Info Populer 2022

Rumus Tekanan

Rumus Tekanan
Rumus Tekanan

Hallo Sobat semua mungkin pernah diantara kita, dalam kehidupan sehari-hari, kita pernah mengalami dengan tekanan yang ada pada ilmu fisika.





Dimana tekanan mempunyai kekerabatan antara luas bidang serta gaya, Dengan demikian tekanan benda bisa ditentukan melalui beberapa hal yang sudah ditentukan.





Perlu kita ketahui bahwa didalam rumus tekanan mempunyai definisi yang berbeda dengan tekanan yang ada dalam kehidupan sehari-hari, lantaran tekanan bukanlah suatu tindakan yang bisa mengakibatkan seseorang mencicipi stres atau dalam kondisi tertekan.





Untuk memudahkan menghitung tekanan maka dalam ilmu fisika terdapat rumus tekanan seperti.





Hallo Sobat semua mungkin pernah diantara kita Rumus Tekanan




Selain itu secara matematis tekanan bisa didefinisikan sebagai hasil dari pembagian antara gaya dengan luas bidang tekanan.





Dalam pembahasan ini kita harus memperhatikan definisi dari bidang tekan supaya kita tidak keliru ketika memilih luas dari bidang tekanannya.





Untuk lebih jelasnya dalam artikel ini kami akan memperlihatkan klarifikasi mengenai rumus tekanan beserta teladan penerapan nya.





Dibawah ini klarifikasi wacana rumus tekanan :





Pengertian Rumus Tekanan





Hallo Sobat semua mungkin pernah diantara kita Rumus Tekanan




Tekanan adalah salah satu Ilmu fisika yang diterapkan untuk menyatakan besaran gaya yang bekerja pada satuan luas yang tertentu, untuk besarnya tekanan yang dihasilkan dari sebuah gaya, maka alhasil akan berbanding lurus dengan besaran gaya serta berbanding terbalik dengan luas bidang tekanan.





Dari penyataan tersebut bisa juga kita ketahui bahwa semakin besar gaya yang diberikan maka semakin besar juga tekanan yang dihasilkan, selain itu semakin kecil gaya maka akan semakin kecil pula tekanannya.





Namun sebaliknya kalau semakin besar luas bidang tekanan maka semakin kecil pula tekanan yang dihasilkan.





Untuk itu rumus tekanan bisa juga diartikan sebagai berikut :





Hallo Sobat semua mungkin pernah diantara kita Rumus Tekanan




Dari rumus tekanan tersebut terdapat beberapa poin yang penting maka sebaiknya perlu kita perhatikan yaitu penentuan luas bidang tekanan. Bidang tekanan merupakan bidang yang memperoleh tekanan atau yang bersentuhan eksklusif dengan bidang gaya.





Berdasarkan rumus di atas maka luas bidang sentuh memang sangatlah mensugesti besaran tekanan yang dihasilkan. Semakin kecil nilai dari luas bidang tekanan maka akan semakin besar nilai tekanan yang dihasilkan.





Misalnya saja ketika kita memasang paku yang runcing dibandingkan paku yang tumpul. Hal tersebut bisa juga disebabkan lantaran paku yang runcing mempunyai luas bidang tekanan yang lebih kecil.





Dengan demikian gaya yang sama bisa dihasilkan tekanan yang lebih besar.





Jenis – Jenis Tekanan





Secara umum terdapat dua jenis tekanan, kalau tekanan itu bekerjasama dengan zat cair disebut dengan Tekanan Hidrostatis, sedangkan tekanan yang bekerjasama dengan zat gas disebut Tekanan Udara.





Tekanan Hidrostatis





Sesuai dengan namanya, kata hidrostatis berasal dari dua kata, yaitu “hidro“yang di artikan air dan “statis” yang diartikan tetap, jadi tekanan hidrostatis merupakan tekanan pada zat cair dalam keadaan diam.





Tekanan hidrostatis ini ada pada keseimbangan zat yang cair dalam posisi membisu lantaran dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Tekanan Hidrostatis tidak dipengaruhi oleh volume dari zat cair tersebut.





Tiga hal utama yang mensugesti tekanan hidrostatis pada suatu daerah ialah :





  • Gaya gravitasi pada daerah itu
  • Kedalaman
  • Massa jenis zat cair tersebut




Baca Juga : Rumus Tekanan Hidrostatis





Tekanan Udara





Tekanan udara ialah tekanan yang menggerakkan massa udara dalam setiap satuan luas tertentu, alat ukur yang digunakan untuk mengukur tekanan udara disebut barometer. Satuan dari tekanan udara ialah milibar (mb).





Besarnya tekanan udara bisa membandingkan suatu hal yang terbalik dengan ketinggian suatu tempat, semakin tinggi daerah tersebut, maka semakin rendah tekanan udara yang di hasilkan, demikian pula sebaliknya.





