Info Populer 2022

Lari Estafet – Sejarah, Teknik Start, Lapangan, Peraturan

Lari Estafet – Sejarah, Teknik Start, Lapangan, Peraturan
Lari Estafet – Sejarah, Teknik Start, Lapangan, Peraturan

LARI ESTAFET Kali ini kita akan membahas materi wacana definisi dan pengertian olahraga lari estafet beserta sejarah, teknik start, peraturan, bentuk lapangan, cara melakukannya, dan macam – macam gaya lari estafet.


 Kali ini kita akan membahas materi wacana definisi dan pengertian olahraga lari estafet  Lari Estafet – Sejarah, Teknik Start, Lapangan, Peraturan
Gambar Lari Estafet

Pengertian


Lari Estafet yaitu kompetisi balap dimana anggota tim Secara bergiliran menuntaskan bab dari arena balap melaui serangkaian acara tersebut. Balapan sanggup juga diikuti oleh peserta profesional bahkan pemain amatir. Jenis olahraga yang dilakukan pada balap estafet pun beragam, sanggup berupa olahraga lari, renang, sky, hingga ice skating dengan maksut untuk mentransfer tongkat di kepalan tangan kepada tim anggota seregu untuk mencapai garis finisih.


 Kali ini kita akan membahas materi wacana definisi dan pengertian olahraga lari estafet  Lari Estafet – Sejarah, Teknik Start, Lapangan, Peraturan
Lari Estafet

Tujuan yang mendasari dari lari estafet seharusnya yaitu setiap pelari harus menyerahkan tongkat ke pelari berikutnya dalam waktu tertentu, biasanya ditandai dengan segitiga di dalam trek. Dalam lari jarak pendek, pelari biasanya memakai “blind handoff”, di mana pelari kedua bangun di tempat yang telah ditentukan sebelumnya.


Sejarah


Sejarah dan hukum dalam lari estafet adlah informasi yang cukup menarik untuk diketahui secara umum. Lari estafet merupakan olahraga yang membutuhkan kolaborasi tim.


Seperti namanya, terjadi suatu proses estafet dari satu atlet ke atlet lainnya untuk mencapai garis finish. Cabang olahraga lari estafet ini cukup terkenal di karenakan keberadaannya di seluruh perlombaan olahraga tingkat dunia. Indonesia pun diketahui mempunyai catatan yang cukup membanggakan di cabang olahraga yang satu ini.


pengetahuan masyarakat mengenai sejarah dan peraturan dalam lari estafet ini sangat mungkin diragukan. Alasannya yaitu alasannya sejarah dari suatu olahraga hampir tidak pernah diajarkan, kalau tidak dicari tahu dengan sendirinya. Begitu pula dengan peraturan dalam lari estafet.


Teknik Start


Berikut ini yaitu beberapa teknik yang ada dalam lari estafet, antara lain :


1. Teknik Start Lari Estafet


Posisi pelari pertama pada ketika start yaitu jongkok. Ketika start di mulai, hal yang harus diperhatikan yaitu posisi tangan berada di belakang garis start dan tongkat yang dipegang tidak menyentuh garis start.


2. Teknik Memegang Tongkat Estafet


Tongkat yang dipegang pada ujung hingga setengah bab dengan asisten atau kiri, sedangkan setengah bab lagi tongkat untuk dipegang oleh peserta dan tongkat estafet berikutnya.


3. Teknik Memberi Dan Menerima Tongkat Estafet


Terdapat suatu tempat khusus untuk melaksanakan pergantian tongkat yang disebut wissel, semua acara memberi dan mendapatkan tongkat yang akan dilakukan di tempat tersebut sambil terus berlari. Panjang wissel tongkat estafet yaitu 20 meter. Pergantian tongkat yang terjadi di luar tempat pergantian tersebut akan menyebabkan di diskualifikasi.


Ada 2 macam cara memberi dan mendapatkan tongkat estafet menurut posisi tangan penerima, yaitu adalah:



  • Memberikan tongkat estafet dari atas.

  • Memberikan tongkat estafet dari bawah keatas.


Lapangan Lari Estafet


 Kali ini kita akan membahas materi wacana definisi dan pengertian olahraga lari estafet  Lari Estafet – Sejarah, Teknik Start, Lapangan, Peraturan
Lapangan Lari Estafet

Ukuran Lapangan Lari Estafet :



  • Panjang lintasan outdoor 400 m dengan jumlah jalur 6-10 buah.

  • Panjang lintasan indoor 200 m berbentuk lingkaran telur dengan jumlah jalur 4-8 buah.


Zona pergantian pada Lari Estafet tersebut hanya berada 10 meter di depan garis start atau berada 10 meter di belakang garis start.


Peraturan


Setiap di perlombaan pastilah mempunyai peraturan tersendiri yang harus ikuti, termasuk pula olah raga atletik cabang lari estafet / lari sambung. Berikut ini ada beberapa peraturan yang berlaku pada Lari Estafet :


1. Tongkat Estafet



  • Memiliki rongga dengan ukuran panjang 28–30 cm, berat 50 gram, dan bergaris tengah 38 mm.

  • Terbuat dari pipa halus berlubang di tengahnya, terbuat dari kayu atau metal, materi lainnya.

  • Harus berwarna biar gampang dilihat dari kejauhan selama dibawa lari.

  • Harus dibawa ditangan selama lomba.

  • Dalam setiap lari estafet, tongkat estafet harus diberikan dari tangan ke tangan didalam zona pergantian tongkat.


2. Lintasan



  • Panjang lintasan didalam pergantian tongkat estafet yaitu 20 meter

  • Lebar lintasan didalam pergantian tongkat estafet yaitu 1,20 meter.


3. Official Pada Pertandingan Internasional



  • Wasit. Peringatan kepada atlet peserta yang sanggup ditunjukkan dengan mengeluarkankartu kuning, dan pengusiran atau pemberhentian dari perlombaan dengankartu merah.

  • Juri. Para juri harus menempatkan diri pada sisi yang sama dari lintasan, minimal 5m dari dan segaris dengan garis finis sehingga sanggup melihat garis dengan terperinci dan harus memilih urutan peserta terhadap waktu

  • Pengawas lintasan. Memiliki kiprah untuk mengawasi peserta dari bersahabat dan dalam hal terjadisuatu kesalahan atau pelanggaran peraturan oleh seorang peserta , pengawas lintasan wajib memberi instruksi atau laporan kepada wasit dengan mengangkat bendera merah sebagai tanda.

  • Pencatat Waktu. Para pencatat waktu harus duduk segaris dengan garis finis. Pencatatan dilakukan dengan pertolongan stopwatch/penghitung waktu.

  • Penilaian. Dalam suatu pelombaan karenanya ditentukan dengan suatu evaluasi yang harus disetujui oleh semua pihak sebelum pertandingan dimulai.

  • Diskualifikasi. Jika seorang atlet didiskualifikasi dalam suatu perlombaan, surat keterangan harus dibentuk pada hasil resmi yang menjelaskan pelanggarannya terhadap peraturan.


Inilah pembahasan lengkap wacana sejarah, teknik dasar, gaya pada lari estafet beserta peraturannya, semoga bermanfaat …..


Baca Juga:



Advertisement

Iklan Sidebar