Info Populer 2022

Proses Fertilisasi (Pembuahan) Pada Manusia

Proses Fertilisasi (Pembuahan) Pada Manusia
Proses Fertilisasi (Pembuahan) Pada Manusia

Rumus.co.id – Pembahasan yang menarik mengenai proses fertilisasi atau pembuahan pada manusia. Perhatikan pembahasan di bawah ini semoga anda dapatkan apa yang anda cari pada artikel ini.


Pengertian Fertilisasi


Pengertian fertilisasi yaitu pertemuan antara sel telur dan sperma di dalam tuba fallopi. fertilisasi merupakan proses berfusinya pronukleus jantan pada sperma dengan pronukleus betina pada ovum hingga berbentuk zigot yang berlangsung di dalam tuba falopii (saluran telur).


Setelah bertemu antara sel telur dan sperma maka akan membentuk zigot lalu menjadi embrio yang nantinya akan menjadi cikal bakal janin. Janin akan berkembang di dalam Rahim seorang ibu. Seorang ibu akan berperan aktif pada perkembangan si bayi. Bisanya ibu akan menambah nafsu makan alasannya yaitu merasa lapar terus menerus.


 Pembahasan yang menarik mengenai proses fertilisasi atau pembuahan pada insan Proses Fertilisasi (Pembuahan) pada Manusia


Proses Fertilisasi (Pembuahan)


Proses fertilisasi atau pembuahan merupakan proses dimana sperma akan membuahi sel telur. Satu kali ejakulasi sperma dikeluarkan 300 juta – 400 juta sel sperma. Yang akan masuk membuai sel telur. Tetapi tidak semua bertahan hidup hingga ke sel telur. Dan yang berhasil membuahi hanya satu sperma pada sel telur. Berikut ini yaitu tahapan proses fertilisasi atau pembuahan:


1.      Ovulasi


Sebelum terjadi pembuahan, sel telur harus terjadi ovulasi telebih dahulu. Ovulasi yaitu keluarnya sel telur dari ovarium atau indung telur setiap bulannya. Didalam ovarium banyak sel telur tetapi hanya satu yang keluar pada setiap bulannya. Sebuah kantung (folikel) yang dipersiapkan untuk menjadi matang. Proses pematangan ini terutama dipengaruhi oleh hormon FSH (folikel stimulating hormone).


2.      Sel telur berpindah ke jalan masuk tuba falopi


Setelah keluar dari ovarium, sel telur akan berpindah ke jalan masuk tuba falopi. Umur sel telur di dalam tuba falopi hanya 24 jam saja, sehingga apabila tidak ada sperma yang membuahinya, maka ia akan mati dan kehamilan tidak terjadi.


3.      Meningkatnya Hormon


Setelah sel telur berpindah ke jalan masuk tuba falopi maka dinding Rahim akan berkemas-kemas menebalkan dindingnya. Akan terjadi peningkatan hormon sehabis sel telur meninggakan folikel. folikel dalam ovarium lalu bermetamorfosis korpus luteum. Korpus luteum ini menghasilkan hormon progesteron yang bertugas menebalkan lapisan dinding Rahim.


4.      Jika Sel Telur Tidak Dibuahi


Jika sel telur tidak di buahi maka sel telur akan berpindah ke Rahim dan hancur biasa di sebut menstruasi pada perempuan setiap bulannya. Menstruasi berbeda-beda pada wanita, ada yang 28 hari bahkan juga ada yang kurang dan lebih. korpus luteum mengecil dan kadar hormon dalam badan kembali normal ibarat biasanya. Lapisan dinding rahim yang menebal tadi mulai mengalami proses peluruhan sehingga keluarlah yang namanya darah haid.


5.      Jika Sel Telur Dibuahi


Jika sel telur dibuahi terjadi fertilisasi yaitu pertemuan sperma dengan sel telur. Maka sperma akan menembus kedalam sel telur. Ketika sel telur sudah di buahi maka sperma akan gugur dan tidak sanggup masuk kedalam sel telur.


Proses Pepindahan Sel telur yang Sudah Dibuahi


Perhatikan gambar di bawah ini:


 Pembahasan yang menarik mengenai proses fertilisasi atau pembuahan pada insan Proses Fertilisasi (Pembuahan) pada Manusia


Proses awalnya terjadi pada ovarium yang memproduksi sel telur mengelurarkan sel setiap bulannya. Pehatikan gambar di atas step by step berjalannya sel telur haingga menuju Rahim.


Baca Juga:



Respirasi Anaerob – Pengertian, Skema, Tabel Tahapan


Pengertian dan Proses Gluconeogenesis



Demikian Pembahasan yang menarik mengenai proses fertilisasi atau pembuahan pada manusia. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan serta warta anda. Semoga artikel ini sanggup membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


Advertisement

Iklan Sidebar