Info Populer 2022

Standar Deviasi – Pengertian, Rumus, Dan Pola Soal

Standar Deviasi – Pengertian, Rumus, Dan Pola Soal
Standar Deviasi – Pengertian, Rumus, Dan Pola Soal

Rumus.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas wacana rumus standar deviasi dan pada pembahasan sebelum nya kita telah membahas soal rumus dimensi momentum. Dan di dalam artikel ini terdapat teladan standar deviasi di excel serta cara menghitung penyelesaiannya, simak penjelasnya dibawah ini


Pengertian Standar Deviasi


Standar deviasi ialah sebuah nilai statistik yang di manfaatkan untuk memilih sebuah sebaran data dalam suatu sampel, serta seberapa bersahabat titik data individu ke mean atau rata – rata nilai sampel nya.


Lalu dari kumpulan data sama dengan 0 menerangkan bahwa semua nilai dalam himpunan tersebut yakni sama. Sedangkan nilai deviasi yang lebih besar mengatakan bahwa titik data individu jauh dari nilai rata – rata nya.


 Pada kesempatan kali ini kita akan membahas wacana rumus standar deviasi dan pada pembah Standar Deviasi – Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal


Cara Menghitung Standar Deviasi Secara Manual


Dalam menghitung secara manual, ada beberapa metode yang sanggup digunakan. Seperti menghitung secara manual, dengan kalkulator dan Excel. Akan tetapi untuk pertama – tama kita bahas cara yang manual.


Untuk mengetahui cara menghitung standar deviasi maka ada 2 rumus yang harus diketahui, yakni rumus varian dan rumus standar deviasi. Berikut ini iyalah kedua rumus tersebut :


Rumus Varian Pada kesempatan kali ini kita akan membahas wacana rumus standar deviasi dan pada pembah Standar Deviasi – Pengertian, Rumus, dan Contoh SoalRumus Standar Deviasi


 Pada kesempatan kali ini kita akan membahas wacana rumus standar deviasi dan pada pembah Standar Deviasi – Pengertian, Rumus, dan Contoh SoalSelain rumus di atas,  ada juga versi lain yang sanggup kalian gunakan. Walaupun rumus ini berbeda, namun hasil tamat nya tetap lah sama. Berikut yakni rumus nya:


Rumus Varian 2 Pada kesempatan kali ini kita akan membahas wacana rumus standar deviasi dan pada pembah Standar Deviasi – Pengertian, Rumus, dan Contoh SoalRumus Standar Deviasi 2 Pada kesempatan kali ini kita akan membahas wacana rumus standar deviasi dan pada pembah Standar Deviasi – Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal


Keterangan : 



  • s2 = Varian

  • s = Standar deviasi

  • xi = Nilai x ke – i

  • x¯ = Rata – rata

  • n = Ukuran sampel


Cara Menghitung Standar Deviasi Data Berkelompok


Untuk data berkelompok, rumus yang digunakan tidak lah jauh berbeda. Supaya lebih terang silakan perhatikan rumus di bawah ini:


Rumus Varian Data Berkelompok :


 Pada kesempatan kali ini kita akan membahas wacana rumus standar deviasi dan pada pembah Standar Deviasi – Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal


Rumus Standar Deviasi Data Berkelompok :


 Pada kesempatan kali ini kita akan membahas wacana rumus standar deviasi dan pada pembah Standar Deviasi – Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal


Cara Menghitung Standar Deviasi dengan Kalkulator


Selain dengan cara manual, kalian juga sanggup memanfaatkan kalkulator untuk menghitungnya. Namun perlu di catat, bahwa kalkulator yang dipakai iyalah kalkulator scientific, bukan kalkulator biasa. Jika tidak mempunyai kalkulator ini, kalian bisa download aplikasi kalkulator scientific atau memanfaatkan kalkulator scientific online.


Langkah dalam menghitung dengan kalkulator :



  1. Nyalakan kalkulator.

  2. Lalu tekan tombol MODE, biasa nya terdapat di ujung kanan atas sebelah tombol untuk menghidupkan kalkulator.

  3. Kemudian pilih mode statistik dengan menekan tombol nomor3 ( STAT ).

  4. Lalu tekan tombol nomor 1 ( VAR – 1 ).

  5. Kemudian masukkan data yang ingin dihitung, kemudian tekan ( = ), angka, ( = ) dan seterus nya. Jangan lupa untuk menekan tombol sama dengan ( = ) jikalau data yang ingin di hitung telah di masukkan.

  6. Lalu tekan tombol AC.

  7. Lalu tekan tombol SHIFT.

  8. Kemudia untuk mengetahui hasil akhir, tekan tombol 1 ( STAT ), 4 ( VAR ), 3 ( σ x ).

  9. Dan langkah terakhir tekan tombol ( = ).


Cara Menghitung Standar Deviasi Di Excel


Lalu berikut nya juga terbilang mudah. Hanya saja kalian membutuhkan setidaknya PC dengan aplikasi Microsoft Excel. Rumus standar deviasi di Excel yakni STDEV. Sebagai teladan silahkan lihat teladan di bawah ini :


Contoh Soal


Berdasarkan pengambilan sampel nilai ujian mata pelajaran beberapa siswa di Sekolah Menengah Pertama senang diketahui data sebagai berikut :


80, 60, 80, 90, 70, 80, 95


Hitunglah nilai standar deviasi dari data tersebut ?


Jawaban :


Pertama buka aplikasi dan masukkan data ke dalam tabel. Contohnya menyerupai tabel di bawah :








































DATA
A80
B60
C80
D90
E70
F80
G95
STDEV11,7

Baris bawah merupakan nilai standar deviasi. Caranya dengan menekan tombol = STDEV( number1; number 2; dst ). Berdasarkan teladan di atas, maka format rumus nya iyalah = STDEV ( B5 : B11 ).


Dan secara otomatis akan keluar hasil dari sampel di atas, yakni 11,70. Perlu dicatat, ( B5 : B11 ) iyalah cell dari data sampel yang kita masukkan di Excel. Kaprikornus bukan merupakan rumus yang pasti. Karena data sampel pada teladan tersebut berada pada cell B5 hingga B11 maka kita masukkan ke ( B5 : B11 ).


Itulah klarifikasi lengkap wacana pengertian, rumus, cara menghitung beserta teladan soal dan pembahasannya biar bermanfaat…


Advertisement

Iklan Sidebar