Info Populer 2022

Pengertian Cod (Cash On Delivery), Kelebihan Kekurangan

Pengertian Cod (Cash On Delivery), Kelebihan Kekurangan
Pengertian Cod (Cash On Delivery), Kelebihan Kekurangan

Rumus.co.id – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian COC (Cash On Delivery), kelebihan dan kekurangannya. Pernahkah anda berbelanja online? Ada macam-macam pembayaran salah satunya yaitu COD (cash On Delivery), laba dan kekurangan apa sajakah yang didapatkan berikut penjelasannya.


Pengertian COD


Pengertian COD (Cash On Deliveri yaitu salah satu sistem pembayaran dalam perjanjian pembayaran saat barang sudah di tangan pembeli atau hingga ketempat pengiriman. Dalam transaksi lain COD yaitu transaksi jual beli dimana pihak pembeli bersedia membayar kalau penjual mengantarkan barang ke alamat pembeli tanpa biaya tambahan.


Jika melalui jasa pengiriman, proses COD pembeli bersedia membayar ongkos pengiriman terlebih dahulu hingga barang itu hingga kepada pembeli dan di bayar. Salah satu alasan besar seseorang menentukan transaksi pembayaran COD yaitu ketidak percayaan dan memastikan apakah barangnya sesuai dengan iklan.


Pelayanan pembayaran COD yaitu salah satu taktik penjual. Karena banyak orang yang ingin mendapatkan barangnya terlebih dahulu kemudian membayarnya. Tetapi tidak semua barang sanggup memakai transaksi COD. Hanya produk-produk tertentu contohnya jam tangan, kosmetik, gelang, dan mouse.


Pembayaran COD sanggup menjadi rekomendasi kalau ingin memastikan apakah barang yang di pesan sesuai dengan deskripsi barang atau tidak. Selai itu ketidak percayaan penjual mengirim barang tersebut. Sehingga pembeli tidak mencicipi kerugian dalam hal apapun dalam transaksi COD. Jika barang tidak dikirim atau tidak hingga pada pihak akseptor maka pembeli tidak perlu membayar barang tersebut.


 Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian COC  Pengertian COD (Cash On Delivery), Kelebihan Kekurangan


Kelebihan COD


Diatas sudah di singgung kelebihan COD, berikut ini ada beberapa kelebihan COD antara lain:



  • Pembeli sanggup memerikasa barang apakah sesuai dengan barang yang di beli

  • Jika barang tidak sesuai maka pembeli sanggup complain pribadi atau membatalkan transaksi

  • Terhindar dari penipuan (barang tidak di kirim)

  • Pembeli tidak menanggung jasa pengiriman atau pengantaran

  • Menjadi jaminan bahwa toko online shop tidak tipu-tipu

  • Lebih banyak mendatangkan pembeli 20%


Kekurangan COD


Selain dengan kelebihan yang banyak tapi ada juga kekurangan COD bagi pembeli dan penjual. Berikut ini yaitu kekurangan COD antara lain:



  • Ketika barang sudah hingga terkadang banyak pembeli yang sedang di luar rumah, beresiko barang tidak hingga kepada pemesan

  • Area jangkauan terbatas

  • Jenis barangnya terbatas, tidak semua sanggup memakai jasa layanan COD

  • Penjual harus siap dengan peniadaan atau complain dari pembeli


Jika anda ingin membeli barang online pastikan terlebih dahulu apakah took tersebut sanggup di percaya. Lihat gambar produk, alamat took dan yang paling penting yaitu testimony yaitu komentar orang-orang yang pernah berbelanja disana. Jika ada komentar yang contohnya barang tidak sesuai atau barang tidak di kirim disarankan cari took lain. Banyak sekali took online kini dan menjual produknya beragam. Banyak juga akun online shop yang bodong, mereka tidak mengirimkan barang dan hanya mendapatkan transferannya saja. Jangan hingga anda tertipu dalam pembelian barang lewat online. Karena membeli barang di online shop modal utama yaitu percaya.


Baca Juga:



Pengertian Kewirausahaan, Tujuan dan Ciri-Ciri Kewirausahaan


Pengertian Ilmu Ekonomi, Konsep Dasar, Ruang Lingkup



Demikian pembahasan mengenai Pengertian COC (Cash On Delivery), Kelebihan dan Kekurangannya. Anda tertarik memakai jasa transakai COD? Terima kasih sudah mengunjungi rumus.co.id, kunjungi terus rumus.co.id berbagai artikel-artikel menarik dan bermanfaat tentunya.


Advertisement

Iklan Sidebar