Info Populer 2022

Lari Maraton – Makalah, Teknik, Tips, Lapangan, Sejarah, Manfaat

Lari Maraton – Makalah, Teknik, Tips, Lapangan, Sejarah, Manfaat
Lari Maraton – Makalah, Teknik, Tips, Lapangan, Sejarah, Manfaat

LARI MARATON – Kali ini kita akan membahas bahan wacana definisi dan pengertian olahraga lari maraton beserta sejarah, teknik dasar, peraturan, bentuk lapangan, cara melakukannya, dan macam – macam gayanya.


Pengertian


Lari Maraton adalah salah satu cabang atletik yang mempunyai jarak tempuh yang cukup jauh, dengan jarak tempuh yang jauhnya kurang lebih  41,8 kilo meter. Olahraga nomor atletik yang paling renta didalam sejarah Olimpiade kuno, olahraga ini mulai di adakan di tahun 490 sm. Di kala itu saat ada seseorang prajurit dari yunani berlari membawa gosip kemenangan dari Marathon ke athena yang dimana jaraknya kirang lebih sejauh 26 mil atau 41,8 kilo meter.


 Kali ini kita akan membahas bahan wacana definisi dan pengertian olahraga lari maraton  Lari Maraton – Makalah, Teknik, Tips, Lapangan, Sejarah, Manfaat
Lari Maraton

Teknik


Ada teknik-teknik yang sangat penting harus diketahui untuk setiap pelari kuasai dengan baik, sebab saat memakai teknik yang benar, seorang pelari niscaya bakal lebih memungkinkan untuk bisa menempuh jarak yang sudah ditentukan dan bahkan bisa memenangkan perlombaan tersebut. Di bawah ini sedikit teknik tersebut…


1. Teknik Start


Tentu kita tidak asal pribadi lari dan ada teknik start tersendiri yang perlu untuk di ketahui / dipelajari sekaligus dilatih biar dalam pertandingan bisa melakukannya dengan benar.


2. Teknik Berlari


Pada teknik dasar, pelari perlu memerhatikan postur tubuh yang benar.


3.Teknik Pernapasan


Lari maraton mengutamakan juga teknik pernapasan sebab stamina pelari sanggup dipertahankan dengan metode pernapasan yang benar. Otot seorang atlet memerlukan oksigen, khususnya kalau sedang berlari dengan intensitas tinggi. Manajemen pernapasan harus baik supaya tenaga bisa lebih efisien dan kebutuhan oksigen untuk otot sanggup terpenuhi.


4. Teknik Finish


Ada teknik start, tentu ada pula teknik finish atau teknik akhiran di mana merupakan momen saat pelari memasuki garis finish. Kecepatan tinggi bukan satu-satunya teknik untuk meraih garis finish, namun dianjurkan untuk para pelari membusungkan dada saat memasuki garis finish.


Saat dada hendak menyentuh pita, turunkan dada dengan sesegera mungkin, Hanya saja, jangan pernah sekali-kali meraih garis finish dengan dukungan tangan sebab ini merupakan sebuah pelanggaran.


Tips


Lari maraton memang olahraga berat. Bayangkan saja, pesertanya harus berlari belasan, atau puluhan kilometer. Meski termasuk olahraga berat, ada beberapa akseptor bawah umur yang berhasil mengikuti lomba dan memenangkannya. Jika kalian tertarik untuk mengikuti lomba, mungkin kalian harus menjalankan beberapa tips berikut ini dulu



  • Latihan lari

  • Latihan pernapasan

  • Menjaga makanan

  • Disesuaikan dengan tubuh


Lapangan


 Kali ini kita akan membahas bahan wacana definisi dan pengertian olahraga lari maraton  Lari Maraton – Makalah, Teknik, Tips, Lapangan, Sejarah, Manfaat
Lapangan lari maraton

Ukuran Lapangan



  • Panjang lintasan outdoor 400 m dengan jumlah jalur 6-10 buah.

  • Panjang lintasan indoor 200 m berbentuk lingkaran telur dengan jumlah jalur 4-8 buah.


Sejarah


Kata Marathon awalnya merupakan nama sebuah tempat di Yunani. Pada tahun 490 SM, terjadi sebuah Pertempuran Marathon (Battle of Marathon) di sebuah Teluk Marathon oleh tentara Yunani dari Athena dan melawan serangan pasukan Persia.


Setelah pertempuran selesai dan dimenangkan oleh tentara Yunani, ada sebuah legenda mengenai Pheidippides, ia yaitu pembawa pesan yang berlari tanpa henti dari Marathon menuju Athena untuk memberi kabar kemenangan Yunani atas Pertempuran di Marathon.


Yang pada jadinya Pheidippides kelelahan dan meninggal sehabis memberikan kabar kemenangan tersebut. Lalu berSelang beberpa periode kemudian, Olimpiade di era modern mengadopsi sejarah tersebut dan menimbulkan ajamg perlombaan atletik gres yang disebut dengan Marathon.


Pada Olimpiade era modern pertama di tahun 1896, jarak yang akan di pertandingkan sekitar 40km, dari Marathon menuju Athena. Namun jarak ini sanggup berubah-ubah di Olimpiade / perlombaan berikutnya sebab banyaknya rute antara Marathon ke Athena.


Manfaat


Olahraga ini merupakan salah satu macam olahraga kardio. Seperti yang banyak orang ketahui, kardio yaitu tipe olahraga yang sangat baik untuk kesehatan jatung.


Berikut ini yaitu beberapa manfaat lari maraton :


1. Membakar Kalori Seluruh Tubuh


Akan menciptakan tubuh lebih aktif dan mengkremasi kalori di seluruh tubuh. Karena itu, salah satu cara yang sanggup dilakukan untuk menurunkan berat badan.


2. Membentuk Tubuh


Olahraga ini sanggup menciptakan seluruh otot tubuh bekerja. Tak heran kalau lari maraton sanggup membentuk tubuh, terutama otot, menjadi lebih kencang sehingga tubuh terlihat lebih ramping.


3. Meningkatkan Suasana Hati


Saat Anda berolahraga, niscaya tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin. Hormon endorfin ialah hormon yang mengakibatkan perasaan bahagia. Setelah lari maraton selesai, stres yang Anda rasakan pun bisa perahan mengurang, berganti dengan perasaan senang dan percaya diri.


4. Melatih Jantung


Lari akan memperkuat otot jantung sehingga peredaran darah semakin lancar, terutama darah higienis yang kaya akan oksigen menjadi lebih bagus.dan sebelum lari maraton sebaiknya persiapkan diri kalian dengan baik. Latihan secara rutin dan tes kesehatan sebelum melaksanakan lari maraton di mulai.


Inilah pembahasan lengkap wacana sejarah, teknik dasar, dan manfaat pada lari maraton beserta peraturannya, semoga bermanfaat …..


Baca Juga:



Advertisement

Iklan Sidebar