Info Populer 2022

Tujuan, Bidang Dan Pengertian Akuntansi Berdasarkan Para Ahli

Tujuan, Bidang Dan Pengertian Akuntansi Berdasarkan Para Ahli
Tujuan, Bidang Dan Pengertian Akuntansi Berdasarkan Para Ahli

Rumus.co.id – Pertemuan kali ini kita akan memebahas mengenai fungsi, bidang dan pengertian akuntansi berdasarkan para ahli. Akuntansi yakni bidang yang berafiliasi dengan transaksi keuangan. Dalam transaksinya terdapat beberapa nominal uang dan angka.


Pengertian Akuntansi


Akuntansi yakni proses yang terdiri dari tiga kegiatan ialah identifikasi, pencatatan dan pengkomunikasikan kejadian ekonomi suatu perusahaan atau organisasi kepada pihak yang berkepentingan.


Kebijakan dalam penggunaan uang dalam oprasional tentu sangat hati-hati. Karena berafiliasi dengan uang, kebijakan dalam pengambilan keputusan sangat perlu di terapkan dalam hal ini. Pengelolaan dan pencatatan acara seluruh uang masuk dan keluar akan di tuangkan dalam laporan keuangan.


Laporan keuangan yakni data yang bersifat valit yang di gunakan sebagai informasi. Berdasarkan laporan keuangan tersebut banyak sekali devisi akan mengambil kebijakan sesuai dengan semestinya.


 Pertemuan kali ini kita akan memebahas mengenai fungsi Tujuan, Bidang dan Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli


Pengertian Akuntansi Menururt Para Ahli Hans Kartikahadi, dkk. (2016:3),


Akuntansi yakni suatu sistem gosip keuangan, yang bertujuan untuk menghasilkan dan melaporkan gosip yang relevan bagi banyak sekali pihak yang berkepentingan.


Pengertian Akuntansi Menururt Para Ahli James  M. Reeve,  et  al  (2009:09),


Akuntansi merupakan  sistem  informasi  yang  menyediakan  laporan  untuk  para  pemangku kepentingan mengenai acara ekonomi dan kondisi perusahaan.


Pengertian Akuntansi Menururt Para Ahli Azhar  Susanto(2013:64),


Akuntansi  sebagai  sistem  informasi  yang  menghasilkan informasi  atau  laporan  untuk  berbagai  kepentingan  baik  individu  atau  kelompok wacana acara / operasi / kejadian ekonomi atau keuangan suatu organisasi.


Tujuan Akuntansi


Berikut ini yakni tujuan akuntansi antara lain:



  1. Memberikan data dan gosip yang sanggup di percaya.

  2. Memberikan gosip mengenai perubahan yang terjadi pada sumber-sumber ekonomi.

  3. Meberikan gosip keuangan yang sanggup di gunakan memprediksi potensi perusahaan mendapat laba.

  4. Menyajikan gosip keuangan sedalam mungkin yang berkaitan dengan laporan keuangan sehingga relevan untuk dipakai oleh para pengguna laporan keuangan.


Bidang-Bidang Ekonomi


Berikut ini yakni beberapapa bidang akuntansi antara lain:


1.      Akuntansi Manajemen


Akuntansi menajemen yakni bidang yang menyediakan data dan gosip untuk pengambilan keputusan manajemen menyangkut operasi harian dan perencanaan operasi di masa depan. Contohnya yakni menyediakan data biaya guna penentuan harga jual produk tertentu dan pertimbangan terkait.


2.      Akuntansi Biaya


Akuntansi biaya yakni bidang yang menjalankan keseluruhan proses akuntansi sehingga sanggup menghasilkan gosip keuangan bagi pihak eksternal. Contohnya yakni laporan keuntungan rugi, laporan perubahan keuntungan di tahan, laporan seluruh transaksi.


3.      Auditing


Auditing yakni bidang akuntansi yang bertugas memerikasa laporan keuangan. Pemeriksaan dilakukan staf perusahaan maka disebut dengan audit internal. Hasil investigasi akan di gunakan untuk kepentingan internal perusahaan. Contohnya audit laporan keuangan dan laporan transaksi.


4.      Akuntansi Pajak


Akuntansi pajak yakni bidang yang mempersiapkan segala sesuatu yang berafiliasi dengan perpajakan. Setiap transaksi meliputi acara pajak, dan perhitungan pengembalian pajak (retitusi pajak) yang menjadi hak perusahaan.


5.      Sistem Akuntansi


Sistem akuntansi yakni bab yang menangani sistem yang berjalan berkaitan dengan keuangan. Segala sesuatu yang berkaitan dengan acara sistem akuntansi yakni asset perusahaan. Sistem akuntansi akan mengamankan data-data penting perusahaan yang berkaitan dengan pendapatan perusahaan dan yang lainya.


6.      Akuntansi anggaran


Akuntansi anggaran yakni bidang yang berfokus pada pembuatan rancangan kerja perusahaan di masa depan. Rancangan tersebut sebagai kerangka kerja kedepannya akan mengerjakan project. Akuntansi anggaran juga berfungsi sebagai pengendalian planning tersebut.


7.      Akuntansi Internasional


Akuntansi internasional yakni bidang yang transaksi-transaksi yang berkaitan dengan internasional. Transaksi yang berkaitan dengan ekspor impor antar negara atau transaksi perpajakan setiap negara.


8.      Akuntansi Sektor Publik


Akuntansi sector publik yakni bidang yang berafiliasi dengan pemerintahan dan organisasi nirlaba. Hal  ini  diperlukan  karena  organisasi  nirlaba yakni organisasi yang didirikan dengan tujuan bukan menghasilkan keuntungan usaha,  sebagaimana perusahaan konmersial lainnya. Contohnya yakni intstansi  pemerintahan, rumah sakit, yayasan sosial, panti jompo, dan sebagainya.


Baca Juga:



Fungsi, Unsur, Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli



Demikianlah klarifikasi mengenai Tujuan, Bidang dan Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli. Kunjugi terus rumus.co.id banyak artikel-artikel menarik dan bermanfaat.


 


Advertisement

Iklan Sidebar