Info Populer 2022

Rumus Volume Kerucut Dan Pola Soal Nya

Rumus Volume Kerucut Dan Pola Soal Nya
Rumus Volume Kerucut Dan Pola Soal Nya

Kali ini kita akan membahas soal rumus volume kerucut, mungkin sobat rumus.co.id niscaya sudah tidak abnormal lagi dengan yang nama nya kerucut karna biasanya berdiri ruang ini di gunakan ketika program ulang tahun. Pada artikel sebelumnya juga telah dibahas lengkap perihal rumus volume tabung yang menyerupai dengan bentuk kerucut.


Pengertian Kerucut


Pengertian dari kerucut sendiri iyalah sebuah berdiri ruang 3 dimensi yang berbentuk limas istimewa yang beralaskan bulat kemudian kerucut juga mempunyai 2 sisi dan 1 rusuk.


Lalu sebuah kerucut sanggup di bentuk dari sebuah berdiri datar ialah berdiri datar segitiga siku” yang di putar satu putaran penuh (3600), yang di mana sisi siku” nya sebagai sentra putaran pola nya sanggup kalian lihat di bawah ini:


Kali ini kita akan membahas soal rumus volume kerucut Rumus Volume Kerucut dan Contoh Soal nyaNah dari pola gambar kerucut di atas kita sanggup mendapat sebuah unsur” dari berdiri ruang kerucut, dan unsur nya apa saja? silahkan kalian lihat saja pembahasan nya di bawah ini:


Unsur – Unsur Kerucut



  • Bidang Alas


pengertian dari bidang ganjal sendiri iyalah sebuah sisi yang berada di bawah kerucut yang berbentuk lingkarang dengan sentra nya berada di tengah. Contoh dari titik sentra nya iyalah titik O.



  • Diameter Bidang Alas


pengertian dari diameter sendiri iyalah sebuah ruas garis yang menghubungkan 2 titik pada bulat yang melalui titik sentra bulat nya. Contoh nya menyerupai pada pola gambar kerucut di atas dari sudut A ke sudut B.



  • Jari-jari


pengertian dari jari” sendiri iyalah sebuah jarak sentra bulat ke titik pada bulat atau sanggup juga jarak setengah dari titik kanan ke titik tengah. Contoh menyerupai pada pola gambar kerucut di atas dari sudut A ke sudut O dan dari sudut B ke sudut O.



  • Tinggi


Pengertian dari tinggi sendiri iyalah sebuah jarak dari sudut sentra bawah ke puncak kerucut atau yang sanggup di sebut juga dengan simetri putar kerucut. Contoh nya menyerupai pada pola gambar kerucut di atas dari sudut O ke sudut T.



  • Selimut Kerucut


Pengertian dari selimut kerucut sendiri iyalah sebuah sisi yang melengkung yang membungkus kerucut dan berada di sisi kiri dan kanan nya atau sanggup di sebut juga dengan sisi lengkung kerucut. Contoh nya menyerupai pada pola gambar kerucut di atas dari sudut T ke sudut A dan dari sudut T ke sudut B.


Rumus Volume Kerucut


Rumus luas ganjal kerucut = π x r2


Rumus selimut kerucut = π x r x s


Rumus luas permukaan kerucut = π x r (s+r)


Rumus volume kerucut = 1/3 x π x r x r x t


Rumus luas kerucut = luas alas+luas selimut


Lalu bila garis pelukis belum di ketahui, maka kalian sanggup memakai rumus yang lain , ialah rumus pythagoras= s=√r2+√ t2


Keterangan:



  • R= jari-jari(cm)

  • T= tinggi(cm)

  • S= garis pelukis(cm)

  • π= phi(22/7 atau 3,14)


Contoh Soal Volume Kerucut


Di ketahui sebuah kerucut yang mempunyai ganjal yang berdiameter 12cm. Lalu panjang dari garis pelukis nya ialah sepanjang 10cm, maka hitunglah berapa luas permukaan dari kerucut tersebut?


Jawab:


Diketahui=



  • d=12cm

  • maka r=6cm

  • S=10cm


Di tanya=luas permukaan kerucut ?



  • Luas selimut kerucut=π x r x s


                                         =22/7 x 6 x 10cm2


                                         =188 4/7cm2



  • Luas ganjal kerucut=π x r2


                                   =22/7 x 62cm2


                                   =113 1/7cm2



  • Luas permukaan kerucut=188 4/7cm2+113 1/7cm2


                                                =301 5/7cm2


Jadi, luas permukaan kerucut tersebut iyalah 301 5/7cm2


Itulah tadi pembahasan perihal rumus volum kerucut dan pola soal lengkap dengan pembahasannya, agar manfaat….


Baca juga :



Advertisement

Iklan Sidebar