Info Populer 2022

Respirasi Anaerob – Pengertian, Skema, Tabel Tahapan

Respirasi Anaerob – Pengertian, Skema, Tabel Tahapan
Respirasi Anaerob – Pengertian, Skema, Tabel Tahapan

Rumus.co.id – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian respirasi anaerob, pola respirasi anaerob, denah respirasi anaerob, tabel tahapan respirasi anaerob. Simak klarifikasi berikut ini.


Pengertian Respirasi Anaerob


Pengertian respirasi anaerob respirasi yang tidak memakai oksigen sebagai akseptor elektron selesai pada ketika pembentukan ATP. Respirasi anaerob juga memakai glukosa sebagai substrat. Respirasi anaerob merupakan proses fermentasi. Sedangkan respirasi aerob yaitu reaksi pemecahan senyawa glukosa dengan memerlukan oksigen.


Aaerob berafiliasi dengan glukosa, oksigen akseptor electron, dan ATP. Unsur-unsur tersebut ada kaitannya dalam tahapan respirasi anaerob.


Respirasi anaerob yaitu serangkaian tahapan yang Panjang. Jika anaerob terjadi pada paru-paru tingkat sel ini terdiri mitokondria. Berikut di bawah ini akan membahas tahapan anaerob.


Skema Respirasi Anaerob


Berikut ini yaitu denah respirasi anaerob dengan penjelasannya:


 Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian respirasi anaerob Respirasi Anaerob – Pengertian, Skema, Tabel Tahapan


Bisa dilihat pada gambar di atas bahwa tahapan glukosa (senyawa dengan 6 atom C) yaitu tahap pertama. Proses glikolisis dengan ATP dan NADH membentuk asam piruvat (senyawa dengan 3 atom C). tahap selanjutnya yaitu proses dekarboksilasi oksidatif -> NADH membentuk asetil koenzim A. sesudah terbentuk asetil koenzim A proses selanjutnya yaitu siklus krebs membentuk asam oksaloasetat dan asam sitrat. Keduaya mengalami reaksi yang bolak balik. Yang paling terpenting yaitu ATP, NADH, FDH2, GTP (ATP) membentuk rantai transportasi electron respirasi. Berikut ini yaitu tahapan pada proses glikosis dan Tahap Siklus Krebs


1.      Tahap Glikosis


Di dalam tahapan ini terdapat beberapa proses antara lain:



  • Bantuan enzim fosfoglukoisomerase Glukosa 6-fosfat akan diubah menjadi isomer fruktosa 6-fosfat.

  • Bantuan enzim Aldolase, fruktosa 1,6 bisfosfat dipecah menjadi 2 molekul gula yang berbeda yaitu, gliseraldehid-3-fosfat (PGAL) dan dihidroksiaseton.

  • Bantuan enzim Fosfofruktokinase gugus fosfat dari ATP ditransfer ke glukosa 6-fosfat dan menghasilkan fruktosa 1,6 bisfosfat.

  • Bantuan enzim heksokinase akan terjadi penambahan gugus fosfat dari ATP pada molekul glukosa sehingga terbentuklah glukosa 6-fosfat.

  • Didalam glikosis PGAL akan terpisah menjadi substrat glikolisis berikutnya, sementara dihidroksiaseton .

  • Bantuan enzim Piruvat kinase, fosfoenol piruvat kinase mentransfer gugus fosfat dan menghasilkan asam piruvat dan 2 ATP lagi yang dipakai untuk siklus glikolisis selanjutnya.

  • Bantuan enzim Triosafosfat dehidrogenase, elektron dan H+ pindah dari substrat gliseraldehid fosfat menuju NAD+ kemudian terbentuklah 2 NADH dan 1,3-bifosfogliserat.

  • Bantuan enzim fosfogliseromutase, Gugus fosfat 3-fosfogliserat diubah menjadi 2-fosfogliserat.

  • Bantuan enzim enolase, 2-fosfogliserat kemudian melepaskan molekul air (H2O) sehingga terbentuklah fosfoenol piruvat kinase (PEP).

  • Bantuan enzim fosfogliserokinase, kelompok fosfat 1,3-bifosfogliserat ditransfer ke ADP. Pada tahap ini, 1 molekul glukosa menghasilkan 2 molekul ATP dan senyawa 3-fosfogliserat.


2.      Tahap Siklus Krebs


Perhatikan gambar di bawah ini, berikut yaitu tahapan siklus di dalam siklus krebs:


 Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian respirasi anaerob Respirasi Anaerob – Pengertian, Skema, Tabel Tahapan


Asam piruvat, mereka akan dikirim dari sitoplasma menuju mitokondria. Asam piruvat pada mitokondria diubah menjadi asetil koenzim A melalui reaksi dekarboksilasi oksidatif. Aseteil koenzim A akan memasuki siklus asam sitrat pada mitokondria yang kemudian setiap 1 molekul Aseteil koenzim A menghasilkan 4 NADH, 1 GTP (setara 2 ATP), 1 FADH, CO2, dan H2O. CO2 dan H2O dibuang melalui prosedur eksresi sementara zat lainnya memasuki tahapan respirasi aerob selanjutnya, yakni tahap transfer elektron.


Tabel Tahapan Respirasi Anaerob


Berikut yaitu table tahapan respirasi anaerob


 Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian respirasi anaerob Respirasi Anaerob – Pengertian, Skema, Tabel Tahapan


Pada sitoplasma akan terjadi proses glikosisi pemecahan melekul gula menjadi senyawa asam piruvat. Pada tahapan selanjutnya terjadi dekarboksilasi oksidatif pada mitokondria yang megubah asam piruvat menjadi asetil Co-A.


Tahapan ketiga yaitu siklus krebs pada mitokondria sanggup menghasilkan oksaloasetat dan asam nitrat. Pada tahap terakhir akan terjadi transport electron pada membrane dalam mitokondria menghasilkan energi H2O.


Baca Juga:



Pengertian dan Proses Gluconeogenesis


8 Fungsi Tulang Atas Pada Tubuh Manusia



Demikian klarifikasi mengenai pengertian respirasi anaerob, pola respirasi anaerob, denah respirasi anaerob, tabel tahapan respirasi anaerob. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan serta isu anda. Semoga artikel ini sanggup membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.


Advertisement

Iklan Sidebar