Info Populer 2022

Rumus Slovin

Rumus Slovin
Rumus Slovin

Rumus Slovin – Dalam melaksanakan sebuah penelitian dalam mengamati pada suatu objek yang berdasarkan dengan populasinya, kita niscaya akan memerlukan sebuah sampel sebagai perwakilan dari keseluruhan populasi pada objek tersebut.


Hal ini sangat diperlukan, alasannya yaitu penelitian yang dilakukan terhadap objek tertentu dengan keseluruhan populasinya akan memakan waktu yang cukup usang dan biaya yang sangat besar.


Dalam melaksanakan sebuah penelitian dalam mengamati pada suatu objek yang berdasarkan dengan Rumus Slovin


Apa yang dimaksud dengan Populasi?. yaitu Jumlah dari keseluruhan yang ada pada suatu objek yang akan menjadi sebuah penelitian karakteristiknya, sedangkan Sampel, yaitu Sebagian dari suatu populasi objek yang akan menjadi sebuah penelitian karakteristiknya.


Oleh karna permasalahan diatas tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan memakai sebuah sistem yang disebut sebagai Rumus Slovin beserta dengan struktur-struktur yang terkait didalamnya untuk memudahkan kita dalam suatu penelitian terhadap jumlah populasi dari suatu objek tertentu.


Pengertian Rumus Slovin


Rumus Slovin yaitu Suatu sistem matematis yang dipakai untuk menghitung jumlah dari sebuah populasi objek tertentu yang belum diketahui karakteristiknya secara pasti.


Rumus ini diperkenalkan pertama kali oleh seorang Ilmuwan Matematis yang berjulukan Slovin, pada tahun 1960. Rumus Slovin ini biasa dipakai untuk sebuah penelitian pada suatu objek tertentu dalam jumlah populasi yang besar, sehingga digunakanlah untuk meneliti pada sebuah sampel dari populasi objek yang besar tersebut.


Rumus Slovin & Cara Menghitungnya


Setelah kita mengetahui pengertian dari Rumus Slovin, berikutnya dalam menghitung pada jumlah populasi suatu objek tertentu, kita niscaya memerlukan sebuah formula atau rumus untuk menghitung sampel dari jumlah objek yang akan kita jadikan sebuah penelitian, sebagai berikut :



















Rumus SlovinKeterangan
n = N (1 + N e2)n = Jumlah Sampel
N = Jumlah Seluruh Populasi
e = Toleransi Error

Dalam penggunaan Rumus Slovin ini, hal yang pertama kali harus kita lakukan, yaitu Menetapkan Taraf Keyakinan atau Confidence Level (…%) terhadap hasil kebenaran, atau Taraf Signikansi Toleransi Kesalahan (0,…) yang akan terjadi.


Penjelasan :


Taraf Keyakinan 95% akan kebenaran hasil (yakin bahwa penelitian yang kita lakukan 95% benar) dan Taraf Signifikansi 0,05 (memastikan bahwa hanya 5% saja kesalahan yang akan terjadi).


Contoh Soal Slovin



Contoh Pertama :


Seorang Produsen akan melaksanakan sebuah penelitian terhadapat Karyawannya yang  berjumlah 1.000 orang, dan Taraf Signifikansinya 0,05 pada suatu perusahaan. Maka berapakah besarnya sampel berdasarkan Rumus Slovin sebagai berikut ini.


Jawaban :


n = N (1 + N e2)


1.000 = (1 + 1.000 x 0,05 x 0,05)


= 286 Karyawan



 



Contoh Kedua :


Seorang Supervisor ditugaskan pada sebuah Perusahaan A oleh Manajemennya, untuk melaksanakan penelitian, perihal Pengaruh pembentukan pinjaman transportasi terhadap kinerja Karyawan pada Perusahaan A tersebut.


Jumlah seluruh Karyawan pada Perusahaan A tersebut sebanyak 1.000 orang. Oleh alasannya yaitu itu Seorang Supervisor tersebut dalam menghemat waktu dan biaya tetapkan untuk melaksanakan penelitiannya dengan memakai sebuah Sampel berdasarkan Rumus Slovin, dan batas Toleransi Kesalahannya sebesar 10%. Sebagai berikut ini.


Jawaban :


n = N (1 + N e2)


n = 1000 / ( 1 + 1000.(10%.2)

n = 1000 / ( 1 + 1000.(0,1.2)

n = 1000 / ( 1 + 1000.(0,01)

n = 1000 / ( 1 + 10)

n = 1000 / 11

n = 90,9 ⇒ Digenapkan menjadi 91 Karyawan.



 


Kelemahan Rumus Slovin


Kelemahan Rumus Slovin, yaitu Dalam melaksanakan suatu penelitian terhadap jumlah populasi dari objek tertentu, harus mempunyai persyaratan jumlah populasi dari objek tertentu itu diketahui jumlahnya (Populasi Terhingga). Apabila jumlah populasi dari objek tertentu itu tidak diketahui jumlahnya (Populasi Tidak Terhingga), maka Rumus Slovin ini tidak akan sanggup digunakan.


Demikianlah klarifikasi Materi mengenai perihal Rumus Slovin beserta Pengertian Rumus Slovin, Cara Penggunaannya, dan juga Contoh-Contoh Persoalannya.


Semoga sanggup bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berkhasiat untuk kita semua.


Baca juga Artikel lainnya :



Advertisement

Iklan Sidebar