Info Populer 2022

Rumus Energi Listrik

Rumus Energi Listrik
Rumus Energi Listrik

Rumus Energi Listrik – Energi Listrik merupakan suatu energi yang sangat diharapkan oleh seluruh insan dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Apalagi dizaman modern ini hampir 90% seluruh acara insan yang memakai alat-alat teknologi selalu mengandalkan energi listrik.


Energi Listrik merupakan suatu energi yang sangat diharapkan oleh seluruh insan dalam me Rumus Energi Listrik


Karena tanpa adanya energi listrik ini semua alat-alat teknologi yang digunakan oleh insan tidak akan sanggup bekerja dengan baik, menyerupai : Televisi. Radio, Mobil, Motor, Komputer, apalagi yang namanya Internet yang sudah menjadi bab yang sangat penting dalam kehidupan manusia.


Oleh lantaran itu pada kesempatan kali ini, kita akan tolong-menolong membahas perihal energi listri beserta dengan struktur-struktur yang terkait didalamnya.


Pengertian Energi Listrik


Energi Listrik yaitu Sebuah energi utama yang berfungsi untuk peralatan-peralatan elektronik yang didalamnya tersimpan Arus Listrik dengan Satuan Ampere (A), Tegangan Listrik dengan Satuan Volt (V),  dan ketentuan kebutuhan Konsumsi Daya Listrik dengan Satuan Walt (W). 


Rumus & Contoh Soal Energi Listrik


Energi Listrik terjadi lantaran suatu pemikiran muatan listrik yang terdapat didalam rangkaian listrik tertutup. Berikut ini yaitu penjelasannya dalam bentuk rumus.





























RumusKeterangan
W : Energi Listrik
W = V.I.tV  : Tegangan Listrik
     = P.tI   : Kuat Arus Listrik
t   : Waktu
P : Daya Listrik

Contoh Soal Pertama



Pertanyaan :Pada sebuah lampu pijar dengan daya sebesar 80 Watt dan tegangan listrik sebesar 220 Volt, kemudian terpasang pada sumber listrik berpotensial 110 Volt. Kaprikornus seberapa besar daya yang telah digunakan lampu pijar itu tersebut?


Diketahui :


Besar Daya (P1) : 80 Watt


Potensial Listrik (V2 ) : 110 Volt


Tegangan Listrik (V1 ) : 220 Volt


Jawaban :


Energi Listrik merupakan suatu energi yang sangat diharapkan oleh seluruh insan dalam me Rumus Energi Listrik


 


 


 


 


Jadi Besarnya Daya yang telah digunakan lampu pijar tersebut sebesar 40 Watt.




Contoh Soal Kedua



Pertanyaan :Pada sebuah rumah memakai listrik dengan daya sebesar 500 Watt, dan mempunyai tegangan listrik sebesar 110 Volt. Jika penerangan pada rumah itu memakai sebuah lampu dengan daya sebesar 100 Watt dan tegangan listrik sebesar 220 Volt. Maka berapakah jumlah lampu maksimum yang sanggup dipasang?


Diketahui :


Besar Daya (P) : 500 Watt & 100 Watt


Tegangan Listrik (V) : 110 Volt & 220 Volt


Jawaban :


1. Hambatan pada lampu :


Energi Listrik merupakan suatu energi yang sangat diharapkan oleh seluruh insan dalam me Rumus Energi Listrik


 


 


 


 


2. Besar daya pada lampu dengan tegangan 110 Volt :


Energi Listrik merupakan suatu energi yang sangat diharapkan oleh seluruh insan dalam me Rumus Energi Listrik


 


 


 


 


3. Kaprikornus apabila rumah tersebut memakai daya sebesar 500 Watt :


Energi Listrik merupakan suatu energi yang sangat diharapkan oleh seluruh insan dalam me Rumus Energi Listrik


 


 


 


Maka jumlah lampu maksimum yang sanggup dipasang dirumah tersebut sebanyak 20 buah.


 




Perubahan Energi Listrik


Dalam Hukum Energi bahwa, setiap energi tidak sanggup diciptakan dan tidak sanggup dihilangkan, tetapi setiap energi sanggup berubah bentuk menjadi energi lainnya. Pada hal ini energi listrik sanggup melaksanakan suatu perubahan bentuk energi lainnya, yaitu diantaranya yaitu Energi Bunyi, Energi Cahaya, Energi gerak, Energi Dorongan, dan Energi lain-lainnya.


Pada berikut ini kita akan membahas perubahan-perubahan bentuk energi listrik menjadi energi lainnya :


1. Energi Listrik Berubah Bentuk Menjadi Energi Cahaya


Dalam bentuk perubahan ini terjadi pada sebuah Lampu Pijar atau Neon. Karena ketika Aliran Arus Listrik, pada Elemen Panas (Filamen) yang terdapat didalam Lampu Pijar atau Neon tersebut gampang sekali terbakar, oleh alasannya yaitu itu pada bola lampu diisi dengan Gas Argon dan Nitrogen biar Filamen tidak gampang terbakar sehingga sanggup bercahaya mencapai suhu 1.000 Kalor.


2. Energi Listrik Berubah Bentuk Menjadi Energi Kalor


Dalam bentuk perubahan ini terjadi pada sebuah Alat Pemanas Air. Karena ketika Arus Listrik yang terdapat pada kompor listrik, bisa menciptakan perubahan Energi Kalor pada Alat Pemanas Air, hal ini sanggup kita lihat akan Air yang berada didalam Alat Pemanas tersebut akan mengalami pendidihan.


3. Energi Listrik Berubah Bentuk Menjadi Energi Kimia


Dalam bentuk perubahan ini terjadi pada sebuah Logam Emas. Pada ketika ini proses pelapisan Logam Emas yang membutuhkan Energi Listrik sehingga bisa menguraikan Senyawa Kimia yang terdapat pada Logam Emas dan perlahan-lahan terlepas menjadi partikel-partikel kecil yang akan menjadi melapisi Emas tersebut.


4. Energi Listrik Berubah Bentuk Menjadi Energi Gerak


Dalam bentuk perubahan Energi Listrik menjadi Energi Gerak (Kinetik) ini terjadi pada sebuah Batu Baterai yang digunakan pada sebuah mainan mobil-mobilan, lantaran pada Batu Baterai tersebut mempunyai Energi Arus Listrik sehingga sanggup bergerak melaju.


 


Demikianlah klarifikasi mengenai perihal Energi Listrik beserta Pengertian, Rumus-Rumus, dan Contoh Soalnya.


Semoga sanggup bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang mempunyai kegunaan untuk kita semua.


 


 


Advertisement

Iklan Sidebar