mangsanya, maka akan terjadi suatu kepunahan terhadap kelompok pemangsa itu sendiri.


Demikianlah klarifikasi mengenai wacana Piramida Makanan beserta Pengertian, Macam-Macam Piramida Makanan & Contohnya, dan Jenis-Jenis Piramida Makanan.


Semoga sanggup bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang mempunyai kegunaan untuk kita semua.


Artikel Terkait Lainnya :


Ciri Ciri Khusus Tumbuhan – Gambar, Habitat, Dan Fungsinya


Ciri Ciri Khusus Hewan – Habitat, Fungsi, Dan Gambarnya


Siklus Hidrologi – Pengertian, Proses, Macamnya, Gambar, Makalah


Advertisement

Iklan Sidebar