Info Populer 2022

Stepa

Stepa
Stepa

Apa itu Pengertian Stepa di dalam ilmu geografi? Sebagian besar kita selalu bertanya – tanya apa sih Stepa itu.





Nah dalam artikel kali ini kami akan membahas ihwal alam dunia yang dinamakan dengan Stepa, sebelum kita membahas lebih dalam terlebih dahulu kita harus mengetahui dulu apa itu stepa.





Stepa yaitu ekosistem yang luas dan merupakan dari sebuah tumbuhan dan fauna yang terdiri dari khas di dalamnya yaitu ekosistem geografis. Hal yang semacam ini terdiri atas produsen, konsumen, dan dekomposer yang di dalamnya terjadi pemikiran materi dan energi yang dimulai dari tumbuhan.





Adapun terdapat ciri yaitu vegetasi menjadi mendominasi kan suatu wilayah ke wilayah yang lainnya biar terdapat nya kondisi iklim yang stabil, sehingga terdapat perbedaan antara iklim sejuk dan iklim panas.





Untuk lebih lengkap lagi mari kita bersama – sama simak pengertian stepa, proses stepa, ciri ciri stepa, dan cara persebaran stepa secara mendalam :





Pengertian Stepa





Stepa adalah dataran yang tidak terdapat pepohonan (kecuali yang berada di erat sungai atau danau), yang pada umum nya ditumbuhi rumput yang pendek. Adapun bentuk dari stepa yaitu berupa semi-gurun atau tertutup rumput dan semak.





Istilah dari kata lain bisa juga dipakai untuk mengatakan iklim pada suatu kawasan yang terlalu kering untuk menunjang suatu hutan, hanya saja tidak cukup kering untuk menjadi gurun.





Walaupun ada mungkin hanya sedikit saja, lantaran adanya perbedaan isu terkini tropis dan isu terkini sabana yang merupakan padang rumput tapi dikelilingi oleh kumpulan pepohonan yang sangat besar.





Apa itu Pengertian Stepa di dalam ilmu geografi Stepa
gambar stepa




Proses Terbentuknya Stepa





Dalam terbentuknya Stepa ini yaitu secara alami yang disebabkan oleh cuaca yang tingkat curah hujan rendah, sekitar 25 mm/dalam tahun,hal yang demikian menjadikan tumbuhan akan kesulitan untuk menyerap air.





Sehingga ada beberapa jenis tumbuhan saja yang sanggup bertahan hidup di lingkungn tersebut, lantaran sangat di butuhkan dalam mengikuti keadaan dengan lingkungan alam yang kering.





Ciri Ciri Stepa





  1. Tanah dan sistem penyaluran yang kurang baik sehingga menimbulkan rumput tidak tumbuh dengan subur
  2. Rumput tingginya mencapai tiga satu meter. Hal ini menimbulkan tumbuhnya vegetasi rumput yang sangat luas
  3. Memiliki tanah yang lembab dan suhu udara yang sangat rendah
  4. Curah hujan tidak teratur, antara 200-500 mm/tahun
  5. Suhu 18ºC – 25ºC ketika isu terkini panas, 15ºC – 20ºC ketika isu terkini dingin
  6. Suhu udara di siang 40ºC dan di malam hari sekitar 0ºC
  7. Memiliki suhu udara yang sangat rendah
  8. Tanahnya berupa tanah tandus yang pada umum nya tidak bisa menyimpan air yang disebabkan oleh rendahnya tingkat porositas




Persebaran Stepa





Pada umumnya dari penyebaran stepa terdapat juga kawasan yang tropis dan subtropis dengan curah hujan nya antara 250-500 mm/dalam satu tahun.





Tetapi di kawasan tersebut ada juga terdapat kawasan yang padang rumput nya dengan curah hujan yang mencapai 1.000 mm hanya saja hujan yang tidak teratur, menyerupai di kawasan Indian atau Amerika Utara.





Penyebab Persebaran





Penyebab Persebaran yaitu tingkat tekanan populasi yang semakin bertambah, maka akan menimbulkan meningkat nya kebutuhan dalam persediaan materi makanan, akan semakin sulit dipenuhi lantaran terjadinya perubahan migrasi.





Dengan perubahan migrasi akan menjadikan perubahan habitat dalam fungsi lingkungan hidupnya, maka akan memerlukan tempat tinggal yang beradaptasi, sehingga terjadilah perpindahan ke tempat yang sesuai dengan habitatnya.





Sarana Persebaran





Sarana Persebaran adalah melalui udara, dengan melalui udara sanggup migrasi melalui kekuatan terbang yang sanggup memakai angin untuk migrasi dari berat ke timur.





Sehingga lahan yang di gunakan pada umumnya memakai persebaran udara untuk pengangkutan Manusia, dengan demikian migrasi memakai cara udara, biar sanggup berpindah tempat dengan tempat yang baru





Hambatan Persebaran





Hambatan Iklim





Adalah keadaan yang bersifat ekstrim sehingga sanggup menghambat persebaran fauna dan tumbuhan contohnya kondisi temperatur, kelembaban udara dan curah hujan.





Hambatan Edafik (Tanah)





Adalah, tanah sangat mensugesti tanaman/tumbuhan lantaran di dalam tanah terdapat unsur-unsur penting menyerupai unsur hara, udara, atau kandungan air yang cukup.





Hambatan Geografis





adalah kondisi geografi yang sanggup menghambat persebaran fauna dan tumbuhan menyerupai di samudera, padang pasir, sungai dan pegunungan.





Hambatan Biologis





Adalah kondisi lingkungan alam yang cocok untuk kehidupan tumbuhan dan fauna yang hidup didalamnya terdapat persediaan materi kuliner yang melimpah sanggup menghambat tumbuhan atau fauna berpindah.





Dalam kehidupan ekosistem di darat mempunyai kemiripan dengan sabana, yang di mana keduanya sama-sama berupa padang rumput, akan tetapi perbedaan nya hanya padang rumput yang tidak ada pepohonan atau hanya terdapat sedikit pohon.





Stepa Di Indonesia





Stepa di Indonesia terdapat di potongan di Nusa Tenggara, yang mempunyai kondisi tanah yang pada umumnya yaitu tanah yang kering lantaran di wilayah tersebut cuaca yang sangat panas menyerupai gurun atau semi gurun.





Curah hujan yang turun pada wilayah tersebut kurang dari 25 cm per tahun yang menimbulkan kondisi alam yang kurang subur. Penduduk sekitar juga memakai wilayah ini untuk area ternak binatang yang memakan rumput saja seperti, kambing, sapi dan sejenisnya untuk di jadikan kebutuhan dan aktivitas mereka sehari – hari.





Nah itulah teman pembahasan yang bisa kami sampaikan dalam penulisan artikel kali ini ihwal stepa, adapun pokok dari materi ini yaitu yang menjelaskan sebuah dataran yang jarang sekali terdapat pohon yang tinggi kecuali di tepi sungai saja.





Demikian artikel kami ihwal ilmu Geografi ini yang mempelajari ihwal stepa, semoga apa yang kami jelaskan bisa bermanfaat dan sanggup menambah pengetahuan kita.





Terima Kasih





Baca Juga :






Advertisement

Iklan Sidebar