Info Populer 2022

Fungsi Daun Pada Tumbuhan

Fungsi Daun Pada Tumbuhan
Fungsi Daun Pada Tumbuhan

Fungsi Daun Pada Tumbuhan – Mengapa sebagian besar jenis-jenis Tumbuhan mempunyai sebuah Daun? Apa fungsi dari Daun itu sendiri terhadap sebagian besar jenis-jenis Tumbuhan?. Sebagian dari kita mungkin masih banyak yang belum mengetahui fungsi dari Daun tersebut.


 Apa fungsi dari Daun itu sendiri terhadap sebagian besar jenis Fungsi Daun Pada Tumbuhan


Oleh alasannya itu pada kesempatan kali ini, kita akan bantu-membantu mempelajari ihwal Fungsi Daun Pada Tumbuhan, beserta dengan struktur-struktur komponen yang dimiliki oleh Daun.


Pengertian Daun


Pada umumnya Daun mempunyai Warna Hijau dan Lebar, dengan bentuk menyerupai Hati, Panjang, Bulat, dan Lancip, serta majemuk bentuk Tulang Daunnya, adalah berupa Tulang Daun Menyirip, Tulang Daun Melengkung. Tulang Daun Menjari, dan Tulang Daun Sejajar, tergantung dengan jenis Klasifikasi flora itu sendiri, adalah flora Dikotil atau Monokotil.


Perbedaan Struktur Daun


Pada perbedaan struktur Anatominya antara Daun pada flora Dikotil dan flora Monokotil, sanggup kita lihat dengan jelas, dalam bentuk Tabel yang telah tersedia dibawah ini :




































Perbedaan Daun Dikotil & Monokotil
Daun DikotilDaun Monokotil
Jaringan Epidermis yang dimiliki hanya SatuJaringan Epidermis yang dimiliki Dua
Stomata terdapat pada bab atas dan bawah permukaan DaunStomata terletak sejajar pada bab urat Daun
Mesofil terletak pada bab lapisan atas dan bawah Jaringan EpidermisMesofil terletak pada bab lengkungan urat Daun
Jaringan Kutikula melapisi permukaan atas dan bawah DaunTidak mempunyai Jaringan Kutikula
Memiliki Rambut dan KelenjarTidak mempunyai Rambut dan Kelenjar
Urat Daun terletak pada bab helai DaunUrat Daun terletak pada bab helai Daun

Dalam klarifikasi Tabel diatas, Daun mempunyai struktur-struktur yang berfungsi penting untuk perkembangannya, berikut penjelasannya secara detail :


1. Jaringan Epidermis dan Kultikula


Jaringan Epidermis ini berfungsi untuk melapisi dan melindungi seluruh bab permukaan pada Daun, mengurangi pengeluaran Air yang terjadi, mengatur pertukaran antara Gas, mengeluarkan Metabolik dan menyerap Air dan Mineral untuk perkembangan pada Daun.


2. Stomata


Stomata ini berfungsi sebagai Alat Pernafasan bagi Daun. Organ ini akan mengambil Karbondikosida (Co²) untuk dijadikan sebagai Proses Fotosintesis, kemudian kemudian menghasilkan O² dari Proses Fotosintesis.


3. Jaringan Mesofil


Jaringan Mesofil ini terbagi menjadi 2 bagian, adalah Jaringan Palisade dan Jaringan Spons.


A. Jaringan Palisade : Suatu jaringan yang terdapat didalam permukaan Daun, mempunyai banyak Kloropas yang berfungsi untuk memproses pembuatan makanan.


B. Jaringan Spons : Suatu jaringan berongga yang terdapat didalam permukaan Daun, berfungsi sebagai daerah untuk menyimpan cadangan makanan.


4. Pembuluh Berkas Angkut


Berkas Angkut ini terbagi menjadi 2 bagian, adalah Xilem dan Floem.


A. Berkas Angkut Xilem : Suatu komponen yang terdapat pada jaringan Daun, berfungsi untuk mengangkut Air dan Mineral menuju ke seluruh bab dalam Daun.


B. Berkas Angkut Floem : Suatu komponen yang terdapat pada jaringan Daun, berfungsi untuk membuatkan hasil dari Proses Fotosintesis ke seluruh bab pada Daun.


5. Urat Daun


Urat Daun ini berfungsi sebagai daerah pembentukan Berkas Pengangkut yang ada pada permukaan Daun.


Jenis Bentuk Daun


Pada setiap Klasifikasi Tumbuhan mempunyai macam-macam bentuk Daunnya, sebagai berikut :


1. Daun Menjari (Palminervis)


 Apa fungsi dari Daun itu sendiri terhadap sebagian besar jenis Fungsi Daun Pada Tumbuhan


Bentuk Daun pada jenis ini, mempunyai bentuk Daun yang Menjari menyerupai jari-jari tangan Manusia, dengan satu Tulang Daun yang cukup besar. Jenis bentuk Daun Menjari ini sanggup kita lihat pada Tumbuhan Singkong, Pepaya, dan Pohon Jarak.


2. Daun Menyirip (Penninervis)


 Apa fungsi dari Daun itu sendiri terhadap sebagian besar jenis Fungsi Daun Pada Tumbuhan


Bentuk Daun pada jenis ini, mempunyai bentuk Daun yang Menyirip menyerupai sirip Ikan, dengan Tulang Daun yang tersusun secara rapih mulai dari Tangkai hingga Ujung Daun. Jenis bentuk Daun Menyirip ini sanggup kita lihat pada Tumbuhan Pohon Mangga, Rambutan, Jambu, dan Pohon Beringin.


3. Daun Sejajar (Restinervis)


 Apa fungsi dari Daun itu sendiri terhadap sebagian besar jenis Fungsi Daun Pada Tumbuhan


Bentuk Daun pada jenis ini, mempunyai bentuk Daun yang Sejajar menyerupai garis-garis yang tersusun secara sejajar, dengan Tulang Daun yang Besar membujur ke arah tengah. Jenis bentuk Daun Sejajar ini sanggup kita lihat pada Tumbuhan Jagung, Rumput, Tebu, Padi, dan Pohon Kelapa.


4. Daun Melengkung (Cervinervis)


 Apa fungsi dari Daun itu sendiri terhadap sebagian besar jenis Fungsi Daun Pada Tumbuhan


Bentuk Daun pada jenis ini, mempunyai bentuk Daun yang Melengkung menyerupai garis-garis yang tersusun secara melengkung, dengan Tulang Daun yang Besar membujur ke arah tengah sedikit melengkung. Jenis bentuk Daun Melengkung ini sanggup kita lihat pada Tumbuhan Pohon Waru, Gadung, Genjer dan Daun Sirih.


Demikianlah klarifikasi Materi mengenai ihwal Daun beserta Pengertian, Struktur, Perbedaan, dan Bentuk-Bentuk Daun.


Semoga sanggup bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang mempunyai kegunaan untuk kita semua.


 


 


Advertisement

Iklan Sidebar