Info Populer 2022

Sifat – Sifat Gelombang Dan Pola Soal Gelombang

Sifat – Sifat Gelombang Dan Pola Soal Gelombang
Sifat – Sifat Gelombang Dan Pola Soal Gelombang

Rumus.co.id – Setelah sebelumnya kita membahas wacana gelombang berjalan kali ini kita akan membahas materi wacana sifat yang dimiliki gelombang, kita akan jabarkan secara detail dan lengkap dari mulai definisi, macam – macam,  sifat – sifat, rumus beserta teladan soal gelombang  dan pembahasannya lengkap.


Pengertian Gelombang


Gelombang yaitu sebuah getaran yang merambat. Gelombang juga sanggup berpindah ketempat satu ketempat lainnya dengan memakai menggunakan media tertentu. Gelombang juga sanggup bergerak tanpa memakai media menyerupai pada ruang yang hampa.


 Setelah sebelumnya kita membahas wacana  Sifat – Sifat Gelombang dan Contoh Soal Gelombang
Gelombang

Ketika merabat, sebuah gelombang tersebut memindahkan energi dari satu tempat ketempat lainnya tanpa memindahkan medium yang dilaluinya tersebut.


Pengertian Muka Gelombang


Muka Gelombang yaitu sebuah garis atau permukaan pada suatu lintasan gelombang yang sedang merambat, dimana semua partikelnya pada garis atau permukaan tersebut mempunyai fase gelombang yang sama. Ada dua macam muka gelombang, yaitu muka gelombang lurus, dan muka gelombang lingkaran. Dalam medium homogen, gelombang akan merambat pada garis lurus, searah berkas, gelombang menyerupai ini disebut gelombang bidang.


Sifat – Sifat Gelombang


Gelombang mempunyai beberapa sifat – sifat tertentu, yaitu sebagai berikut :


1. Dispersi Gelombang :


Dispersi Gelombang merupakan perubahan bentuk sebuah gelombang ketika gelombang merambat melalui suatu medium. Suatu medium dimana laju gelombang tidak bergantung pada panjang gelombang atau frekuensinya sanggup disebut medium nondispersif.


2. Pemantulan Gelombang :


Pemantulan Gelombang yaitu ketika sebuah gelombang menabrak sebuah penghalang atau hingga di ujung (batas) maka akan menyebabkan suatu medium yang dirambatinya, sebagian gelombang tersebut dipantulkan. Sudut Pantul merupakan sudut yang dibuat oleh sinar (berkas) pantul terhadap garis yang tegak lurus pada permukaan pantulannya.


3. Pembiasan Gelombang :


Pembiasan Gelombang yaitu Jika gelombang tiba pada suatu permukaan batas yang memisahkan dua kawasan dengan laju gelombang berbeda, sebagian gelombang juga akan dipantulkan dan sebagian yang lain akan ditransmisikan (diteruskan). Pembelokan berkas gelombang yang diteruskan disebut Pembiasan (refraksi).


4. Difraksi Gelombang :


Difraksi Gelombang yaitu suatu pembelokan atau penyebaran gelombang alasannya melewati suatu celah kecil atau ujung sebuah penghalan. Ketika lebar celah lebih besar dibanding panjang gelombang dari berkas – berkas gelombangnya, maka efek difraksinya kecil. Ketika celah lebih sempit, maka efek difraksinya menjadi lebih jelas. Efek difraksi terbesar yaitu pada dikala lebar celah sama dengan panjang gelombang berkas.


5. Interferensi Gelombang :


Interferensi Gelombang yaitu Ketika dua gelombang koheren (memiliki frekuensi dan selisih fase tetap) bertemu, maka akan terjadi interferensi gelombang. Jika dua sumber koheren S1 dan S2 menghasilkan dua muka gelombang lingkaran, kedua muka gelombang itu akan bertemu dan membentuk pola interferensi pada permukaan air.


6. Polarisasi Gelombang


Polarisasi Gelombang dibagi menjadi 2 macam, yaitu :



  • Polarisasi Vertikal :


Adalah sebuah gelombang pertama yang anda peroleh dengan cara menggerakkan tali ke arah atas dan ke arah bawah.



  • Polarisasi Horizontal :


Adalah sebuah gelombang kedua yang anda peroleh dengan cara menggerakkan tali ke arah samping.


7. Efek Doppler


Efek Doppler adalah ketika gelombang dan peserta bergerak saling mendekati, frekuensi yang terdeteksi lebih besar daripada frekuensi sumber. Jika suatu sumber gelombang dan peserta bergerak relatif satu sama lain, frekuensi yang terdeteksi oleh peserta tidak sama dengan frekuensi sumbernya.


Contoh Soal Tentang Gelombang


1. Ada sebuah gelombang yang merambat dengan kecepatan 340 m/s. Jika frekuensi gelombang yaitu 50 Hz, tentukan panjang gelombangnya!


Penyelesaian :


Diketahui :



  • ν = 340 m/s

  • f = 50 Hz


Ditanya : λ = …..?



  • λ = ν / f

  • λ = 340 / 50

  • λ = 6,8 meter


Jadi, hasilnya yaitu = 6,8 meter


Inilah pembahasan lengkap wacana sifat – sifat yang dimiliki gelombang beserta materi, teladan soal dan pembahasannya, biar bermanfaat…


Baca Juga : 


Gelombang Stasioner

Cepat Rambat Gelombang


Advertisement

Iklan Sidebar