Contoh Rumus Tekanan





Berikut teladan dari rumus tekanan :





Hallo Sobat semua mungkin pernah diantara kita Rumus Tekanan
Rumus Tekanan




Ilmu Fisaka Yang Berhubungan Dengan Rumus Tekanan





Besaran Gaya





Besaran Gaya ialah segala bentuk interaksi yang sanggup mengakibatkan sebuah benda mengalami perubahan gerak dari banyak sekali sisi, yang dinilai dari arah nya, gaya merupakan besaran vektor fisika lantaran gaya mempunyai nilai dan arah tertentu.





Sedangkan dari sudut pandang jenis nya, gaya juga termasuk besaran turunan lantaran nilainya didapatkan bukan dari pengukuran eksklusif melainkan dengan menghubungkan dari besaran-besaran pokok yang mempengaruhi.





Satuan Internasional (SI) yang bisa digunakan untuk gaya ialah Newton (N), simbol yang digunakan untuk melambangkan gaya ialah F (huruf kapital).





Alat ukur yang bisa digunakan untuk mengukur gaya ialah Dinamometer atau Neraca pegas,  untuk mensugesti benda, gaya sanggup mengubah posisi benda tersebut, mengubah pergerakan nya, atau pun mengubah bentuk benda.





Untuk melaksanakan sebuah gaya harus diharapkan usaha, semakin besar gaya yang diinginkan maka semakin besar pula gaya yang harus dilakukan.





Besaran Luas





Besaran Luas adalah besaran turunan fisika yang menyatakan sebuah ukuran dua dimensi dari suatu belahan permukaan. Nilainya didapatkan dari perkalian dua satuan panjang sebuah objek.





Satuan Internasional (SI) untuk luas ialah meter persegi (m2). Simbol yang digunakan untuk melambangkan luas ialah A (huruf kapital), beberapa bentuk objek tersebut akan mensugesti bentuk luasnya.





Contohnya :





  • Jika bentuk objek bujur kandang maka luas yang didapatkan dari perkalian kedua sisinya,
  • Jika bentuk objek persegi panjang, maka luas didapatkan dari perkalian panjang dan lebarnya,
  • Jika bentuk objek lingkaran, maka luas didapatkan dari perkalian PHI dengan jari-jari pangkat dua,
  • Jika bentuknya segitiga, luas objek didapatkan dari perkalian ganjal dengan tingginya.




Macam – Macam Contoh Soal Menghitung Rumus Tekanan





Untuk memudahkan kita semoga lebih muda untuk memahami penggunaan rumus tekanan, maka kita perhatika teladan soal di bawah ini.





Perhatikan teladan soal berikut ini:





Contoh Soal 1





Sebuah kotak mempunyai massa 15kg dengan panjang alasnya 7m dan 3m. Bila kota tersebut diletakkan di atas meja yang luas permukan nya 100m2 , maka hitunglah nilai dari tekanan yang dihasilkan oleh kota tersebut.





m = 15 kg
p = 7m
l = 3m





Luas bidang tekanan





A= p xl
A = 7 x 3
A = 15 m2
P= F/A
P= M.g/A
P=15 x 10 /15
P= 160/15
P = 10 N/m2





Jadi besarnya tekanan yang dihasilkan oleh kotak tersebut yaitu 10 N/m2.





Contoh Soal 2





Beberapa tekanan yang dialami benda yang dikenakan gaya 130 N pada bidang seluas 2 m2 ?
Jawab:
Gaya, F = 130 N
Luas, A = 2 m2
P = F/A
P = 130/2 = 65 N/m2
Jadi tekanan yang dialami benda tersebut ialah 65 N/m2 atau 65 Pa





Contoh Soal 3





Gaya sebesar 44 N bisa bekerja pada permukaan suatu benda seluas 1.000 cm2. Hitunglah sebuah tekanan yang diberikan pada benda tersebut.
Jawab:
Gaya, F = 44 N
Luas, A = 1.000 cm2 = 1.000/10.000 m2 = 0,1 m2
P = F/A
P = 44/0,1 = 440 N/m2
Jadi tekanan yang diberikan benda tersebut ialah 440 N/m2 atau 440 Pa





Contoh Soal 4





Hitunglah tekanan dari sebuah benda 25 kg dengan percepatan 8 m/s2 yang bekerja pada permukaan seluas 0,2 m2 !
Jawab:
Massa, m = 25 kg
Percepatan, a = 8 m/s2
Luas, A = 0,2 m2
Langkah 1: hitung gaya (F)
F = m.a
F = 25 x 8 = 200 N
Langkah 2: hitung tekanan (P)
P = F/A
P = 200/0,2 = 1.000 N/m2
Jadi tekanan yang diberikan benda tersebut ialah 1000 N/m2 atau 1000 Pa, 1 KPa





Itulah teman beberapa klarifikasi mengenai pengertian rumus tekanan yang mencakup ciri cirinya serta contohsoal, dalam ilmu fisika semoga bisa menambah wawasan kita semua. Terima kasih





Baca Juga :






Advertisement

Iklan Sidebar