Rumu.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas makalah materi wacana teladan soal bahasa indonesia kelas 10 serta kunci jawababnnya, yang mana pada sebelumnya kita sudah membahas makalah wacana teladan soal bahasa indonesia kelas 9 dan jawabannya.
Untuk itu eksklusif saja kita simak pembahasannya dibawah berikut ini!
Contoh Soal Bahasa Indonesia kelas 10 Semester 1
Berilah tanda silang (x) pada karakter a, b, c, atau d di depan balasan yang benar!
1. Jenis pengembangan teks eksposisi yang rinciannya tergolong dalam suatu objek ke dalam bagian-bagian itu disebut jenis pengembangan ….
a. definisi
b. verifikasi
c. klasifikasi
d. aktualisasi
e. analisis
2. Sebuah karangan yang mengandung gosip atau pengetahuan disebut ….
a. karangan teks eksposisi
b. karangan teks ilmiah
c. karangan teks skripsi
d. karangan teks penelitian
3. Sebuah kata ganti orang yang sanggup dipakai terutama pada ketika pernyataan pendapat pribadi diungkapkan disebut ….
a. leksikal
b. klasikal
c.konjungsi
d. pronomina
4. Dalam jenis karangan teks eksposisi, terdapat jenis yang mempunyai pengertian sebagai pemapar atau penjelas dari defini suatu topik tertentu disebut ….
a. teks eksposisi proses
b. teks eksposisi definisi
c. teks eksposisi laporan
d. teks eksposisi ilustrasi
5. Berikut ini yaitu struktur lain yang ada dalam teks laporan observasi, kecuali …
a. definisi pembuka
b. definisi umum
c. definisi penutup
d. definisi bagian
6. Tujuan dari teks laporan obeservasi yaitu …
a. Menemukan teknik atau cara terbaru
b. sebagai materi penelitian ilmiah
c. mencari sampel masalah
d. balasan a, b dan c benar semua
7. Jenis-jenis kalimat yang biasa dipakai dalam pembuatan teks laporan hasil observasi, kecuali….
a. kalimat deskripsi
b. kalimat simple
c. kalimat kompleks
d. kalimat tanya
8. Bacalah teks berikut dengan cermat!
Air yang berasal dari maritim dan flora sanggup diuapkan oleh sinar matahari. Setelah diuapkan, hasil uapan tersebut akan naik keatas sehingga terjadinya penggumpalan uap air yang biasa disebut awan. Kemudia awan akan menurunkan air hujan dengan pinjaman angin. Air yang turun kemudian akan diresap oleh tanah, sehingga sebagian ada yang menjadi cadangan dalam tanah dan sebagian lagi menuju permukaan laut. Kondisi ini terjadi berulang-ulang terus dengan cara yang sama.
Teks diatas yaitu merupakan teladan dari teks ….
a. teks deskripsi
b. teks laporan ilmiah
c. teks laporan observasi
d. teks laporan eksposisi
9. Salah satu fungsi dari hasil teks laporan obeservasi yaitu ….
a. merupakan pembukaan awal untuk mencari informasi
b. bukan sumber gosip utama
c. merupakan materi untuk pendokumentasian
d. merupakan hasil analisis dari teks laporan
10. Informasi yang dihadirkan dari hasil observasi dan analisis secara sistematis yaitu ….
a. teks observasi
b. teks definisi
c. teks kesimpulan
d. teks hasil laporan
11. Dalam pembuatan teks laporan, kita harus memperhatikan salah satunya wacana aspek kebahasaan, mirip dalam penggunaan ….
