Info Populer 2022

3 Fungsi Utama Tulang Pergelangan Tangan

3 Fungsi Utama Tulang Pergelangan Tangan
3 Fungsi Utama Tulang Pergelangan Tangan

Rumus.co.id – sebelumnya kita sudah membahas mengenai fungsi tulang hasta dan tulang atas. Pada kali ini kita akan membahas mengenai fungsi tulang pergelangan tangan pada badan manusia. Simak klarifikasi berikut ini.


Fungsi Tulang Pergelangan Tangan


Tulang pergelangan tangan yakni kawasan antara pergelangan tangan dan siku dan mempunyai otot otot. Tulang lengan terdiri dari belahan potongn yang bersama sama menjalankan tugasnya sebagai alat yang berperan dalam banyak sekali aktifitas manusia.


Lengan insan sanggup terlihat kokoh, kuat, serta berbentuk alasannya yakni mempunyai tulang di dalamnya. Tanpa adanya tulang lengan tersebut, lengan insan tidak akan bisa bergerak dengan bebas.


Tulang pergelangan tangan yakni tulang gerak yang tergolong tulang pendek atau carpal mempunyai bentuk bundar dan pendek. Ada 8 tulang pendek yang tersusun membentuk pergelangan tangan. Selain itu tulang pergelangan tangan termasuk jenis tulang yang keras yang di bentuk oleh sel tulang mempunyai jalan masuk havers berisi pembuluh darah.


Tulang ini mengandung senyawa berupa zat kapur terdiri dari kalsium karbonat dan kalsium fosfat yang di peroleh dari pedoman darah. Otot yang menempel pada tulang pergelangan tangan sangat banyak misalnya otot-otot dari kelima jari. Jari-jari ini akan di gerakkan dengan otot yang sudah menempel pada pergelangan tangan.


 sebelumnya kita sudah membahas mengenai  3 Fungsi Utama Tulang Pergelangan Tangan


Berikut ini yakni fungsi tulang pergelangan tangan:


1.      Sebagai Alat Gerak Tangan


Fungsi utama dari pergelangan tangan yakni menggerakan tangan. Semua gerak tangan melalui tulang pergelangan tangan terlebih dahulu. Otot yang ada di pergelangan tangan akan menggerakkan tangan. Di antara tulang-tulang yang menyusun pergelangan tangan terdapat sendi kaku yang memungkinkan pergerakan terjadi secara terbatas. Sedangkan sendi yang menghubungkan pergelangan tangan dengan telapak tangan yakni sendi pelana. Tulang pergelangan tangan sebagai alat gerak paling utama dalam badan manusia. Karena hampir semua acara insan membutuhkan tangan sebagai alat. Sehingga sangat penting sekali menjaga tulang dan otot-otot pada lengan.


2.      Tempat Menempelnya Otot


Otot yang menempel pada tangan semuanya yakni panduan otot pada lengan. Semua otot yang menempel di lengan yakni sensor gerakan-gerakan tangan. Otot ini merupakan otot yang sangat penting untuk tangan. Terdapat dua jenis otot pada pergelangan tangan yaitu otot ekstensor dan otot fleksor. Kedua otot ini memungkinkan banyak sekali gerakan terjadi dibantu dengn sendi kaku dan sendi pelana yang menghubungkan sekitar tulang pergelangan tangan.


3.      Penghubung Tulang Jari dan Tulang Pangkal Lengan


Pada jari terdapat ujung bawah tulang dan pada tulang pangkal lengan terdapat diantaranya tulang pergelangan lengan. Pergelangan tangan terdiri dari tulang-tulang berbentuk bundar dan pendek. Susunan ini membentuk pergelangan tangan atau carppal yang menghubungkan tulang-tulang jari dengan tulang pangkal lengan atau distal.


Fungsi di atas merupakan 3 fungsi tulang pergelangan tangan pada manusia. Tangan merupakan bab terpenting dalam kehidupan menusia. Hampir semua acara memakai tangan. Selain kaki tangan merupakan alat gerak insan yang sangat penting.


Jika tangan tidak sanggup berfungsi dengan baik maka insan tersebut akan mengalami kesusahan pada kehidupan sehari-hari. Sebagai referensi kita makan saja memakai tangan, mengambil sesuatu, memasak, menulis dan mengetik sebuah laporan.


Baca Juga:



8 Fungsi Tulang Atas Pada Tubuh Manusia


10 Fungsi Tulang Hasta Pada Tubuh Manusia



Demikian Pembahasan yang menarik mengenai 3 Fungsi Utama Tulang Pergelangan Tangan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta isu anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


Advertisement

Iklan Sidebar