Info Populer 2022

Produksi Ialah – Pengertian, Fungsi, Tujuan, Dan Faktornya

Produksi Ialah – Pengertian, Fungsi, Tujuan, Dan Faktornya
Produksi Ialah – Pengertian, Fungsi, Tujuan, Dan Faktornya

Produksi Adalah ? Sebelum masuk kedalam pembahasan materi yang akan dibahas yaitu pengertian, fungsi, tujuan dan faktor-faktor produksi secara lengkap. Simak penjelasannya dibawah ini gaes!


Pengertian Produksi


Produksi ialah proses pengubahan materi baku menjadi barang jadi atau juga sebagai menambah nilai pada suatu produk (barang dan jasa) supaya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.


Masyarakat yang melaksanakan acara produksi disebut sebagai istilah produsen (baik secara individu atau organisasi), sedangkan pada barang yang diproduksi disebut sebagai produk (barang atau jasa).


Secara etimologis kata “Produksi” berasal dari bahasa Inggris, yang artinya To Produce atau (menghasilkan). Dalam hal ini arti kata produksi ialah suatu acara yang menghasilkan atau menambah nilai pada suatu barang atau jasa yang dilakukan dengan proses tertentu.


 Sebelum masuk kedalam pembahasan materi yang akan dibahas yaitu pengertian Produksi Adalah – Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Faktornya
image produksi

Fungsi Produksi


Fungsi pada acara produksi ialah untuk membuat atau menambah nilai pada suatu produk, baik itu barang ataupun jasa. Berikut fungsi produksi dibawah ini:


1. Menciptakan Nilai Guna


Proses produksi mempunyai fungsi dalam membuat nilai guna pada suatu barang. Pada materi baku yang tadinya belum mempunyai nilai guna lalu akan diproduksi sehingga sanggup mempunyai nilai guna yang lebih.


Contohnya:



  • Benang dan bahan-bahan lainnya yang diproduksi sehingga akan menghasilkan sebuah rajutan, pakaian, celana dan lainnya.

  • Bahan material menyerupai kayu, batu, pasir dan bahan-bahan lainnya yang akan diproses hingga menghasilkan sebuah rumah membuat nilai guna yang tinggi.


2. Menambah Nilai Guna


Pada proses produksi juga akan menambah nilai guna didalam suatu barang yang tadinya telah berkhasiat tertentu sehingga akan mempunyai nilai guna tambahan. Dalam hal ini akan menghilangkan fungsi awal pada suatu barang menyebabkan fungsi yang baru.


Contohnya:



  • Memodifikasi sebuah kendaraan bermotor sehingga sanggup mempunyai kecepatan lebih cepat.

  • Membangun fly over (jembatan layang) sehingga sanggup mengurangi kemacetan pada jalan.


Tujuan Produksi


Pada tujuan acara produksi yang dilakukan para produsen ialah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh laba dengan suatu acara tersebut. Berikut tujuan produksi dibawah ini:


1. Memenuhi Kebutuhan Masyarakat


Setiap masyarakat baik secara individu atau organisasi mempunyai banyak sekali kebutuhan dalam meningkatkan kehidupannya. Produsen melaksanakan suatu acara produksi dalam menghasilkan produk atau menambah nilai pada suatu produk sebagai kebutuhan masyarakat untuk sanggup terpenuhi secara baik.


2. Memperoleh Keuntungan


Setiap produsen menginginkan laba pada semua acara produksi yang dilakukannya. Dalam hal ini, melaksanakan acara produksi niscaya akan membutuhkan modal awal.


Disaat produk yang telah dihasilkan dan disebarkan ke masyarakat lewat proses jual-beli, maka produsen sudah niscaya menginginkan suatu laba dari produk tersebut.


Faktor Produksi


Berikut beberapa faktor produksi yang akan dijelaskan dibawah ini:



  1. Sumber Daya Alam

    Sumber daya alam ialah segala sesuatu yang sudah tersedia didalam alam yang bisa dimanfaatkan pada insan untuk sebuah usahanya dalam mencapai kemakmuran. Dalam hal ini, sumber daya alam yang termasuk ialah lingkungan alam, lahan, atau kekayaan yang berada di dalam tanah.

  2. Sumber Daya Manusia

    Sumber daya insan ialah sebuah kemampuan atau perjuangan insan berupa jasmani atau rohani yang digunakan dalam meningkatkan guna pada suatu barang. Dalam hal ini, kualitas sumber daya insan bisa dibedakan menjadi tiga yakni tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terlatih, dan juga tenaga kerja tidak terdidik atau tidak terlatih.

  3. Sumber Daya Modal

    Sumber daya modal ialah sebuah alat atau barang yang telah diproduksi untuk digunakan sebagai sarana dalam menghasilkan barang. Barang ini dibeli bukan oleh konsumen tetapi dibeli oleh produsen. Modal tidak diharuskan berupa uang. Modal juga sanggup berupa barang yang sanggup menghasilkan uang. Barang-barang modal tersebut disebut juga sebagai alat-alat produksi. Contohnnya menyerupai gedung, mesin, dan materi dasar yang digunakan untuk acara produksi.

  4. Keahlian

    Keahlian ialah faktor yang terpenting untuk menjalankan proses produksi. Keahlian atau keterampilan yang dimiliki setiap individu penting sekali dalam mengkordinasikan dan mengelola faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa dengan kualitas yang sangat baik.


Demikian pembahasan wacana pengertian, fungsi, tujuan, dan faktor produksi, mohon maaf kalau ada kesalahan dalam penulisan dan pembahasan. Semoga bermanfaat🙂


Artikel Terkait :



Advertisement

Iklan Sidebar