a. kelas kata
b. kalimat
c. korelasi antarkalimat
d. korelasi antarparagraf
12. Salah satu tujuan seorang penulis memakai tabel dalam tulisannya yaitu ….
a. sebagai penerang bahwa insiden benar-benar ada
b. sebagai penguat atas bukti bahwa insiden benar-benar terjadi
c. sebagai materi untuk sanggup meyakinkan suatu pendapat
d. sebagai citra suatu keadaan sebagaimana yang benar-benar terjadi
13. Teks eksposisi sanggup kita jumpai pada media-media salah satunya yaitu ….
a. televisi
b. koran
c. radio
d. handphone
14. Arti sifat opsional dalam teks eksposisi mengandung arti ….
a. wajib ada dalam suatu teks eksposisi
b. tidak wajib ada dalam suatu teks ekspoisi
c. boleh ada dan boleh juga tidak ada dalam suatu teks eksposisi
d. topik dalam teks boleh ibarat ringkasan materi
15. Bagaimana penegasan penulis pada potongan penutup dalam sebuah teks eksposisi ….
a. sama
b. samar-samar
c. jelas
d. berbeda
Contoh Soal Bahasa Indonesia kelas 10 Semester 2
Berilah tanda silang (x) pada karakter a, b, c, atau d di depan balasan yang benar!
1. Negosiasi yaitu ….
a. wujud interaksi sosial yang bertujuan untuk mencari kesepakatan bersama dari kedua belah pihak
b. perdebatan antara pihak satu dengan pihak lain
c. penggambaran suatu problem sesuai dengan insiden yang terjadi
d. kesimpulan teks deskriptif
2. Mencapai suatu kesepakatan dari kedua belah pihak yang saling menguntungkan, merupakan ….
a. manfaat negosiasi
b. manfaat diplomasi
c. tujuan interaksi
d. tujuan negosiasi
3. Terciptanya suatu kesepakatan antara kedua belah pihak yang saling menguntungkan, merupakan …. negosiasi
a. manfaat
b. tujuan
c. definisi
d. unsur
4. Salah satu hal yang harus adalam perundingan yaitu ….
a. pembuka
b. nama lengkap
c. identitas
d. lampiran
5. Dalam teks negosiasi, isi yang memuat wacana pengenalan diri serta salam dan sapa terdapat dalam ….
a. penutupan
b. proses
c. pembuka
d. kesepakatan
6. Adu argumen antara kedua belah pihak atau lebih baik itu kelompok atau individu disebut ….
a. negosiasi
b. interaksi
c. perdebatan
d. perjanjian
7. Tujuan debat yaitu untuk ….
a. melatih diri untuk selalu bersikap kritis dalam setiap permasalahan perdebatan
b. mencari kepuasan diri atau masing-masing kelompok
c. melemahkan pemahaman dari materi perdebatan
d. memperbanyak musuh debat
8. Materi, personalia dan kemudahan debat merupakan ….
a. unsur-unsur debat
b. ciri-ciri debat
c. struktur debat
d. pengertian debat
9. Fungsi panelis dalam sebuah debat yaitu ….
a. sebagai penilai materi debat
b. sebagai juri perdebatan
c. sebagai akseptor cadangan dalam debat
d. sebagai pendukung dari masing-masing kelompok debat
10. Membuat kerangka atau skema untuk sebuah program perdebatan merupakan kiprah dari ….
a. akseptor debat itu sendiri
b. panelis
c. moderator
d. narasumber
11. Syarat untuk menentukan seseorang calon moderator yaitu salah satunya calon moderator tersebut harus yang….
a. cerdas dan pintar
b. boleh mengambil dari salah satu pendukung akseptor debat
c. netral dan tidak memihak antara kedua belah pihak debat
d. cerdik menciptakan suasana menjadi memanas
12. Ada beberapa jenis debat. salah satunya yaitu yang dilakukan oleh anggota tubuh legislatif yaitu jenis debat ….
a. formal
b. terencana
c. terstruktur
d. mempunyai hukum khusus
13. Dalam menyusun kerangka debat, kerangka tersebut harus ….
a. berantakan agar membingungkan
b. rapi dan terstruktur
c. terorganisir
d. adanya tanya jawab dengan narasumber
14. Sesuatu yang dihentikan dalam jalannya debat yaitu ….
a. menunjukkan keluasan waktu kepada lawan debat
b. melawan dewan juri
c. berdiskusi dengan lawan debat
d. tidak menghina atau mencaci lawan debat
15. Sesorang yang dianggap mempunyai pengetahuan lebih terhadap suatu masah yang diperdebatkan disebut ….
a. moderator
b. narasumber
c. akseptor debat
d. penonton
Demikianlah pembahasan mengenai teladan soal bahasa indonesia kelas 10 beserta jawabannya. Semoga bermanfaat ….
Baca Juga: